Flash News

IAIN Langsa Ajak Perguruan Tinggi Melek Digital

SEVIMA.COM – Jauh sebelum pandemi melanda, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa telah menerapkan sistem digitalisasi untuk menunjang proses akademik. Langkah tersebut dinilai sangat mempermudah dalam menunjang aktivitas pembelajaran di kampus, baik dosen maupun mahasiswa.

Sekjur Bimbingan Konseling IAIN Langsa, Dedy Surya mengatakan digitalisasi saat ini merupakan sebuah keniscayaan. Masyarakat harus mengikuti perkembangan teknologi yang kini sudah menjadi kebutuhan dan agar tidak tertinggal zaman.

“Terutama pelayanan di perguruan tinggi, semua mencoba untuk menjadi yang terbaik dengan memaksimalkan digitalisasi, makanya IAIN langsa bekerjasama dengan SEVIMA,” kata Dedy kepada SEVIMA, Jumat (20/5/2022).

Baca juga : Selamat! 81 Kampus Klien SEVIMA Lolos Pendanaan Penelitian Program Kompetitif Nasional 2022

IAIN Langsa menurut Dedy mulai beralih dari manual ke digital sejak tahun 2012. Proses peralihan pun tidak mudah, karena melibatkan seluruh civitas akademika yang ada di kampus, yang mana tidak semua orang mudah untuk beradaptasi.

“Prosesnya lumayan melelahkan, karena kita tahu data-data manual banyak kesalahan. Pertama sekali digitalisasi pengisian KRS dan administrasi perkuliahan. Menang awalnya belum bertemu dengan SEVIMA,” ujarnya.

Setelah beralih ke digital, Dedy mengaku sangat terbantu karena semua proses administrasi sudah beralih ke sistem yang sangat memudahkan pekerjaan. Selain itu kesalahan input data bisa terminimalisir, dibandingkan saat masih manual.

“Di awal saat masih manual untuk mendeteksi kesalahan sangat sulit. Dengan SiAkad menjaga kestabilan data jadi sangat membantu,” cerita Dedy.

Baca juga : Tips dan Trik Menggaet Sponsorship untuk Kegiatan Kemahasiswaan

IAIN Langsa menjadi salah satu pengguna setia SiAkad Cloud SEVIMA. Banyak kemudahan yang dirasakan oleh IAIN Langsa, mulai pelaksanaan kuliah hingga pelaporan data. Terlebih saat ini telah menggunakan sistem berbasis cloud, yang tidak perlu lagi tergantung dengan server.

Menurutnya permasalahan akademik di perguruan tinggi sangat komplek, SEVIMA hadir dengan solusi untuk memudahkan. Namun untuk bisa beralih ke digital harus ada komitmen dari berbagai pihak, khususnya seluruh civitas akademika.

“Kami sangat merekomendasikan rekan-rekan perguruan tinggi yang ada di Indonesia, bahkan di dunia bisa bersama IAIN Langsa maju bersama untuk mengarah kepada layanan digital bekerjasama dengan SEVIMA,” tandasnya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar