Dunia Kampus | Dunia Mahasiswa

Simak! Inilah Cara Menentukan UKT Mahasiswa

SEVIMA.COM –  Di bulan Juli ini adalah masa di mana para mahasiswa baru melakukan daftar ulang. Artinya, di masa inilah mahasiswa wajib menentukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayarkan setiap bulan. 

Biaya UKT ini biasanya ditentukan sesuai dengan kemampuan masing-masing mahasiswa. Jadi setiap mahasiswa akan memiliki perbedaan saat melakukan pembayaran UKT. 

UKT sendiri merupakan sebuah penggabungan semua biaya operasional yang dibutuhkan selama masuk di perkuliahan. Biaya tersebut mencakup biaya operasional, fasilitas, dan lainnya. 

Nah, bagaimana cara menghitung dan menentukan UKT tersebut? Berikut adalah penjelasan rincinya. 

Baca juga: Bagaimana Cara Bayar UKT Melalui Brimo atau ATM BRI

Cara Menentukan UKT Mahasiswa

1. Ketahui golongan UKT di kampus

Perlu diketahui nih, dalam pembayaran UKT sendiri terdapat 5 golongan, yaitu golongan I, II, III, IV, dan V. selain itu, perbedaan UKT ini juga disebabkan oleh jurusan yang diikuti mahasiswa. Jurusan Saintek biasanya memiliki tagihan UKT yang lebih besar. Ini ditengarai pembelian alat ajar dan praktikum yang mahal selama perkuliahan. 

Sementara kelas di jurusan Soshum biaya UKT lebih cenderung murah. Ini disebabkan kebutuhan bahan ajar tidak mahal seperti jurusan Saintek. 

Namun, bagi mahasiswa yang mengikuti seleksi bidik misi, mereka tidak akan dikenakan biaya kuliah. Jadi selama kuliah mereka akan mendapatkan kesempatan gratis studi tanpa UKT. 

2. Hitung total pendapatan rumah tangga

Agar mengetahui berada di golongan UKT mana, maka bisa dilakukan perhitungan pendapatan rumah tangga. Hitung seluruh pendapatan kedua orangtua beserta penghasilan tambahan yang didapatkan setiap bulan. Nantinya akan didapatkan penghasilan bersih dari orangtua tersebut. 

3. Isi formulir dengan data yang benar

Untuk menentukan UKT memang dibutuhkan sebuah rincian pengeluaran yang sangat detail. Jadi calon mahasiswa bisa mengisi seluruh pendapatan orangtua dan seluruh pengeluaran rutin yang dikeluarkan setiap bulan. Pengeluaran ini termasuk biaya yang akan dikeluarkan oleh orangtua saat membiayai biaya kehidupan selama mahasiswa kuliah juga ya.

4. Foto kondisi rumah

Foto kondisi rumah juga menjadi salah satu kunci pembayaran UKT. kondisi ini akan menjadi sebuah dasar pembayaran UKT yang akan dilakukan oleh mahasiswa. Jadi setiap kampus bisa menilai kemampuan finansial setiap mahasiswa tersebut. 

Baca juga: Cara Bayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) Lewat Indomaret

Nah, itulah cara menentukan sebuah UKT mahasiswa. Lakukan seluruh prosedur pembayaran UKT tersebut sesuai dengan kenyataan ya. Semoga membantu!

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar