Jangan Sampai Didemo, Yuk Perbaiki Sistem Perkuliahan & Administrasi Kampus

Aplikasi OnlineDunia KampusFeaturedsiAkad Cloud
 

adminweb

 

13 Maret 2020

Group of American activists is protesting

SEVIMA.COM – Akhir-akhir ini sedang santer dibahas mengenai sistem transparansi kampus yang kurang memadai. Akibatnya, kampus pun didemo oleh mahasiswanya sendiri. Usut punya usut, para mahasiswa tersebut menuntut kepada pihak kampus untuk membenahi sistem perkuliahan termasuk sistem administrasi, fasilitas kampus, hingga pembayaran kuliah.

Seperti yang kita ketahui setiap perguruan tinggi wajib memiliki sistem akademik yang mumpuni. Sehingga seluruh aktivitas dan sistem akademiknya pun akan transparan. Maka dari itu, memperbaiki sistem di suatu perguruan tinggi adalah suatu hal yang harus dilakukan. Perbaikan tersebut akan memberikan dampak yang baik untuk kampus itu sendiri dan mahasiswanya.

Apa saja sih yang harus diperbaiki oleh setiap kampus?

1. Manajemen sumber daya manusia

Hal pertama yang harus dibenahi oleh perguruan tinggi adalah manajemen sumber daya manusianya, karena ini sangat dibutuhkan untuk memperbaiki birokrasi kampus. Apabila sistem manajemen sumber daya manusia sudah ditata dengan baik, maka seluruh sistem perkuliahan, administrasi, keuangan dll. pasti akan terbantu dengan baik.

2. Sistem perkuliahan

Sistem perkuliahan adalah bagian yang tidak terhindarkan dalam sebuah proses belajar. Kuliah adalah sebuah proses satu arah dalam transfer ilmu, dari yang memberi kuliah yaitu dosen kepada mahasiswa. Kuliah bisa jadi adalah pintu masuk pertama dari sebuah pembelajaran.

Nah, di zaman yang serba digital seperti saat ini sistem perkuliahan semakin berkambang dengan adanya metode perkuliahan online. Kuliah online adalah kuliah tanpa harus menghadiri kelas di kampus, kuliah biasanya disampaikan via teleconference, materi pelajaran disediakan secara online, dan juga terdapat forum dimana mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan kepada dosen, dan saling berdiskusi antara satu mahasiswa yang satu dan lainnya.

Kampus anda juga sudah bisa memulai perkuliahan online dengan SEVIMA EdLink, aplikasi yang memudahkan dosen dan mahasiswa dalam melakukan perkuliahan. Aplikasi ini bisa langsung Anda gunakan untuk memperbaiki sistem perkuliahan.

3. Sistem administrasi

Pelaksanaan administrasi di perguruan tinggi menjadi suatu unsur yang harus diperhatikan. Biro Administrasi Akademik (BAA), adalah unsur pelaksana yang menyelenggarakan pelayanan teknis dan administratif dalam bidang akademik. Ada dua macam kelompok besar kegiatan administrasi yang berlangsung di BAA, yaitu  Sistem Administrasi Manajemen Proses dan Sistem Administrasi Manajemen Data.

Sistem Administrasi Manajemen Proses adalah  menentukan bagaimana suatu proses itu berlangsung, syarat dan prosedur apa yang harus dilalui dan dipenuhi. Dari Sistem Administrasi Manajemen Proses menghasilkan sebuah hasil akhir berupa data, maka agar dapat mengelola data ini dengan baik  maka perlu diciptakan sebuah Sistem Administrasi Manajemen Data.

Sistem Administrasi Manajemen Data adalah kegiatan untuk mengorganisir, menginventarisasi, dan mendokumentasikan atas hasil-hasil dari Sistem Administrasi Manajemen Proses. Hal ini dilakukan agar hasil-hasil tersebut dapat dikelola dan disimpan dengan baik sehingga  dapat menjadi suatu informasi yang  akurat, sistematis dan mudah untuk diakses oleh pihak yang membutuhkan.

Sayangnya, masih banyak perguruan tinggi yang masih bingung bagaimana mengatur sistem administrasi menjadi baik. Sekarang, Anda tak perlu khawatir karena ada siAkad Cloud yaitu sistem informasi akademik berbasis cloud yang siap membantu administrasi di kampus anda berjalan dengan baik.

4. Fasilitas kampus

Keberadaan fasilitas kampus atau sarana prasarana di sebuah institusi merupakan peran yang sangat penting. Fasilitas yang lengkap juga mendorong terwujudnya proses pembelajaran yang kondusif. Tidak terkecuali bagi perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Sudah seharusnya semua perguruan tinggi menerapkan fasilitas yang baik seperti halnya akses internet (wifi), laboratorium, penggunaan proyektor dalam pembelajaran dan lain sebagainya. Semakin berkembangnya jaman, proses atau penerapan pembelajaran juga semakin maju dengan terlibat secara langsung.

5. Sistem pembayaran kuliah

Pembayaran kuliah adalah aktivitas rutinan yang harus dijalankan oleh civitas kampus. Untuk itu sistem pembayaran kuliah harus menjadi perhatian dan tak boleh di acuhkan begitu saja. Karena jika sistem pembayaran kuliah ini tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

Nah, dengan kemajuan teknologi saat ini seharusnya bisa memberikan banyak manfaat bagi perguruan tinggi dalam sistem pembayaran mahasiswa yang lebih modern. Nyatanya, masih ada perguruan tinggi yang menggunakan sistem informasi pembayaran mahasiswa secara manual hingga saat ini.

Bayangkan saja, di jaman yang sudah maju ini, mahasiswa masih harus mengantri panjang hanya untuk membayar biaya kuliah atau untuk keperluan lain. Padahal jumlah mahasiswa di setiap kampus makin lama semakin banyak. Cara seperti ini seharusnya patut dipertimbangkan untuk ditinggalkan. Nah,untuk itu kampus anda bisa menggunakan sistem pembayaran online SEVIMAPay yang sudah terintegrasi dengan Bank, Tokopedia dan bahkan Indomart.

So, bila seluruh sistem akademik maupun keuangan di kampus Anda sudah terstruktur dengan baik, maka Anda bisa memastikan tidak akan terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Selain itu, bila sistem akademik dan keuangan sudah berjalan dengan baik, maka bisa dipastikan kualitas dan peringkat di kampus anda pun pasti akan ikut naik.

Bagi anda yang kampusnya belum memiliki sistem keuangan dan akademik, yuk segera beralih ke siAkad Cloud dan Finance Cloud. Dengan menggunakan kedua sistem tersebut, bisa dipastikan bahwa anda akan dengan mudah menata sistem perguruan tinggi anda dengan baik.

Bagikan artikel ini

Komentar :