Aplikasi Online | siAkad Cloud | SIM SEVIMA

Manfaat Ketika Data Akademik Dan Keuangan Kampus Saling Terintegrasi

SEVIMA.COM – “Lho, saya kan sudah bayar? Tapi kok tidak bisa KRS-an?” Apakah Anda pernah mendengar perkataan seperti ini dari mahasiswa? Jika pernah, maka itu tandanya data akademik dan keuangan di Perguruan Tinggi Anda belum terintegrasi. Sehingga seringkali menimbulkan beberapa permasalahan klasik seperti human error dan miskomunikasi.

Lalu, apa sih manfaat ketika dua data tersebut saling terintegrasi? Jangan khawatir, kami telah merangkum 3 poin penting di bawah ini.

1. Memudahkan Koordinasi Bagian Keuangan dan Akademik

Alur koordinasi dan kegiatan yang terjadi jika sistem masih manual seringkali cukup panjang dan lama. Contohnya seperti bagian keuangan yang harus mendata satu-satu siapa mahasiswa yang telah membayar tagihan KRS dan melaporkannya ke bagian akademik. Atau bagian akademik mendata satu-satu siapa mahasiswa yang telah mendaftar yudisium untuk dilaporkan ke bagian keuangan.

Tentu, koordinasi dan kegiatan manual seperti itu akan memakan banyak waktu dan tenaga, apalagi pada kondisi pandemik saat ini yang membuat koordinasi menjadi semakin susah akibat anjuran bekerja di rumah (Work From Home).

Maka dari itu, sistem yang terintegrasi dapat memangkas alur koordinasi dan memudahkan bagian keuangan dan akademik. Dengan begitu, mahasiswa yang sudah membayar SPP dapat langsung terdata dan diketahui oleh bagian yang bersangkutan. Atau jika mahasiswa mengajukan cuti dan yudisium, maka langsung terproses di sistem. Hemat waktu dan tenaga, ya?

Baca juga: Siap Adaptasi Kebiasaan Baru, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Kerjasama dengan SEVIMA

2. Meminimalisir Miskomunikasi dan Human Error

Seperti yang kami sampaikan di awal, terkadang permasalahan klasik seperti miskomunikasi dan human error sering terjadi jika data keuangan dan akademik tidak terintegrasi. Hal-hal yang sering terjadi adalah mahasiswa yang sudah membayar tapi belum melakukan aktivitas KRS, sehingga membuat bingung bagian akademik. Atau mahasiswa yang sudah membayar KRS tapi tidak bisa melakukan aktivitas tersebut karena miskomunikasi antara bagian keuangan dan akademik. 

Selain itu, jika pelaporan dan pendataan masih hardfile yang harus di print terlebih dahulu, membuat data-data itu rawan rusak dan hilang. Sehingga, dengan sistem yang terintegrasi secara online dapat meminimalisir miskomunikasi antara bagian keuangan dan akademik atau pihak Perguruan Tinggi dengan mahasiswanya. Di lain sisi, bagian keuangan dan akademik tidak perlu takut data-datanya rusak dan hilang karena tersimpan secara cloud.

Baca juga: Institut Ilmu Sosial dan Budaya Samawa Rea Menjadi Pionir Kampus Go Online di Sumbawa

3. Mudah Memonitor Aktivitas Akademik dan Keuangan

Manfaat terakhir dan tidak kalah penting adalah memudahkan seluruh jajaran atau bagian di Perguruan Tinggi termasuk pimpinan untuk memonitor aktivitas akademik dan keuangan. Dengan data yang saling terintegrasi, maka pelaporannya juga tidak perlu dilakukan manual. Cukup dengan beberapa klik saja, maka laporan bulanan dan periode-periode tertentu dapat dibuat dengan mudah. 

Nah, itulah 3 manfaat ketika data akademik dan keuangan terintegrasi. Sekarang pertanyaannya adalah, apakah data keuangan dan akademik di Perguruan Tinggi Anda masih belum terintegrasi? Jika belum, maka kami sarankan agar segera menggunakan sistem informasi akademik (siakad) yang terintegrasi dengan bagian keuangan. 

SEVIMA sebagai perusahaan IT yang fokus ke sektor pendidikan selama lebih dari 10 tahun telah berhasil mengembangkan siAkad Cloud yang telah mengintegrasikan data akademik dan keuangan. Sehingga selain mendapatkan 3 manfaat di atas, bagian Keuangan juga dapat membuat aturan tagihan secara fleksibel. SEVIMA juga akan membantu pengaturan termin tagihan selama masa studi yang ada di Perguruan Tinggi Anda pada saat proses aktivasi layanan.

Daftar Perguruan Tinggi yang telah menjadi mitra siAkad Cloud di antaranya adalah IAIN Langsa, Politeknik Sukabumi, Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia, STT Ibnu Sina Batam, dan masih banyak lagi lainnya. Tertarik menggunakannya? Jika iya, maka Anda bisa menghubungi SEVIMA dengan klik di sini: Kontak Kami.

Bagikan artikel ini

Komentar