Dunia Akademik | Dunia Kampus | Dunia Mahasiswa

Kampus Merdeka Wujudkan Mahasiswa bisa Kuliah Luar Negeri

SEVIMA.COM – Kampus merdeka merupakan suatu terobosan terbaru dari sebuah perguruan tinggi untuk bisa mendorong mahasiswa menjadi lulusan dengan sumber daya manusia yang unggul. Dengan adanya program ini, diharapkan akan membentuk insan yang berpendidikan tinggi dan bisa berkontribusi pada negeri suatu saat nanti. 

Melalui program kampus merdeka ini, mahasiswa diberikan kesempatan berharga. Mereka tak harus belajar di dalam kampus saja. Namun, mereka bisa belajar di luar mata kuliah yang mereka ampu. 

Pada kelas merdeka ini, rupanya juga ada program pertukaran pelajar yang bisa membantu mahasiswa untuk merasakan studi di luar negeri. Jadi mahasiswa bisa belajar di kampus yang ada di luar negeri. Bahkan nilai yang di dapat dari belajar di luar negeri bisa dikonversikan di kampus. 

Baca juga: Kelas Merdeka EdLink, Sarana Tepat Upgrade Skill Mahasiswa Indonesia

Program Beasiswa Studi ke Luar Negeri

Kabar gembira buat mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kali ini Kemendikbud-Ristek dan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) telah meluncurkan Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA). Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat Sarjana untuk bisa mengikuti pelajaran di kampus di luar negeri selama satu semester. 

Melalui program IISMA, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengambil mata kuliah yang mereka minati di luar program studi mereka di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri sebanyak maksimal 20 SKS.

Dengan begitu, mahasiswa diharapkan mampu memperkaya dan meningkatkan wawasan yang luas. Diungkapkan oleh Nadiem Makarim (Mendikbud Ristek) dalam kemendikbud.go.id, beasiswa membuka peluang kepada para mahasiswa untuk mempertajam pemikiran mereka. Dengan begitu mereka akan terbiasa membentuk diri mereka menjadi mahasiswa yang sudah memiliki bekal SDM yang baik. 

Melalui IISMA ini kesempatan mahasiswa studi ke luar negeri akan terbuka lebar. Di sinilah mahasiswa bisa mengembangkan diri mereka dengan baik. Sehingga adanya kampus merdeka dan IISMA ini akan memberikan dampak positif bagi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi. Terutama bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan kesempatan belajar di luar studi yang diampu itu. 

Baca juga: Program Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka

Dokumen yang harus disiapkan untuk bisa mengikuti program IISMA

Untuk bisa studi ke luar negeri, tentunya ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh mahasiswa. Dilansir dari dikti.kemdikbud.go.id, pemerintah akan menyediakan kuota sebanyak 1000 penerima beasiswa ini. Syaratnya adalah :

  • Terbuka untuk mahasiswa semester 4 hingga semester 7
  • Wajib menyiapkan sertifikat TOEFL, IBT, atau IELTS
  • Wajib berkonsultasi dengan Kantor Urusan Luar Negeri di kampus tersebut 

Nah, buat para mahasiswa yang ingin mendapatkan kesempatan emas ini, jangan pernah berhenti untuk terus belajar ya. Manfaatkan kesempatan yang sudah ada di depan mata dengan sebaik mungkin. 

Bagikan artikel ini

Komentar