Dunia Dosen | e-learning

Kuliah Online, Apa Saja yang Bisa Dijadikan Indikator Penilaian?

SEVIMA.COM – Menyelenggarakan kuliah online bukan semata-mata terbebas dari indikator penilaian. Dalam pelaksanaan kuliah online, justru harus membuat para pengampu harus lebih menyiapkan indikator penilaian yang lebih ekstra dalam persiapan kuliah online. Indikator-indikator ini merupakan hal yang sangat krusial untuk menentukan penilaian yang akan diberikan kepada mahasiswa.

Nah, kira-kira apa saja sih indikator dalam penilaian kuliah online itu? Apakah ada perbedaan dengan penilaian dalam kuliah konvensional? Di bawah ini adalah beberapa indikator penilaian yang biasanya digunakan dalam kuliah online. Yuk simak!

1. Penugasan Individual

Sama seperti kuliah konvensional pada umumnya, kuliah online tentunya juga masih menyelenggarakan penugasan individu bagi para mahasiswa. Penugasan ini digunakan sebagai salah satu komponen penilaian untuk mahasiswa. Dalam penugasan individu ini, mahasiswa diwajibkan untuk mengumpulkannya secara online dalam laman penugasan yang sudah disediakan oleh dosen masing-masing.

Baca juga: 5 Tips Kuliah Online Agar Lebih Efektif Selama Social Distancing

2. Penugasan Kelompok

Selain penugasan individual, penugasan kelompok juga menjadi salah satu indikator penting dalam hal ini. Penugasan secara kelompok akan diberikan agar mahasiswa bisa melakukan kerjasama dan diskusi satu sama lain. Penugasan ini nantinya akan disubmit dalam platform online yang dipakai oleh kampus masing-masing.

3. Kegiatan diskusi

Meskipun kuliah online diselenggarakan melalui media virtual, namun kegiatan diskusi masih tetap dilakukan lho. Diskusi penting sekali untuk dilakukan agar mahasiswa mampu berkolaborasi dan bertukar pikiran.

Tujuannya adalah agar mahasiswa bisa mengemukakan pendapat mereka mengenai materi yang disampaikan oleh dosen. Nah, dalam kegiatan diskusi ini, dosen juga akan mengambil nilai dalam keikutsertaan mereka dalam diskusi ini.

Baca juga: Anti Boros Kuota! Ini Rekomendasi Perkuliahan Online yang Hemat

3. Kuis atau game

Tak hanya ujian saja, penilaian juga diambil dalam kuis dan game. Biasanya, kegiatan ini diselenggarakan dua kali setiap semester. Dalam pelaksanaan kuis atau game ini, dosen akan memberikannya melalui online sesuai dengan kebutuhan masing-masing mahasiswa.

Penilaian melalui kuis dan game ini dinilai cukup efektif buat para mahasiswa. Selain karena mengulas materi sebelumnya, kuis dan games juga akan membantu mahasiswa mengingat dengan mudah materi yang disampaikan oleh dosen.

5. Aktif mengikuti video conference

Belajar online akan terasa tidak afdol apabila tidak mengikuti video conference. Video conference ini diberikan agar mahasiswa bisa menerima materi perkuliahaan dengan mudah. Dosen akan menyampaikan seluruh materi yang diampu selama masa perkuliahan.

Dalam kegiatan ini, keikutsertaan mahasiswa dalam mengikuti video conference juga menjadi salah satu penilaian soft skill mahasiswa.

Baca juga: 4 Tips Kuliah Daring Agar tidak Garing, Dosen Wajib Tahu!

6. Ujian

Perkuliahan pasti tidak jauh dari kata ujian. Ujian diberikan agar dosen bisa mengetahui seberapa jauh pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan oleh dosen. Dalam perkuliahaan online, ujian yang diberikan akan dilakukan melalui online. sesuai dengan aturan dan perangkat lunak yang digunakan oleh dosen masing-masing.

Ke-enam indikator tersebut sangat penting untuk memberikan penilaian terhadap mahasiswa. Sistem pembelajaran online ini tersebut akan lebih mudah dan cepat bila anda menggunakan EdLink. Platform pembelajaran terbaik yang dirancang untuk dosen dan mahasiswa.

Di platform EdLink, anda akan menemukan berbagai fasilitas untuk penugasan online, absensi, ruang diskusi, kuis online, ujian online, dan yang paling penting adalah report nilai mahasiswa. Edlink.id

Bagikan artikel ini

Komentar