Dunia Akademik | Seputar Pendidikan | Solusi SEVIMA

Kampus Anda Alami Kendala Integrasi Siakad dengan Simponi?

SEVIMA.COM – Mengacu pada Keputusan Menteri Keuangan No.115/KMK.06/2001, PNBP atau Penerimaan Negara Bukan pajak pada Perguruan Tinggi Negeri wajib disetor ke Kas Negara.

PTN yang dimaksud adalah unit pelaksana pendidikan Departemen/Lembaga Non Departemen berupa Universitas, Isntitut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi.

Sehingga pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menyediakan fasilitas pembayaran/penyetoran penerimaan negara melalui aplikasi bernama Sistem Informasi PNBP Online atau dikenal dengan SIMPONI.

Baca juga : Pentingnya SIAKAD Kampus Terintegrasi Pembayaran Online

Lalu apa saja data yang dibutuhkan PTN dalam bidang akademik agar proses pembayaran di SIMPONI berjalan lancar? Secara umum, ada 3 data penting yaitu:

1. Jumlah Mahasiswa
2. Tagihan Mahasiswa
3. Tarif Kuliah/ UKT

Namun, ternyata perguruan tinggi masih harus kerja dua kali untuk melakukan pendataan, yaitu di SIMPONI dan juga sistem kampus. Selain itu, banyak pula PTN yang sering mengalami kendala dikarenakan data-data yang diperlukan tidak lengkap.

Untuk itu, tipsnya adalah perguruan tinggi perlu menggunakan Siakad yang fleksibel dan juga terintegrasi dengan SIMPONI. Bagaimana dengan Perguruan Tinggi Anda? Apakah lancar dalam melakukan pembayaran melalui SIMPONI? Atau mungkin ada data akademik yang kurang valid?

Jika terkait dengan keuangan, sistem yang harus digunakan perguruan tinggi adalah sistem yang mumpuni dan terjamin keamanannya, karena jika tidak memperhatikan keamanan, bisa mengakibatkan kerugian tersendiri bagi kampus.

Untuk itu, perguruan tinggi harus punya sistem yang terjamin keamanannya dan sudah terbukti dalam integrasi dengan aplikasi atau sistem SIMPONI dari pemerintah ini, sistem akademik yang banyak digunakan oleh perguruan tinggi dan terbukti adalah Siakad Cloud, yang dapat membantu perguruan tinggi anda terhindar dari dua kali kerja dan data tidak lengkap.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar