Akreditasi | Dunia Kampus

Cara Mendapatkan Sertifikat Akreditasi Ban-PT Kampus, untuk Syarat CPNS 2021

SEVIMA.CO.ID – Cara dapatkan surat akreditasi Ban-PT. Salah satu syarat pendaftaran CPNS tahun ini adalah calon pendaftar harus mencantumkan Sertifikat Akreditasi Universitas sesuai Prodinya. Sebagai persiapan sebelum melakukan pendaftaran CPNS maka kami akan memberikan informasi tentang cara mendapatkan atau download sertifikat akreditasi universitas dan cara mendapatkan atau download sertifikasi prodi atau jurusan.

Surat Keterangan Akreditasi ini merupakan bukti bahwa lembaga pendidikan mendapatkan pengakuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan lembaga itu dinyatakan memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. Silahkan simak baik-baik langkah dibawah ini

Cara Dapatkan Surat Akreditasi BAN-PT untuk Persyaratan CPNS

Contoh sertifikat akreditasi dari S1 Sipil ITS

Surat Keterangan Akreditasi tersebut biasanya tidak dibuat oleh calon pelamar, namun beberapa perguruan tinggi telah mempersiapkannya tersebut untuk mahasiswa yang ingin meminta salinan.

Biasanya, BAA (Biro Administrasi Akademik) beberapa perguruan tinggi telah menyiapkan sertifikat tersebut selama musim pendaftaran CPNS. Untuk itu mendapatkan surat akreditasi BAN PT untuk persyaratan CPNS sebagai berikut;

  1. Calon pelamar CPNS dapat menghubungi perguruan tinggi masing-masing mengenai Surat Keterangan Akreditasi BAN PT,
  2. Atau bisa pantau di website kampus masing-masing, biasanya diwebsite resmi kampus akan dipublikasikan oleh pihak kampus untuk memudahkan lulusanya dalam pelamaran CPNS.
  3. Jika kampus tidak menyediakan atau menampilakan di website resmi, anda bisa langsung meminta di bagian BAA kampus anda, sekalian silaturahim dengan para dosen yang telah mengajar anda donk.
  4. Namun jika rumah rekan-reken jauh dan tidak memungkinkan, anda bisa minta di Grup Facebook kampus atau Grup Whatsapp kampus, siapa tahu ada yang punya pdf sertifikat akreditasi atau salinanya.
  5. Namun jika belum dapat, rekan-rekan bisa memakai solusi berikut, solusi ini dari akun resmi twitter CPNS BPK yaitu dengan ngeprint Screen Shot hasil pencarian di Banpt.or.id, namun apakah solusi ini masih bisa digunakan sekarang, kami tidak tahu. ini bukti tweetnya:

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Program Studi Melalui HP

1. Buka situs banpt.or.id
2. Silahkan sentuh ikon menu (garis tiga) di pojok kanan atas situs
3. Sentuh menu Data Akreditasi
4. Silahkan pilih submenu pencarian “Data Akreditasi” silahkan pilih “Institusi (terkini)” atau “Program Studi (terkini)”,  seperti pada gambar dibawah;

 

5. Nanti akan diarahkan ke menu berikut:

6. Silahkan masukkan nama kampus atau prodi yang ingin dicari
7. Untuk hasil yang lebih bagus bisa mengubah tampilan ke versi Situs Dekstop
8. Untuk cara mengubahtnampilan ke versi Situs Dekstop (di browser chrome, silahkan klik (titik tiga) di kanan paling pojok atas atas layar), seperti gambar berikut:


9. Nanti akan diarahkan ke menu berikut:


10. Masukkan nama kampus atau prodi pada dua kolom di laman situs BAN-PT
11. Setelah itu, akan keluar informasi akreditasi kampus dan program studi untuk 1 hingga 2 periode (satu periode: 5 tahun)

Untuk lebih detail cara lihat akreditasi kampus di Banpt.or.id bisa baca disini: Cara Mengecek Akreditasi Kampus di Banpt.or.id

Seperti itulah cara mendapat salinan sertifikat akreditasi Ban-PT untuk kampus maupun prodi, semoga membantu rekan-rekan semua, dan semoga sukses dalam pendaftaran CPNS.nya serta jangan lupa di share ke teman-teman yang lain agar pada tahu. Dapatkan Sistem Informasi Pengelolaan Kampus Terintegrasi: siAkad Cloud

Yang ingin tutorial video bisa cek disini:

Baca juga:

Bagikan artikel ini

Komentar