#revolutionizeEducation | Dunia Kampus | Dunia Mahasiswa

Maba Wajib Tahu! Perbedaan Jenis KRS yang Ada di Kampus

SEVIMA.COM – Bagi mahasiswa baru, istilah Kartu Hasil Studi (KRS) mungkin masih sangat asing terdengar di telinga. Mahasiswa baru biasanya belum mengenal apa saja jenis KRS yang dianut perguruan tinggi. Bahkan, ada juga lho yang belum paham jika jenis KRS yang dianut oleh perguruan tinggi ternyata juga berbeda.

Perbedaan KRS ini dilatarbelakangi oleh program studi yang dimiliki setiap kampus. Adanya perbedaan jenis KRS ini rupanya menimbulkan tanda tanya besar bagi mahasiswa baru. KRS apa sih yang sebenarnya dianut oleh kampus mereka. Nah, apakah kamu makin penasaran dengan jenis-jenis KRS di perguruan tinggi? Gak pakai lama, yuk kita bahas bareng seputar jenis KRS di perguruan tinggi. Let’s check it out!

Baca juga: Anti Gagal Mengisi KRS buat Mahasiswa Baru

Apa saja jenis KRS di perguruan tinggi?

Pengambilan KRS disesuaikan dengan jenis KRS yang dianut oleh perguruan tinggi masing-masing. Kenyataannya, tak semua perguruan tinggi menganut jenis KRS yang sama.

Berdasarkan kegunaannya, jenis KRS dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

1. KRS paket

KRS paket ini mahasiswa tak perlu ribet melakukan KRS mulai semester dua hingga akhir. Kamu cukup terima jadi mata kuliah yang akan diikuti selama satu semester. 

2. KRS mandiri

Berbeda dengan sebelumnya, KRS mandiri bisa dilakukan oleh mahasiswa sendiri sesuai dengan panduan mata kuliah akademik. Jadi mahasiswa hanya diberi list mata kuliah yang akan diikuti pada semester tersebut. Namun mahasiswa harus memilih kelas yang akan diikuti. 

3. KRS-semi mandiri

KRS semi mandiri merupakan gabungan antara KRS mandiri dan KRS paket. Beberapa mata kuliah sudah tersedia dan dipaketkan oleh pihak akademik. Namun ada beberapa mata kuliah yang harus kamu pilih. 

Baca juga: Tips Mudah Lakukan KRS Buat Mahasiswa Baru

Bagaimana cara melakukan KRS dengan benar?

 Agar kuliah menjadi lebih asyik dan menyenangkan, kamu harus memiliki strategi saat menyusun KRS tersebut. Berikut adalah tak-tik yang bisa kamu lakukan:

1. Memperhatikan jatah SKS 

Agar bisa leluasa mengambil KRS, kamu harus memperhatikan jatah SKS pada semester itu. Jika kamu mendapatkan jatah 24 SKS maka kamu bisa menghabiskan jatah tersebut dengan baik. 

Namun, jika kampus kamu menganut KRS paket, maka kamu bisa mengikuti seluruh paket KRS yang ada. Jadi kamu gak perlu ribet lagi deh memilih mata kuliah yang ada. 

2. Melakukan evaluasi Kartu Hasil Studi (KHS) pada semester sebelumnya

Untuk mengetahui mata kuliah apa yang kamu ambil, kamu harus melakukan evaluasi hasil KHS semester sebelumnya. Di situ kamu bisa mengetahui mata kuliah apa saja yang perlu diperbaiki. 

3. Susun prioritas mata kuliah dan ketersediaan kuota mahasiswa

Jika kamu memiliki mata kuliah yang harus diulang, maka kamu bisa memprioritaskan mata kuliah tersebut. Setelah itu kamu bisa memilih mata kuliah yang wajib dilakukan pada semester ini. Jangan lupa konsultasikan kepada dosen terkait ya!

Adanya kurikulum berbeda di perkuliahan dan SMA ini memang wajib diperhatikan dengan baik. Jika kamu sudah memahami dengan baik, maka seluruh kegiatan perkuliahan bisa berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar