support@sevima.com

 +62 31 8722719


Masalah Mendasar dan Solusi Keuangan Perguruan Tinggi

Aplikasi OnlineDunia KampusSIM SEVIMA
 

adminweb

 

23 Mei 2019

SEVIMA.COM – Pernahkah kampus anda mengalami kesulitan dalam melakukan kontrol dan validasi anggaran karena belum ada sistem pencatatan yang baik dan mengakibatkan adanya ketimpangan anggaran? kalau pernah, berarti anda salah satu dari beberapa perguruan tinggi yang masih bertahan dengan sistem keuangan manual.

Kita tahu, mengelola keuangan tentu bukan pekerjaan yang mudah, dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dan ketelitian baik dalam menghitung, menginput, hingga membuat laporan keuangan. Kampus/universitas, menjadi salah satu instansi yang pengelolaan keuangannya cukup berat. Akuntan harus pandai-pandai memilah-milah dan memperhatikan betul, berikut masalah mendasar pengelolaan keuangan perguruan tinggi.

Beberapa Masalah Medasar Pengelolaan Keuangan Perguruan Tinggi

1. Kelola Keuangan Dengan Cara Manual

Mengelola keuangan perguruan tinggi dengan cara manual, biasanya yang akan terjadi adalah cenderung lama dan memakan banyak waktu. Selain itu penggunaan kertas dan buku-buku jurnal menyulitkan bagian akuntan dalam mencari informasi yang sudah lama.

2. Tidak Memiliki Keamanan Hak Akses

Jika masih manual, biasanya akuntan menggunakan Microsoft excel yang cenderung tidak memiliki keamanan hak akses, sehingga dapat memberikan resiko mudah dibobol, sehingga keamanan data sangat terancam mudah dipalsukan.

3. Sulit Melakukan Kontrol dan Validasi Anggaran

Biasanya akuntan kampus mengalami kesulitan dalam melakukan kontrol dan validasi anggaran karena belum ada sistem pencatatan yang baik mengakibatkan adanya ketimpangan anggaran.

Baca juga: Grand Launching Produk Baru: SEVIMA Finance Cloud

4. Realisasi Anggaran Yang Tidak Transparan

Yang selalu berkaitan dengan pengelolaan keuangan adalah transparansi, karena jika pengelolaan tidak secara transparan banyak menyebabkan adanya kecurangan.

5. Perhitungan Pajak Berbelit

Karena pelaporan belum selasai dan kampus anda belum membayarkan pajak, tentu perguruan tinggi anda akan mendapat teguran dari petugas pajak karena perhitungan pajak berbelit, tentu ini tidak ingin terjadi di kampus anda.

Untuk itu, perguruan tinggi membutuhkan sistem keuangan yang tepat guna. Di era modern seperti saat ini, penggunaan aplikasi keuangan sangatlah disarankan. Terutama pada instansi-instansi besar seperti universitas, sekolah, ataupun perusahaan perusahaan lainnya. Penggunaan sistem keuangan memberikan banyak sekali manfaat dan kemudahan jika dibandingkan dengan menggunakan Microsoft Excel ataupun pencatatan manual.

Sistem Keuangan memegang peranan penting dalam lingkungan kampus. Bagaimana tidak, sistem keuangan kampus ini berfungsi sebagai media perangkat lunak pembantu manusia dalam memudahkan pekerjaannya. Keuangan kampus tidak bisa dianggap sepele, karena keuangan kampus memegang peranan penting pula sebagai dana dalam proses perkembangan kampus.

Hal ini tertentu tidak akan terjadi apabila suatu instansi atau kampus anda mau menggunakan Sistem Keuangan Finance Cloud/sistem infromasi manajemen keuangan. Dengan menggunakan Finance Cloud ini, semua proses yang berkaitan dengan keuangan kampus akan mudah untuk dikerjakan, cepat, tepat, dan akurat.

Itulah beberapa masalah yang dihadapi akuntan kampus dan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Masih banyak lagi kelebihan yang terdapat dalam sistem informasi manajemen Finance Cloud ini. Yuk hubungi kontak kami, untuk mencoba Finance Cloud.

Info Menarik Lainnya :


Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami