Dunia Kampus | Kampus Merdeka | kemendikbud

Hore! Ada Harmonisasi Anggaran dan Program PKKM Tahun 2021

SEVIMA.COM – Kampus siapa yang sudah daftar program PKKM? Kerena tingginya minat perguruan tinggi mengikuti Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) menjadikan usulan anggaran dari perguruan tinggi jauh lebih besar dibandingkan ketersediaan dana.

Mempertimbangkan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan harmonisasi terhadap anggaran program studi (Prodi) dan anggaran Institutional Support System (ISS) PKKM.

Baca juga : Cara Kampus Dapatkan Dana Matching Fund Sebesar Total Rp250 Miliar

Harmonisasi anggaran Prodi dilakukan sesuai dengan usulan anggaran Prodi yang lolos verifikasi substansi diproporsionalkan dengan ketersediaan anggaran PKKM. Sementara harmonisasi anggaran ISS dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

– Anggaran ISS Liga 1 (satu) maksimal Rp400.000.000,-
– Anggaran ISS Liga 2 (dua) maksimal Rp350.000.000,-
– Anggaran ISS Liga 3 (tiga) maksimal Rp250.000.000,-

Hasil harmonisasi dan penyesuaian anggaran dijadikan dasar penyempurnaan Program PKKM yang divalidasi oleh reviewer untuk kemudian direkomensasikan kepada Ditjen Dikti.

Hasil rekomendasi yang disetujui oleh Ditjen Dikti akan dijadikan dokumen valid yang menjadi dasar Memorandum of Understanding (MoU) antara perguruan tinggi dengan Ditjen Dikti, serta Kontrak Bantuan Pemerintah yang transparan, akuntabel, dan diimplementasikan sesuai dengan peraturan perundangan.

Baca juga :  Sesditjen Dikti: Manfaatkan “Rezeki” Kampus Merdeka, Karena Takkan Datang Dua Kali!

Untuk rekan-rekan SEVIMA yang detailnya, berikut adalah surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 2353/E1/KM.11.02/2021 tanggal 15 April 2021 terkait Harmonisasi Anggaran dan program PKKM: Harmonisasi Anggaran dan program PKKM Tahun 2021

Bagikan artikel ini

Komentar