Berita | Dunia Kampus | kemendikbud

Kuota Belajar Kemendikbud Bisa Untuk Youtube dan Zoom, Tapi Facebook, dan TikTok Tidak

SEVIMA.COM – Kemendikbud kembali meluncurkan bantuan kuota gratis untuk pengajar dan pelajar di tahun 2021. Program bantuan kuota belajar telah resmi diluncurkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim melalui siaran daring yang dilakukan hari ini, Senin (1/3/2021).

“Kami akan melanjutkan kebijakan kuota ini selama 3 bulan ke depan mulai bulan ini yaitu Maret 2021,” ujar Nadiem.

Mendikbud Nadiem juga mengungkapkna kalau kuota gratis saat ini berbeda dari sebelumnya, bantuan kuota dari pemerintah kali ini merupakan kuota umum. Sehingga bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman aplikasi termasuk untuk mengakses Youtube.

“Kabar gembiranya karena sekarang kuota umum, Youtube sudah masuk kuota ini dan bisa digunakan,” ungkap Nadiem.

Baca juga: Cek Kuota Belajar Kemendikbud 2021, Begini Caranya

Ketentuan kuota gratis yang dapat mengakses Youtube ini diberikan setelah Kemendikbud mendengar banyak masukan dari siswa maupun guru. Mereka mengatakan banyak materi pembelajaran para siswa berasal dari Youtube. Besaran kuota Adapun bantuan kuota kali ini yang diberikan, besaran kuota memang cenderung lebih kecil dibandingkan tahun lalu.

Mendikbud berharap bantuan kali ini lebih maksimal dimanfaatkan untuk pembelajaran karena selain tidak adanya pembagian kuota, juga adanya pembatasan akses untuk sejumlah situs dan aplikasi game maupun sosial media.

“Jadi di tahun 2021 kami akan memberikan kuota tapi dengan giga yang lebih kecil daripada kuota belajar sebelumnya. Namun kuota ini merupakan kuota umum, jadi bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman aplikasi kecuali aplikasi-aplikasi yang diblokir yakni kebanyakan permainan atau game dan sosmed yaitu, Facebook, Instagram, dan TikTok,” terangnya.

Baca juga: Pengajuan KIP Kuliah On Going dan Bantuan UKT Tahun 2021

Rincian besaran bantuan kuota Kemendikbud 2021 sebagai berikut:
– Peserta didik PAUD: 7 GB per bulan
– Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah: 10 GB per bulan
– Pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah: 12 GB per bulan
– Mahasiswa dan dosen: 15 GB per bulan.

“Ini adalah modifikasi yang kami lakukan sehingga kita bisa mencapai titik tengah, cukup giganya tetapi kualitas penggunaan dan fleksibilatas penggunaan dimaksimalkan sebesar mungkin,” ujar dia.

Dan bantuan kuota belajar nantinya berlaku selama 30 hari sejak kuota data diterima. “Bantuan ini disalurkan setiap bulannya dari tanggal 11-15 setiap bulan. Jadinya untuk yang pertama untuk bulan ini sekitar tanggal 11 penyaluran pertama akan terjadi,” Kata Nadiem.

Bagikan artikel ini

Komentar