Dunia Akademik | Dunia Kampus | e-learning

Cara Mudah Ciptakan Kelas Online yang Interaktif di Tengah Pandemi COVID-19

SEVIMA.COM – Tatanan sistem pembelajaran di dalam kelas mendadak berubah sejak kondisi pandemi Covid-19 mewabah. Pembelajaran yang diadakan secara offline terpaksa harus diubah menjadi sistem pembelajaran online

Kondisi ini tak menutup kemungkinan bisa membuat mahasiswa menjadi lebih bosan saat melakukan kegiatan belajar mengajar secara online. Dikutip dari Jurnal Ilmiah Pendidikan berjudul Kejenuhan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Daring dan Strategi Penanggulangannya (2021). Mahasiswa cenderung lebih bosan disebabkan karena faktor internal dan faktor eksternal yang terjadi. 

Faktor internal biasa terjadi dari dalam diri mahasiswa. Mahasiswa cenderung bosan karena tidak melakukan aktivitas perkuliahan seperti biasa. Mereka hanya mengikuti perkuliahan secara daring yang membuat mereka tetap tinggal di rumah tanpa ada interaksi dengan yang lain. 

Sedangkan pada faktor eksternal biasanya terkait dengan lingkungan sosial yang mempengaruhi. Mahasiswa yang melakukan sistem perkuliahan online cenderung sulit untuk melakukan diskusi dan sharing knowledge dengan lainnya. Belum lagi gangguan yang ada di rumah terkadang membuat mahasiswa kurang konsentrasi dalam berpikir. Akibatnya perkuliahan pun menjadi kurang kondusif. 

Belum lagi platform pembelajaran yang digunakan oleh perguruan tinggi tersebut juga kurang mendukung. Sehingga menyebabkan pembelajaran secara daring menjadi lebih terhambat 

Baca juga: Kelas Online Course Gratis untuk Tingkatkan Skills Mahasiswa di SEVIMA EdLink

Kedua faktor penyebab tersebut sebenarnya bisa antisipasi apabila dosen menyiapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan interaksi di dalam kelas. Beberapa strategi yang bisa dilakukan antara lain:

1. Melakukan pendekatan dan interaksi di dalam kelas

Kelas online adalah sebuah kelas yang mana sangat cenderung memberikan “batas” antara mahasiswa dan dosen. Mahasiswa dan dosen tidak bisa melakukan koordinasi secara mudah karena terhalang ruang. 

Coba bayangkan, jika sebuah benteng penyekat antara mahasiswa dan dosen ini bisa terbongkar, maka bisa dipastikan hubungan antara dosen dan mahasiswa di dalam kelas akan berjalan dengan mulus. 

Dosen, bisa dibilang ibarat kepala suku di dalam suatu komunitas. Dosen bisa mulai melakukan interaksi yang efektif agar kelas bisa hidup dan menyenangkan. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh dosen adalah mengajak mahasiswa untuk menyalakan fitur video pada mereka. Selain itu dosen bisa melakukan sesi pendekatan dengan melakukan kegiatan tanya jawab di dalam kelas. Jadi, meskipun kelas dilakukan dengan online, hubungan dari dosen dan mahasiswa tersebut tidak akan tersekat oleh “benteng” tersebut. 

2. Perencanaan yang matang

Dosen sebagai kunci utama dalam proses pembelajaran online, juga harus melakukan perencanaan yang matang mengenai metode pembelajaran yang digunakan. Dosen bisa memilih berbagai macam proses penyampaian materi, mulai dengan menggunakan media pembelajaran melalui video, mengadakan kuis interaktif, diskusi online, atau bisa juga dengan presentasi secara berkala. 

Perencanaan ini bisa diaplikasikan secara bergantian agar mahasiswa tidak mudah bosan saat mengikuti kelas online yang hidup. Perencanaan yang matang pasti akan membawa dampak positif bagi keberlangsungan kelas online. 

 3. Penggunaan platform yang memadai 

Pembelajaran secara online akan semakin mudah dan berkualitas apabila menggunakan platform pembelajaran yang memadai. Platform pembelajaran yang tepat akan mengurangi tingkat kejenuhan mahasiswa pada perkuliahan online. Pembelajaran di dalam kelas pun akan jauh lebih fleksibel melalui platform pembelajaran yang memadai.

Fitur di dalam platform ini diharapkan mampu membuat mahasiswa semangat dalam mengikuti pembelajaran secara online. Meskipun kegiatan belajar mengajar sudah selesai, mahasiswa masih bisa melakukan diskusi dan interaksi dengan dosen atau mahasiswa lainnya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Maka bisa dipastikan tugas dosen dalam menyampaikan mata kuliah online bisa terbantu dengan baik melalui platform pembelajaran tersebut. 

Memang pandemi Covid-19 sudah mengubah sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi perkuliahan daring. Namun, kondisi ini bukan menjadi suatu penghalang untuk melakukan interaksi yang menarik di dalam kelas. Semua bisa dilakukan dengan mudah jika dilengkapi dengan persiapan dan kesiapan dosen untuk memimpin pembelajaran online tersebut. 

Baca juga: Manfaat Kelas Online Dalam Perkuliahan, Kampus Anda Siap?

Kemudahan dalam belajar online di tengah pandemi bisa Anda temukan melalui EdLink. EdLink menyediakan fitur terbaik yang bisa digunakan dosen dan mahasiswa untuk berinteraksi satu sama lain. Ini akan membuat  interaksi antara dosen dan mahasiswa bisa meningkat pesat. Selain itu, antusiasme mahasiswa dan mengikuti perkuliahan daring pun akan naik. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar