siAkad Cloud | Solusi SEVIMA

Kartu Rencana Studi (KRS) Secara Online Solusi Efektif Kampus

SEVIMA.COM – Peningkatan jumlah Mahasiswa yang signifikan setiap tahun ajaran baru pada Perguruan tinggi harus diimbangi dengan strategi peningkatan Pengembangan Sistem Informasi yang berguna untuk peningkatan pelayanan akademik dan non akademik secara online.

Pentingnya Kartu Rencana Studi (KRS) Secara Online

Dalam bidang Akademik dan non Akademik untuk pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) yang sebelumnya dilakukan dengan manual dan melalui tahapan yang rumit, mahasiswa harus tahu dan menerima Hasil Studi terlebih dahulu, kemudian mengisi jumlah Mata Kuliah yang diambil dengan face to face terlebih dahulu dengan Dosen Wali untuk berkonsultasi dan terakhir baru akan di entri data oleh bagian administrasi.

Dari permasalahan itu banyak kekurangan yang sering terjadi antara lain keterlambatan Mahasiswa mengisi Formulir dan Sistem Informasi lebih sering memakan waktu lebih banyak dengan jumlah Mahasiswa lebih dari 5.000 orang yang butuh diperbaiki dan dikembangkan untuk mempermudah Administrasi Akademik Mahasiswa.

Untuk itu perlu pengolahan data dengan sistem komputerisasi, mengingat kebutuhan informasi untuk ribuan Mahasiswa perlu keefektifan dan efisiensi waktu maka Perguruan Tinggi perlu pengembangan Sistem Informasi dengan modul KRS, KHS Online.

Baca juga: Lakukan Persiapan ini Agar Proses KRS di Kampus Anda Berjalan Lancar

Dengan mengembangkan sistem informasi dalam hal KRS, KHS online dan diharapkan bisa meringankan beban dosen, pegawai bagian administrasi maupun mahasiswa. Setelah implementasi KRS online ini diberlakukan banyak kendala-kendala yang dialami oleh mahasiswa sehingga memperlambat pengisian KRS sehingga mahasiswa bingung dengan KRS mereka.

5 Tips untuk Kampus agar Penyelenggaraan KRS Online Lancar

1. Pastikan Sudah Tersedia Sistem KRS Online

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mempunyai sistem informasi akademik (SIAKAD) yang siap untuk di gunakan dalam penyelenggaraan KRS Online.

2. Siapkan Channel pembayaran yang mudah

Hal yang tak boleh terlewatkan adalah channel pembayaran yang mudah, agar proses pembayaran saat herregistrasi lebih lancar. Biasanya Pembayaran menjadi syarat mahasiswa bisa melakukan KRS.

3. Pastikan Aplikasi dan SERVER memadai

Agar tidak terjadi Server overload, maka siapkan Server yang memadai dan sekiranya mampu untuk menampung mahasiswa yang akan mengakses. Kalau tidak mau susah bisa pakai siAkad Cloud.

Baca juga: Manfaat Aplikasi KRS Online untuk Permudah Mahasiswa

4. Pertimbangkan jumlah mahasiswa

Karena jumlah mahasiswa, menentukan segalanya, seperti terkait SERVER, jumlah petugas KRS, Dosen wali pun harus disesuaikan.

5. Siapkan dan sediakan Waktu KRS yang cukup

Karena KRS ini harus dilakukan dan penting, maka waktu pelaksanaan sangat perlu diperhatikan. Kalau bisa disediakan juga waktu untuk perbaikan KRS.

Itulah pentingnya Kartu Rencana Studi (KRS) secara online dan tips yang bisa kampus Anda terapkan agar pelaksanaan KRS di kampus Anda bisa terlaksana tanpa hambatan. Kita semua tahu, betapa pentingnya KRS dan sistem informasi akademik ini bagi civitas kampus terutama bagi mahasiswa.

Di era modern saat ini, sistem yang handal sangat diperlukan oleh perguruan tinggi, seperti sistem informasi siAkad Cloud yang siap membantu Anda dalam pelaksanaan KRS yang lebih lancar. siakadcloud.com

Bagikan artikel ini

Komentar