8 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Solusi SEVIMA • 24 Oct 2023

Tak Ada Feedback dari Alumni saat Tracer Study? Ini Dia Solusinya

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Kehilangan kontak dengan alumni adalah satu satu tantangan yang dihadapi perguruan tinggi saat  melakukan tracer study. Permasalahan ini kerap kali terjadi di perguruan tinggi dan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan data survei. Sehingga proses pengumpulan data tidak bisa terlaksana dengan maksimal. Bagaimana dampak dan solusi yang bisa dilakukan? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Apa Itu OBE, Penerapan dan Penilaiannya?

Tracer Study di Perguruan Tinggi 

Tracer study merupakan salah satu metode yang digunakan oleh perguruan tinggi untuk memperoleh feedback dan melacak alumni. Feedback ini sangat dibutuhkan oleh perguruan tinggi bahan evaluasi untuk perbaikan serta pengembangan kualitas dan sistem pendidikan. 

Melacak para alumni merupakan komponen krusial dari delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3/M/2023 terkait kinerja perguruan tinggi. Ditambah lagi, pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 754 Tahun 2022 disebutkan bahwa pelaksanaan studi pelacakan alumni akan memiliki dampak signifikan pada status akreditasi perguruan tinggi.

Mengingat hal ini sangat penting, lalu bagaimana jika tak ada feedback dari alumni saat proses tracer study di perguruan tinggi?

Dampak Kehilangan Kontak dengan Alumni saat Tracer Study

Hasil dari tracer study ini akan digunakan untuk mengukur pencapaian Indikator Kinerja Utama pertama (IKU1), yang mencakup data mengenai lulusan perguruan tinggi yang telah memasuki dunia kerja dengan upah yang layak, melanjutkan pendidikan, atau menjadi pengusaha. 

Bisa dipastikan jika kehilangan kontak dan tidak ada feedback alumni, maka akan berdampak pada penilaian IKU hingga akreditasi. Maka perguruan tinggi harus dapat me-record kontak dan data alumni. Semakin baik hasil dari studi ini, semakin besar peluang untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan tingkat akreditasi perguruan tinggi tersebut.

Selain itu, studi pelacakan alumni juga berfungsi sebagai sumber data utama untuk mengukur relevansi perguruan tinggi terhadap tuntutan dan kebutuhan masyarakat serta pasar kerja. Kurangnya data yang akurat dalam studi ini dapat menghambat upaya evaluasi dan perbaikan kurikulum di perguruan tinggi tersebut.

Agar tidak ada kontak yang hilang saat tracer study, maka dibutuhkan sebuah layanan yang mampu mewadahinya, salah satunya adalah Modul Tracer Study pada SEVIMA Platform.

Modul Tracer Study SEVIMA Platform, Solusi Mudah Melacak Alumni

Agar permasalahan IKU terkait alumni tidak berdampak pada akreditasi, maka perguruan tinggi perlu mengoptimalkan tracer study dengan mengimplementasikan Modul Tracer Study SEVIMA Platform. Modul ini merupakan salah satu bentuk platform Tracer Study yang sudah memenuhi standar Dikti. Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai alat evaluasi dan pengembangan perguruan tinggi dengan memanfaatkan data yang diperoleh dari alumni. 

Modul Tracer Study SEVIMA Platform menyediakan berbagai fasilitas yang dapat diakses oleh alumni, perguruan tinggi, dan perusahaan melalui ponsel. Melalui fitur dari Modul Tracer Study SEVIMA kampus dapat mengasi permasalahan tracer study, seperti lost contact dengan alumni.

Meskipun manfaatnya sudah terbukti dari waktu ke waktu, masih ada banyak perguruan tinggi yang belum memiliki sistem tracer study yang komprehensif. Oleh karena itu, SEVIMA Platform menyediakan modul pelacak alumni yang terintegrasi untuk mendukung perguruan tinggi dan membantu dalam pengembangan karir alumni. 

Lalu, apa saja keunggulan Modul Tracer Study SEVIMA Platform ini?

1. Tidak Lagi Lost Contact dengan Alumni

Kendala kampus yang sering kehilangan kontak dengan alumni kini bisa sirna menggunakan fitur yang ada di Modul Tracer Study. Ketika mahasiswa wisuda, secara otomatis akan di-record di dalamnya. Sehingga data alumni akan selalu aman dan kecil kemungkinan untuk hilang.

2. Survey Tracer Study Lebih Ringkas

Menurut beberapa survei yang terjadi di lapangan, alumni mengaku sangat malas menjawab pertanyaan pada pelaksanaan tracer study. Untuk mengantisipasi hal tersebut, SEVIMA Platform memberikan solusi yang berbeda. Pertanyaan tracer study pada modul tracer study SEVIMA dirancang dengan pertanyaan yang ringkas dan mencakup beberapa tipe pertanyaan dari beberapa lembaga (LAM, Kemdikbud, dan BANPT). Sehingga para alumni lebih mudah melengkapi kuesioner tersebut.

3. Meningkatkan Rasa Awareness Alumni

Untuk meningkatkan rasa awareness alumni bisa dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya mengadakan event untuk alumni semacam job fair yang bisa dilakukan melalui portal lowongan kerja. Event seperti ini akan membantu melihat potensi unggul yang dimiliki oleh alumni. SEVIMA Platform, hadir dengan modul tracer study yang bisa membantu kampus Anda mengadakan kegiatan semacam ini. 

Melalui laporan hasil tracer study inilah, perguruan tinggi dapat menjawab pertanyaan mengenai kesesuaian lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan industri. Data tersebut nantinya juga digunakan untuk pelaporan dalam proses akreditasi, baik itu Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) maupun Akreditasi Program Studi (APS). Jadi, bisa dipastikan jika kampus tidak mendapat feedback dari alumni saat proses tracer study, maka akan menghambat pelaksanaan akreditasi. 

Baca juga: Tingkatkan Capaian IKU 1 Perguruan Tinggi dengan Tracer Study dan Career Center SEVIMA Platform

Bagaimana dengan kampus Anda? Apakah Anda sudah siap merasakan kemudahan penyebaran tracer study menggunakan Modul Tracer Study SEVIMA Platform? Yuk, segera gabung dan rasakan kesuksesan menjalankan tracer study tanpa hambatan. Dapatkan informasi lengkapnya di SEVIMA Platform.

 

Tags:

alumni solusi sevima tracer study

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×