Seputar Pendidikan

Kuliah di Universitas Surabaya Gratis dengan Beasiswa dari Samator Group, Ini Syaratnya!

SEVIMA.COM – Bagaimana kabarmu pejuang SBMPTN? Semoga baik ya! Tidak sedikit peserta SBMPTN harus menelan pahitnya pil kekecewaan karena tidak lolos seleksi. Apakah ini akhir dari perjuanganmu? Tentu saja bukan, kamu masih bisa mencari alternatif lain agar bisa berkuliah.

Melanjutkan kuliah merupakan impian semua pelajar, tak terkecuali kamu? Nah, salah satu cara agar bisa melanjutkan kuliah adalah dengan cara mendaftar di perguruan tinggi yang telah menyediakan Beasiswa. Seperti Program Beasiswa Arif Harsono Scholarship (AHS) di kampus Universitas Surabaya ini.

Apa itu Program Beasiswa Arif Harsono Scholarship (AHS). Beasiswa AHS adalah lahir dari kerjasama PT. Aneka Gas Industri, Tbk. (Samator Group) dan Universitas Surabaya (Ubaya). Beasiswa akan diberikan kepada calon mahasiswa yang layak dan telah melalui rangkaian proses seleksi, untuk dapat berkuliah di salah satu program studi Fakultas Teknik Ubaya yaitu Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Teknik Mesin dan Manufaktur.

“Beasiswa ini selaras dengan kebijakan UBAYA untuk menghasilkan lulusan yang berkemampuan holistik yaitu pandai sekaligus berakal budi, inovatif, adaptif, beretika, dan memiliki social skill yang tinggi,” ucap Rektor Ubaya, Benny Lianto.

Beasiswa akan diberikan kepada mahasiswa baru Fakultas Teknik Ubaya tahun akademik 2021-2022 yang telah dinyatakan lolos seleksi oleh Samator Group dan Ubaya secara bersama-sama. Beasiswa akan meliputi 100% Uang Sumbangan Pendidikan, 100% Uang Penyelenggaraan Pendidikan dan biaya hidup selama masa studi normal (8 semester) sesuai standar yang berlaku di Ubaya.

Ketentuan Penerima Arif Harsono Scholarship (AHS)

Untuk mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa Arif Harsono Scholarship (AHS) ini harus melaksanakan beberapa ketentuan. Berikut beberapa ketentuan penerima Beasiswa Arif Harsono Scholarship (AHS).

1. Mahasiswa diwajibkan menjaga Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,5 dari skala 4,0 hingga lulus. Jika kewajiban ini gagal dipenuhi, maka mahasiswa yang bersangkutan wajib mengembalikan beasiswa yang telah diterima melalui mekanisme lebih lanjut.

2. Selama kuliah tidak diperkenankan cuti, baik Berhenti Studi Sementara (BSS) ataupun Mundur Studi Sementara (MSS).

3. Mahasiswa juga tidak diperkenankan melakukan mutasi ke program studi lain.

Keuntungan Arif Harsono Scholarship (AHS)

Pertama, Beasiswa akan meliputi 100% Uang Sumbangan Pendidikan, 100% Uang Penyelenggaraan Pendidikan dan biaya hidup selama masa studi normal (8 semester) sesuai standar yang berlaku di Ubaya.

Kedua, tidak hanya keuntungan finansial, beasiswa ini juga memberi pengalaman yang berharga bagi penerimanya. Selama mahasiswa penerima beasiswa menempuh studi di Ubaya, mahasiswa berkesempatan mendapatkan orientasi perusahaan dari Samator Group, kunjungan ke perusahaan, dan magang selama minimal 6 (enam) bulan di salah satu perusahaan dari Samator Group.

Ketiga, adapun setelah penerima beasiswa tersebut lulus, alumnus lulusan beasiswa AHS akan memiliki kesempatan dan prioritas untuk direkrut dan berkarier di Samator Group dengan gaji sesuai standar yang berlaku di perusahaan.

Jadwal Pendaftaran Arif Harsono Scholarship (AHS)

Pendaftaran beasiswa Arif Harsono Scholarship (AHS), saat ini masih DIBUKA, untuk pendaftaran bisa melalui daftar.ubaya.ac.id, untuk info penerimaan dan penutupan atau info lainnya akan diberitahukan di laman itu.

Bagi peserta yang lolos TPA, wajib melakukan pengajuan beasiswa dengan deadline yang tertulis pada nomor 3 di atas. Adapun file seleksi administratif yang harus dikumpulkan adalah Form Pengajuan Beasiswa dan Esai dengan tema “Why Engineering”.

Untuk informasi lengkap tentang esai, terdapat pada halaman akhir Form Pengajuan Beasiswa. Bagi yang lolos pada tahap seleksi administratif, akan mengikuti tahap wawancara dengan jadwal nomor 4 diatas. Yuk, keren banget kan beasiswa ini? Kami tunggu kedatanganmu di Ubaya ya! Untuk mendaftar: https://daftar.ubaya.ac.id/

Bagikan artikel ini

Komentar