Dunia Kampus | e-learning

Jangan Malas! Ini 12 Keuntungan Ikut Kuliah Online bagi Mahasiswa

SEVIMA.COM – Pandemi Covid-19 memang mengubah berbagai hal di dunia, termasuk dalam dunia kuliah. Mahasiswa kini perlu menyesuaikan diri untuk menempuh pendidikan secara online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah.

Namun, meski tampak sebagai tantangan, ternyata kuliah online justru memiliki banyak keuntungan lho! berikut ini keuntungan ikut PJJ dikutip dari laman Rencanamu bagi mahasiswa:

1. Lebih praktis dan santai, dulu waktu kuliah harus berangkat pagi dan setelah mata kuliah pertama ikut rapat UKM. Kemudian ikut kuliah lagi, baru sorenya pulang. Tapi sekarang tidak perlu capek lagi. Sekarang kuliah dari rumah, bisa dari tempat tidur atau di sekitaran rumah saja. Lebih praktis dan santai.

2. Sekarang jadi lebih banyak waktu di rumah, apalagi anak kos dan anak rantau, pasti tidak ada lagi rasa kangen rumah. Atau harus beli tiket untuk mudik lagi.

3. Waktu menjadi lebih efisien, karena tidak terbuang di perjalanan dan lain-lainnya.

Baca juga: 4 Tips Kuliah Daring Agar tidak Garing, Dosen Wajib Tahu!

4. Karena bisa belajar di rumah aja, sehingga kamu tidak mudah capek, karena bisa hemat energi. Tetapi ingat, badan harus fit dan jaga kesehatan.

5. Bisa makan sambil kuliah, ketika kuliah dan merasa lapar, kini kamu bisa sambil makan di depan laptop atau komputer saja.

6. Sekarang kamu bisa atur waktu belajar sendiri. Kecuali untuk beberapa mata kuliah yang harus live.

7. Bisa menghemat biaya atau uang karena tidak perlu transportasi atau biaya kos.

8. Di rumah, makanan lebih terjamin, apalagi kalau kamu hobi memasak.

9. Tetap bisa kuliah meski sedang berada di kampung orangtua, atau jadwal bisa lebih leluasa.

10. Jika ngantuk saat kuliah, maka kamu bisa membuat kopi. Atau jika kamu sedang sakit dan ada mata kuliah penting, maka kamu masih bisa melihat video dari atas kasur.

Baca juga: Kuliah Online, Apa Saja yang Bisa Dijadikan Indikator Penilaian?

11. Magang, bimbingan skripsi, rapat organisasi dilakukan jarak jauh secara online jadi lebih praktis.

12. Jika dulu tak bisa ikut kursus karena jadwalnya bentrok kuliah, kini bisa ikut secara online.

Nah, itulah beberapa manfaat atau keuntungan kuliah online. Sejauh ini, kuliah online begitu membantu dalam meningkatkan proses belajar dan mengajar yang tidak dapat dilakukan di kelas nyata karena adanya keterbatasan ruang dan waktu dalam belajar.

Salah satu sistem untuk memulai kuliah online bagi perguruan tinggi adalah SEVIMA EdLink, yang menyediakan beragam fitur untuk menunjang proses belajar dan mengajar mahasiswa serta dosen.

Bagikan artikel ini

Komentar