Manfaat Kelas Online Dalam Perkuliahan, Kampus Anda Siap?

Aplikasi Onlinee-learningTeknologi
 

adminweb

 

12 September 2019

SEVIMA.COM – Teknologi dan internet kian dimanfaatkan untuk saat ini yang telah memasuki era digital. Tak hanya dalam hal berkomunikasi dan mendapatkan informasi, teknologi yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet ini juga dimanfaatkan di hampir segala bidang, termasuk di dunia pendidikan.

Di dunia pendidikan teknologi dan jaringan internet telah melahirkan cara baru dalam pembelajaran, yakni kelas maya atau virtual class yang menggunakan metode e-learning atau kuliah online. Jaringan internet yang dimanfaatkan, membuat kelas online mampu menjangkau mahasiswa maupun dosen secara luas dimana dan kapan saja.

Kelas maya yang hanya terjadi secara online adalah proses belajar mengajar tanpa adanya pertemuan atau tatap muka. Sehingga, dosen diharuskan agar mempunyai konten pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan proses belajar mengajar di kelas maya. Sebab, dalam kelas maya konten pembelajaran tergantung pada pilihan mahasiswa.

Selain itu, mahasiswa dan dosen dapat memilih strategi komunikasi atau dalam berinteraksi dengan memanfaatkan e-learning di kelas maya. Strategi komunikasi yang dimaksud terkait cara mahasiswa saat mengikuti pembelajaran, pengerjaan tugas, hingga untuk mengikuti ujian di kelas maya.

Kelas maya sangat bermanfaat untuk meningkatkan pembelajaran mahasiswa, karena materi pembelajaran disampaikan secara menarik dan dinamis oleh dosen. Sehingga, mahasiswa akan merasa nyaman dan dapat dengan mudah menyerap setiap materi ataupun ilmu yang disampaikan oleh dosen di kelas maya.

Lantas, apa saja manfaat kelas maya dalam pembelajaran?

Sejauh ini, kemampuan untuk menjangkau dosen dan mahasiswa dimana dan kapan saja menjadi perbedaan yang mendasari kelas maya dan kelas di perkuliahan nyata. Di kelas maya, mahasiswa dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai kota bahkan belahan dunia. Dibandingkan kelas sungguhan di kampus, kelas maya memberikan beragam manfaat bagi mahasiswa, dosen maupun orang tua.

Konektivitas

Di kelas maya, mahasiswa dapat terhubung dan mempunyai koneksi yang tanpa batas karena memanfaatkan internet. Selain itu, mahasiswa di kelas maya bisa mendapatkan beragam informasi terkait apapun.

Fleksibilitas

Di kelas maya, pembelajaran berjalan secara fleksibel. Artinya, proses pembelajaran dapat dilakukan dimana dan kapan saja ketika sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Fleksibilitas dalam waktu ini membuat kelas maya sangat begitu diminati, baik mahasiswa maupun dosen.

Interaksi

Kelas maya sangat mengandalkan kekuatan dan kecepatan jaringan internet. Dengan begitu, mahasiswa kelas maya dapat berinteraksi dengan mahasiswa lainnya atau dengan dosen saat akan mengajukan pertanyaan, mengerjakan tugas bersama mahasiswa lainnya, hingga mengikuti ujian. Kolaborasi pembelajaran di kelas maya mengkolaborasikan perangkat diskusi dengan proses belajar yang berlangsung di luar ruangan. Dengan begitu, kolaborasi melalui kelompok belajar juga dapat dengan mudah dilakukan di kelas maya ini.

Pengetahuan teknologi kelas maya secara tidak langsung memberikan pengetahuan kepada mahasiswanya terkait teknologi. Inovatif dan kreatif kelas maya juga bermanfaat untuk mendorong mahasiswanya menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Motivasi

Kelas maya sangat memanfaatkan teknologi informasi yang terkoneksi dengan jaringan internet, sehingga memudahkan bagi mahasiswa untuk memperoleh materi sebagai sumber dalam pembelajaran. Menariknya, sumber pembelajaran tak hanya diperoleh dalam bentuk teks, namun juga dalam video bahkan animasi terkait konsep pada suatu mata belajar.

Dengan bantuan video atau animasi sebagai media dalam pembelajaran, mahasiswa akan termotivasi untuk menemukan gambaran secara nyata terkait ilmu yang disampaikan dalam video atau animasi tersebut.

Kesempatan pengembangan kelas maya kekinian semakin menarik seiring perkembangan teknologi yang terus berinovasi. Sehingga, kelas maya pun dapat berkembang mengikuti perkembangan perangkat yang mendukungnya sebagai sarana utama dalam pembelajaran secara online atau berbasis e-learning.

Nah, itulah beberapa manfaat dari kelas maya untuk pembelajaran mahasiswa. Sejauh ini, kelas maya begitu membantu dalam meningkatkan proses belajar dan mengajar yang tidak dapat dilakukan di kelas nyata karena adanya keterbatasan ruang dan waktu dalam belajar. Salah satu kelas maya populer dan memudahkan dosen dan mahasiswa adalah SEVIMA EdLink, yang menyediakan beragam fitur untuk menunjang proses belajar dan mengajar mahasiswa serta dosen.

Komentar :