7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita • 29 May 2024

IAIN Parepare-Petidam Thailand Mulai Kuliah Perdana Kelas Internasional Pakai EdLink

Erna SEVIMA

IAIN Parepare resmi memulai kuliah perdana kelas internasional yang merupakan hasil kerjasama dengan Perguruan Tinggi Islam Darul Maarif (Petidam) Thailand pada 27 Mei 2024. Rustan Effendi dari IAIN Parepare menjadi dosen pengampu kuliah perdana yang diikuti oleh mahasiswa dari Petidam Thailand.

Kerjasama ini didukung oleh SEVIMA Platform melalui modul EdLink, yang menyediakan Learning Management System (LMS) untuk mendukung perkuliahan jarak jauh. Kuliah dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang mendalam dan bermakna bagi para mahasiswa, dengan memanfaatkan teknologi untuk mengatasi batasan geografis.

Rektor IAIN Parepare, Hannani, menyatakan, “Ini adalah kesempatan luar biasa bagi kita semua untuk belajar dan bertukar pengetahuan tanpa dibatasi oleh jarak. Saya berharap bisa memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan akademik para mahasiswa Petidam Thailand,” katanya.

EdLink Dukung Pembelajaran

Proses administrasi perkuliahan dijalankan dengan menggunakan sistem informasi kampus EdLink. EdLink merupakan platform yang dirancang untuk mendukung berbagai kebutuhan akademik dan administratif secara terintegrasi. Dengan EdLink, seluruh proses perkuliahan, mulai dari pendaftaran, pengelolaan mata kuliah, hingga evaluasi dan pelaporan hasil belajar dapat dilakukan secara efisien dan transparan.

Penggunaan EdLink sebagai LMS memungkinkan mahasiswa untuk mengakses materi kuliah, mengumpulkan tugas, berinteraksi dengan dosen dan sesama mahasiswa, serta mengikuti ujian secara daring. Sistem ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan mendalam, meskipun dilakukan secara jarak jauh.

Kuliah piloting ini akan dilaksanakan selama satu semester, dengan fokus pada beberapa mata kuliah pada program studi Pendidikan Agama Islam. Dengan dukungan infrastruktur yang sangat memadai dosen dapat melaksanakan pengajaran dari Parepare, sementara mahasiswa akan mengikuti perkuliahan dari Thailand. Model pembelajaran ini memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa untuk belajar sesuai dengan jadwal mereka, sambil tetap mendapatkan kualitas pendidikan yang berkualitas tinggi.

Selama perkuliahan, mahasiswa akan diajak untuk aktif berpartisipasi melalui diskusi, presentasi, dan proyek kelompok. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan serta kemampuan mereka untuk bekerja dalam tim.

Manfaat dan Harapan dari Kerjasama Internasional

Kerjasama ini merupakan bagian dari upaya IAIN Parepare dan Petidam Thailand untuk terus mengembangkan jaringan kerjasama internasional. Dengan memanfaatkan teknologi, diharapkan proses belajar mengajar dapat terus berlangsung efektif dan efisien, meskipun dilakukan secara jarak jauh. Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi tantangan global.

“Kerjasama ini adalah langkah strategis dalam memperluas cakrawala pendidikan kita. Dengan berkolaborasi dengan Petidam Thailand, kita dapat saling belajar dan memperkaya wawasan kita. Saya berharap program ini dapat menjadi model bagi kerjasama internasional lainnya di masa depan. Selain mendukung sekaligus program strategis dari Kementerian agama, yakni cyber islami university dan transformasi digital,” ucap Hannani.

Senada dengan itu, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan internasional antar institusi pendidikan tinggi dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI). “Kedua lembaga telah bersepakat berkolaborasi dalam kegiatan pengajaran PAI,” papar Rustam Effendi saat dimintai keterangannya usai mengajar di kelas internasional ini, Senin (27/5/2025)

Menurut Rustam Effendi, mahasiswa pada kelas internasional ini cukup antusias mengikuti pembelajaran meski pada mereka berasal dari negara yang berbeda. “Kita berharap, melalui program ini dapat memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi mahasiswa serta memperluas wawasan keagamaan dan budaya lintas negara,” lanjutnya.”

Tantangan dan Solusi Kelas Internasional

Selain itu, menurut Kepala TIPD Sufyaldy, menyampaikan bahwa, meskipun banyak manfaat yang dapat diperoleh dari program ini, tidak dapat dipungkiri bahwa ada berbagai tantangan yang harus dihadapi. Salah satu tantangan utama adalah perbedaan zona waktu antara Thailand dan Indonesia, yang dapat mempengaruhi jadwal perkuliahan. Untuk mengatasinya, jadwal kuliah dirancang sedemikian rupa agar dapat mengakomodasi kebutuhan semua pihak.

Kendala teknis seperti koneksi internet yang tidak stabil juga bisa menjadi hambatan. Untuk mengantisipasi hal ini, tim IT dari kedua institusi telah mempersiapkan berbagai solusi, termasuk menyediakan dukungan teknis yang memadai dan memastikan infrastruktur teknologi yang digunakan berjalan dengan optimal.

Dari sisi infrastruktur, dengan dukungan penuh dari Tim Internal IT, serta mitra eksternal seperti Amazon Web Service , Sevima , telkom , icon plus PLN dan mitra lainnya pembelajaran online di IAIN Parepare sudah sangat siap.

Bahkan platform elearning IAIN Parepare selalu menempati posisi terbaik pada https://spada.kemdikbud.go.id/ sebagai LMS Perguruan tinggi di indonesia yang sangat aktif dalam proses pembelajaran

Dampak Jangka Panjang Program

Dampak dari program ini diharapkan dapat dirasakan dalam jangka panjang. Dengan adanya kerjasama ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan akademik, tetapi juga pengalaman berinteraksi dengan budaya dan sistem pendidikan yang berbeda. Hal ini dapat membuka wawasan mereka dan mempersiapkan mereka untuk menjadi profesional yang kompeten dan adaptif di lingkungan global.

Program ini juga diharapkan dapat memperkuat hubungan antara IAIN Parepare dan Petidam Thailand membuka peluang untuk kerjasama di bidang lain seperti penelitian, pengembangan kurikulum, dan program pertukaran dosen dan mahasiswa. Dalam jangka panjang, kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan reputasi kedua institusi di kancah internasional.

Kuliah perdana kelas internasional yang merupakan hasil kerjasama antara IAIN Parepare dan Petidam Thailand ini merupakan langkah besar dalam memajukan pendidikan berbasis teknologi dan internasionalisasi. Dengan dukungan teknologi Edlink dan komitmen dari kedua institusi, program ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang berkualitas dan bermakna bagi para mahasiswa.

Semoga kuliah perdana ini menjadi awal dari berbagai kolaborasi yang lebih luas dan mendalam di masa depan, membawa manfaat bagi seluruh civitas akademika kedua institusi. Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata bahwa teknologi dapat menjadi jembatan untuk mengatasi batasan geografis dalam pendidikan, membuka peluang belajar yang lebih luas dan inklusif bagi semua pihak.

Tags:

edlink Sevima sevima platform

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×