Lomba Artikel

Easy of Use, Edlink Aplikasi Video Conference Mudah dan Terintegrasi

Platform Edlink memberikan kemudahan institusi pendidikan dalam tahapan pembelajaran. Tampil dengan fitur-fitur yang mudah (Easy of Use), aplikasi karya anak bangsa ini menjadi solusi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menghadirkan menu yang lengkap dan terintegrasi dengan Sistem Administrasi Akademik (Siakad).  

Foto : Salah satu dosen Uiversitas Ibnu Sina, saat melakukan Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Platform Sevima Edlink.

Lembaga pendidikan, khususnya kampus tidak bisa melepaskan diri dari perkembangan teknologi. Kemajuan zaman menuntut mereka untuk dapat berbaur dan menggunakan teknologi digital guna memberikan manfaat yang efisien bagi seluruh stakeholder, khususnya mahasiswa dan dosen. E-learning atau ruang belajar secara online bisa membantu mahasiswa mengakses materi kapanpun dan dimanapun tanpa terikat ruang dan waktu, melalui platform Sevima Edlink.

Sevima Edlink memiliki keunggulan, karena seluruh aktifitas perkuliahan dapat dilakukan dalam satu ruang, mulai dari presensi mahasiswa, kuis atau tugas, interaktif, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pembayaran, kemajuan belajar, sampai bimbingan skripsi bisa dipantau dalam satu aplikasi. 

Kehadiran Sevima Edlink, yang merupakan pengelolaan data akademik maupun dan non-akademik menjadi terintegrasi seluruh dengan data yang ada. Hadirnya memberikan efek go green.  Dimana, seluruh aktivitas dapat mengurangi sampah kertas serta mengurangi beban pengajar itu sendiri. 

Tidak dapat dipungkiri, tanpa adanya teknologi, masalah tugas dari aktivitas mahasiswa umumnya menggunakan kertas. Hadirnya digitalisasi kampus dengan menghadirkan layanan tugas berbentuk digital memberi kemudahan sendiri yang dapat diakses dan dibawa kemana-mana dan tentunya menghemat biaya. 

Penggunaan aplikasi Sevima Edlink ini dapat dilakukan secara gratis, cukup melakukan download pengguna sudah dapat memanfaatkannya, baik melalui personal computer maupun smartphone. Dengan demikian, pengajar sudah dapat melakukan interaksi langsung dengan peserta didik melalui forum diskusi dalam kelas pribadi maupun umum. 

Pembelajaran Dalam Jaringan Sevima Edlink merupakan model kelas interaktif berbasis internet dan Learning Management System (LSM).  Metode ini mengantarkan bagaimana peserta didik mampu berinteraksi dan berkolaborasi baik sesama pelajar maupun pengajar. 

Seperti diketahui, video conference merupakan inovasi teknologi komunikasi yang memungkinkan beberapa pihak untuk berinteraksi melalui sambungan video meskipun terpisah lokasi. Kegiatan ini merupakan cara yang dilakukan beberapa pihak untuk mengalokasikan kegiatan mereka ke dalam jaringan, karena berbagai alasan. Salah satunya, disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang mengantarkan meeting atau pembelajaran online lewat aplikasi saat ini familiar bagi perusahaan dan pemanfaatnya melonjak drastis.

Penggunaan platform Video Conference memang menunjukkan grafik yang tinggi secara global, termasuk di Indonesia, ditambah dikeluarkan surat edaran Kemendikbud No 1 tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran covid-19 di dunia pendidikan. Regulasi ini menginstruksikan pembelajaran jarak jauh. 

Aplikasi video conference berbasis internet protocol (IP) atau voice over IP (VoIP) terus berkembang. Hal ini juga membuat International Telecommunication Union (ITU-T) membuat standar untuk mengurangi aliran data dan standar untuk komunikasi audio dan visual yang versinya terus mengalami pemutakhiran dan menjaga keamanan lalu lintas komunikasi. Hal ini pun dipenuhi oleh Sevima Edlink. 

Sevima Edlink merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari karya anak bangsa. Dibawah naungan PT. Sentra Vidya Utama (SEVIMA). Perusahaan ini memiliki beberapa produk yang terintegrasi, mulai dari Sistem Akademik Kampus (Siakad Cloud), pelaporan Feeder (go Feeder Cloud) Akreditasi Cloud, pembayaran keuangan mahasiswa (Sevima Pay) dan sevima Karirlink hingga integrasi office persuratan atau sistem persuratan online. 

Kini, pekerjaan para stakeholder dari berbagai perguruan tinggi menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien dengan bantuan berbagai platform manajemen operasional akademik yang telah disediakan oleh Sevima. Perusahaan ini bergerak di bidang Teknologi Pendidikan (EdTech), sesuai dengan tagline Sevima, #revolutionizeEducation. PT. Sentra Vidya Utama merupakan pioner dalam solusi sistem informasi akademik di Indonesia, dengan karya-karya yang inovatif dalam dunia pendidikan dan sudah melayani lebih dari 700 perguruan tinggi dengan 2, 5 juta pengguna. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar