Dunia Kampus | Seputar Pendidikan

Cara Menerapkan Pelayanan Satu Hari Pendaftaran Mahasiswa Baru di Kampus

SEVIMA.COM – Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru yang lama, sampai memakan waktu berhari-hari, hingga calon pendaftar jenuh, itulah salah satu penyebab perguruan tinggi kehilangan kesempatan untuk mendapatkan mahasiswa yang lebih banyak. 

Untuk itu, perguruan tinggi perlu memperbaiki pelayanan pendaftaran mahasiswa baru, seperti memangkas regulasi yang ribet dan mempermudah permudah pendaftaran agar calon mahasiswa tidak lari ke perguruan tinggi yang lain.

Salah satu yang lagi viral dan banyak digunakan perguruan tinggi untuk mempermudah dan mempersingkat pendaftaran adalah “Program Pelayanan Satu Hari Pendaftaran Mahasiswa Baru” atau yang lebih dikenal dengan layanan one day service (ODS. Layanan ini terbukti ampuh untuk mengatasi pendaftaran yang ribet dan kurang efisien.

Layanan layanan one day service (ODS merupakan sebuah terobosan terbaru untuk membantu perguruan tinggi melakukan pendaftaran yang lebih singkat, efektif, dan efisien dalam satu hari saja. 

Adanya ODS ini sangat membantu kampus dalam memudahkan calon mahasiswa mendaftar di perguruan tinggi. Sistem ODS tak hanya memudahkan calon mahasiswa saja, namun kampus juga lebih mudah melakukan tracking mahasiswa baru yang masuk di kampus tersebut. 

Baca juga: Haruskan Kampus Menggunakan PMB Online?

One day service (ODS) memudahkan PMB

One day service (ODS) merupakan sebuah sistem layanan sehari untuk melakukan seleksi calon mahasiswa baru. Dalam sehari itu calon mahasiswa baru bisa melakukan pendaftaran, mengikuti seleksi hingga wawancara penerimaan mahasiswa baru. 

Tak sampai di situ saja, calon mahasiswa baru yang lulus juga bisa melakukan registrasi serta mendapatkan nomor induk mahasiswa di kampus tersebut. 

Layanan ODS ini sangat memudahkan para calon mahasiswa baru saat melakukan pendaftaran. Mahasiswa tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kampus yang diinginkan. 

Keuntungan lain juga didapati oleh setiap perguruan tinggi yang menggunakan layanan ini. Kampus akan jauh lebih untung dalam mempromosikan serta menarik minat pendaftar di kampus tersebut. 

Jadi bisa dibayangkan jika layanan ODS ini bisa membawa manfaat yang cukup signifikan. 

Cara menerapkan pendaftaran dengan ODS

Untuk melakukan pendaftaran dengan ODS, ada dua hal yang bisa dilakukan, antara lain.

Cara pertama

  1. Peserta bisa langsung datang ke PT yang dituju kemudian membawa seluruh persyaratan yang diminta. 
  2. Setelah melakukan pendaftaran, peserta bisa langsung mengikuti tes yang diujikan dengan menggunakan sistem CBT. 
  3. Jika ujian sudah selesai peserta tersebut akan mengetahui hasil dari tes tersebut. 
  4. Dari sinilah panitia akan menentukan apakan peserta tersebut lulus seleksi atau tidak. 

Cara kedua

  1. Peserta bisa melakukan pendaftaran tersebut melalui sistem online. Bagi pendaftar yang memiliki tempat tinggal jauh bisa melakukan pendaftaran tersebut. 
  2. Calon mahasiswa melakukan ujian masuk dengan sistem online dengan CBT yang dipastikan memiliki keamanan yang terjamin. 
  3. Peserta bisa melakukan pengecekan pendaftaran secara langsung. Di sini bisa diketahui apakah peserta tersebut lulus atau tidak. 

Baca juga: Hindari “Tumpukan Kertas” dengan PMB Online siAkad Cloud

Dalam sistem informasi akademik, biasanya terdapat sebuah fitur yang bisa digunakan saat penerimaan mahasiswa baru. Biasanya fitur tersebut sangat memudahkan kampus untuk melayani pendaftaran dalam sehari saja. 

Siakad cloud, sebagai layanan sistem informasi akademik kampus, ternyata juga memiliki fitur yang serupa. Fitur One Day Service (ODS) dalam layanan Siakadcloud ini sangat membantu perguruan tinggi dalam menyiapkan pendaftaran singkat. Jadi, kampus bisa memfasilitasi mahasiswa lebih cepat saat melakukan pendaftaran maba di kampus.  Mau mencoba? Segera temukan kemudahan di sini

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar