Flash News

Cara STIKesMus Lakukan Digitalisasi Kampus

SEVIMA.COM – Di era saat ini digitalisasi merupakan sebuah kebutuhan bagi semua bidang, khususnya pendidikan. Terlebih pandemi melanda dunia lebih dari dua tahun ini, sontak sistem perkuliahan beralih menjadi daring.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Srakarta (STIkesMus) Joko Tri Atmojo mengatakan pihaknya telah memulai digitalisasi kampus sejak lima tahun lalu. Sehingga saat pandemi melanda, sedikit banyak pihaknya sudah terbiasa dengan dunia digital.

“Kami memang bertahap melakukannya sejak lima tahun lalu, mulai dari pendidikan, kemahasiswaan, keuangan, hingga saat ini arahnya ke akreditasi,” kata Joko kepada SEVIMA, Selasa (14/6/2022).

Baca juga : IAIN Langsa Ajak Perguruan Tinggi Melek Digital

Joko menambahkan dalam melakukan digitalisasi kampus, diperlukan sistem yang baik. Selain itu juga perlu dukungan dari seluruh civitas akademika untuk mensukseskannya.

STIKesMus bahkan memiliki cara tersendiri dalam melakukan digitalisasi kampus, yakni dengan menempatkan admin khusus yang mengurusi masalah digitalisasi kampus. Menurutnya admin ini diperlukan agar lebih fokus dalam pengembangan.

“Untuk meningkatkan digitalisasi perguruan tinggi perlu disediakan admin khusus mengurusi masalah digitalisasi, karena banyak sekali yang dikerjakan mulai masukan data mahasiswa di awal dan akhir semester, nilai, dan lainnya semua sendiri,” ucapnya.

Ia menambahkan admin tersebut harus di luar dari admin yang ditugaskan untuk pelaporan ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Dengan cara itu, ia memastikan pelaksanan digitalisasi kampus akan lebih optimal.

“Kalau belum ada banyak, minimal ada satu admin yang membantu atau mensuport digitalisasi disesuaikan dengan kebutuhan kampus masing-masing,” katanya.

Baca juga : Institut PTIQ Jakarta Akui Digitalisasi Kampus Permudah Proses Administrasi

Di sisi lain, STIKesMus mengaku sangat terbantu dengan menjadi mitra SEVIMA karena bisa membantu melakukan digitalisasi kampus dengan sistem yang ada. Bahkan menurutnya banyak fitur yang lebum sempat digunakan oleh STIKesMus.

“STIKesMus masih perguruan tinggi kecil, dibantu dengan SEVIMA bisa berkembang dalam memajukan perguruan tinggi khususnya di bidang pendidikan,” tandasnya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar