Dunia Mahasiswa | Info Jurusan | Info Sentra Vidya Utama

5 Tips Terhindar dari Salah Jurusan, Simak Yuk!

SEVIMA.COM – Memilih jurusan memang tak boleh sembarang. Proses pemilihan jurusan harus benar-benar disesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Pemilihan jurusan yang salah akan mempengaruhi banyak hal. Terutama aspek nilai dan psikologis setiap orang. 

Maka dari itu, biar kamu tak merasakan salah jurusan, kamu harus benar-benar selektif saat memilih. Mau tahu seperti apa sih tips cerdas saat memilih jurusan ? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Akupunktur, Maba Wajib Tahu!

5 Tips Menghindari Salah Pilih Jurusan

1. Pastikan minatmu apa

Untuk mendapatkan jurusan yang kamu impikan. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu minat yang kamu miliki seperti apa. Apakah kamu seorang yang suka sains, bahasa, sosial, atau minat yang lain. 

Jika kamu sendiri sudah memastikan minat yang kamu inginkan, maka kamu bisa memilih jurusan tersebut. Jangan lupa perhatikan juga seluk beluk tentang jurusan tersebut. 

2. Konsultasikan dengan yang berpengalaman

Biar makin mantap ketika memilih jurusan, kamu bisa melakukan konsultasi kepada yang lebih berpengalaman. Orang yang lebih berpengalaman di sini seperti guru BK, kayak kelas, atau kamu juga bisa berkonsultasi kepada psikolog. 

3. Sesuaikan dengan kemampuan

Lihatnya kemampuan yang kamu miliki. Kenali lalu yakin dengan diri sendiri apakah kamu mampu untuk memasuki jurusan itu. Jika kamu mampu, kamu bisa masuk dan pilih jurusan itu. Jika tidak, jangan biarkan diri kamu terjebak. 

4. Hindari ego di dalam diri

Kalau sudah mengetahui kemampuan yang kamu miliki. Jangan pernah kamu mengutamakan ego dalam memilih jurusan. Kamu harus yakin dengan diri sendiri dan jangan sampai termakan ego. Mengutamakan ego akan membuat kamu terkatung-katung di dalam jurusan yang kurang pas. 

5. Jangan mengikuti tren dan pengaruh orang lain

Namanya masuk jurusan bukan seperti kamu mengikuti tren masa kini. Buat apa sih kamu harus mengikuti tren dan terpengaruh oleh orang lain? Lebih baik bercermin dan mawas diri biar kamu tidak salah dalam memilih jurusan. 

Baca juga : 20 Jurusan Paling Dibutuhkan Tapi Sepi Peminat

Nah, itu tadi tips yang bisa kamu pilih untuk masuk di jurusan yang tepat. Memilih jurusan yang tepat ini nih bakal bikin kamu nyaman. Gak hanya itu, tapi kamu juga bakal mendapatkan masa depan yang cerah seperti yang kamu inginkan.

Informasi seputar jurusan ini bisa kamu dapatkan hanya di maukuliah.id. Informasi terkini seputar jurusan yang kamu inginkan bisa kamu dapatkan dengan mudah. Well, selamat berjuang ya!

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar