Dunia Mahasiswa | Seputar Pendidikan

Mengenal Jabatan-jabatan di Kampus, Maba Wajib Tahu!

SEVIMA.COM – Wah akhirnya kuliah juga nih. Halo para mahasiswa baru, sebelum mulai kegiatan perkuliahan, ada beberapa hal yang harus kamu tahu terkait dunia perkuliah dan kampus ya. Mulai dari istilah-istilah akademik dan juga beberapa jabatan yang ada di kampus.

Kenapa mahasiswa baru atau maba wajib mengetahui berbagai jabatan di kampus? Dengan mengenal jabatan di kampus, agar kamu nantinya tidak salah saat ingin mengurus hal-hal yang berhubungan dengan perkuliahan. Malu kan, mau minta tanda tangan ketua jurusan tapi tidak tahu jabatannya.

Selain itu, istilah-istilah jabatan yang paling sering didengar seperti kaprodi, rektor, atau dekan. Namun sebenarnya masih banyak jabatan lain di universitas yang harus kamu ketahui.

Baca juga: Mengenal SKS, KRS, KST, KHS, dan IPK dalam Perkuliahan

Mengenal Jabatan-jabatan di Kampus, Maba Wajib Tahu!

1. Rektor

Rektor merupakan seseorang yang memimpin perguruan tinggi. Dalam menjalankan tugasnya seorang rektor bekerja di rektorat. Tugas seorang rektor yaitu memimpin lembaga perguruan tinggi agar mampu mencapai visi yang ditetapkan.

2. Dekan

Dekan adalah Kepala Fakultas di sebuah perguruan tinggi. Dekan adalah pemimpin administratif sekaligus pemimpin tertinggi di fakultas.

3. Kajur

Kajur adalah singkatan dari Ketua Jurusan. Mereka mengepalai sebuah jurusan. Mereka memiliki tanggung jawab atas berbagai hal yang terjadi pada sebuah jurusan atau program studi.

Baca juga : 10 Hal yang Dibutuhkan Maba di Awal Kuliah

4. Kaprodi

Kaprodi adalah sebutan dari Ketua Program Studi. Kaprodi sendiri adalah pimpinan tertinggi dalam struktur program studi. Kaprodi memiliki tanggung jawab untuk penyelenggaraan program studi yang dipimpinnya.

5. Kadep

Ketua Departemen atau yang sering disingkat dengan Kadep adalah seseorang yang bertugas memimpin tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugasnya untuk melayani mahasiswa. Kadep sendiri memiliki tugas khusus dalam penyediaan fasilitas perkuliahan, praktikum, dan tugas akhir.

6. Guru Besar

Guru besar merupakan jabatan fungsional tertinggi bagi dosen yang masih mengajar di lingkungan satuan pendidikan tinggi. Guru besar ini memiliki peran dalam memajukan institusi khususnya perguruan tinggi baik dalam pokok maupun fungsinya.

7. Kahim

Kahim adalah singkatan dari Ketua Himpunan Mahasiswa. Kahim memiliki tugas untuk bertanggung jawab atas organisasi yang ada di internal maupun eksternal kampus.

8. Kabem

Istilah jabatan di kampus selanjutnya adalah Kabem sendiri adalah singkatan dari Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). BEM sendiri merupakan organisasi mahasiswa intra kampus yang biasanya terdapat dalam tiap fakultas dan universitas.

Selain itu terdapat istilah di kampus yang perlu diketahui oleh maba.

Baca juga : 5 Tips Cerdas Taklukkan Dunia Kampus buat Para Mahasiswa Baru

Istilah-istilah Dunia Akademik dan Kampus

1. KTM

Istilah dalam perkuliahan yang wajib diketahui pertama adalah KTM atau akronim dari Kartu Tanda Mahasiswa. KTM biasanya didapatkan pada saat awal semester dan merupakan bukti sebagai seorang mahasiswa. KTM dapat digunakan untuk menikmati fasilitas kampus bahkan di beberapa kampus KTM juga digunakan sebagai kartu ATM.

2. KRS

Tidak lengkap rasanya menjadi mahasiswa jika tidak menyebut KRS. KRS atau Kartu Rencana Studi merupakan lembaran yang berisikan daftar mata kuliah dan jumlah SKS yang akan diambil oleh mahasiswa dalam satu semester ke depan. Setiap semester mahasiswa harus mengambil KRS yang diwajibkan oleh kampus.

3. SKS

SKS adalah Satuan Kredit Semester. SKS merupakan satuan mata kuliah yang diambil per semester. Di perkuliahan kamu harus menyusun sendiri mata kuliah yang diambil untuk satu semester. Biasanya saat semester pertama SKS tersebut disusunkan oleh pihak universitas, sedangkan untuk semester selanjutnya kalian akan menyusun sendiri. Dalam menyusun KRS dikenal adanya sistem war KRS karena biasanya terjadi rebutan untuk memilih kelas yang diimpikan.

Baca juga : 7 Perlengkapan Yang Harus Dimiliki Oleh Mahasiswa Baru

4. IPK

IPK adalah Indeks Prestasi Kumulutif yang merupakan nilai perhitungan rata-rata dari IP yang telah didapatkan tiap semester. IPK dipakai untuk menunjukkan nilai setelah mahasiswa lulus. Jika kamu mendapatkan IPK diatas 3,50 nantinya akan mendapatkan gelar secara cumlaude.

5. UKM

Selanjutnya ada UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa. UKM seperti ekstrakurikuler jika di SMA. UKM merupakan wadah untuk menyalurkan minat dan bakat bagi para mahasiswa. Jika kalian memiliki minat dan bakat tertentu segera ikuti UKM yang diinginkan.

6. BEM

BEM adalah Badan Eksekutif Mahasiswa. BEM merupakan organisasi kemahasiswaan di kampus. BEM biasanya terdapat dari tingkat fakultas hingga tingkat universitas.

7. NIM

Nomor Induk Mahasiswa atau yang biasa disebut NIM adalah hal penting bagi mahasiswa. NIM merupakan bukti resmi sebagai mahasiswa di suatu universitas.

8. KHS

KHS atau Kartu Hasil Studi merupakan hasil atau nilai yang didapatkan mata kuliah selama satu semester. KHS ibaratkan seperti nilai rapor jika di jenjang sekolah.

9. SP

SP atau Semester Pendek merupakan semester tambahan yang sifatnya pilihan bagi mahasiswa yang ingin mengulang mata kuliah tertentu. SP ini biasa dilaksanakan diantara semester ganjil dan genap.

10. KKN

KKN adalah Kuliah Kerja Nyata. KKN merupakan kegiatan pengabdian masyarakat di luar kampus dan biasa dilaksanakan di semester akhir.

Baca juga : 6 Tips Aktif Berorganisasi di Masa Pandemi

11. PKL

Istilah dalam perkuliahan yang wajib diketahui selanjutnya adalah PKL atau Praktik Kerja Lapangan. PKL biasa dilakukan dengan kegiatan magang di sebuah perusahaan untuk memenuhi keperluan kuliah.

12. Hima

Hima adalah Himpunan Mahasiswa. Hima biasanya ada di tiap jurusan masing-masing fakultas.

13. Cumlaude

Cumlaude adalah sebutan untuk mahasiswa yang berhasil lulus tepat waktu dengan IPK yang tinggi.

14. Kalender Akademik

Kalender akademik adalah jadwal kegiatan akademik bagi mahasiswa yang disusun oleh pihak rektorat dalam kurun waktu satu tahun. Dalam kalender tersebut ujian mahasiswa, hari libur, dan sebagainya.

Baca juga: Jenis-jenis Status Mahasiswa, Tidak Hanya Maba, Mahasiswa Aktif Harus Tahu!

Dosen pembimbing akademik atau dosen PA merupakan dosen yang bertugas untuk mewakili dan tempat konsultasi bagi mahasiswa.

16. Asdos

Asdos adalah asisten dosen yang merupakan mahasiswa atau fresh graduate yang ditugaskan untuk membantu dosen dalam kegiatan perkuliahan.

17. Eksistensi

Eksistensi merupakan perpanjangan atau lanjutan dari program diploma/ vokasi ke jenjang sarjana.

18. Matrikulasi

Matrikulasi adalah program penyetaraan atau persamaan mata kuliah untuk mahasiswa baru.

Mungkin dibeberapa kampus mempunyai istilah yang berbeda, namun secara umum seperti yang sudah dijelaskan di atas. Itulah tadi istilah jabatan di kampus yang perlu diketahui oleh maba. Selamat berkuliah ya, Semoga sukses!

Bagikan artikel ini

Komentar