+62 812-9000-4560     support@sevima.com


Mau Kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan? Ketahui Dulu Rahasianya!

Dunia Kampus
 

adminweb

 

21 Februari 2019

SEVIMA.COM – Kamu harus tahu, selain Perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN & PTS), ternyata Indonesia juga memiliki beberapa sekolah kedinasan yang sangat menjanjikan bagi lulusannya lho, yaps yaitu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Bagaimana, kamu udah tahu belum apa itu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)?, yuk kita bahas.

Apa Itu Perguruan Tinggi Kedinasan?

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. PTK memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan perguruan tinggi lain, di antaranya biaya kuliah yang terjangkau, bahkan ada yang gratis hingga fasilitas ikatan dinas yang menjanjikan.

Nah, bagi teman-teman yang ingin daftar Perguruan Tinggi Kedinasan harus tahu rahasia berikut ini, karena untuk bisa diterima tentu tidak akan mudah. Butuh persiapan matang.

Berikut ini 5 rahasia penting yang harus kamu tahu jika ingin masuk sekolah kedinasan (PTK):

1. Info jadwal tes harus dari sumber terpercaya

Karena setiap sekolah kedinasan memiliki syarat dan tes yang berbeda-beda, untuk itu kamu harus tahu info tes yang akurat. Tidak seperti jalur masuk PTN yang umumnya bisa ditempuh lewat jalur SBMPTN atau SNMPTN.

2. Ketahui perbedaan tes

Biasanya tes di Perguruan Tinggi Kedinasan berbeda dengan PTN dan PTS. Ada beberapa PTK yang menerapkan beberapa tes, seperti tes akademik, tes psikologi, tes tertulis, wawancara, dan tes kebugaran. Dan ada juga yang mengharuskan kamu lolos tes kompetensi dasar, tes kesehatan, tes psikologi, integritas dan kejujuran, hingga tes pantukhir.

3. Cari info jumlah pendaftar dan yang akan diterima

Sebelum daftar kamu harus cek dulu jumlah pastinya yang akan diterima, dan cari tahu juga ada berapa mahasiswa pendaftar di tahun lalu, dan berapa pula kursi yang disediakan.

4. Terdapat tes kesehatan & fisik

Ada beberapa sekolah kedinasan yang menjadikan tes fisik syarat yang wajib. Mereka ingin bisa mendapatkan mahasiswa yang tak hanya berkompenten di kepintarannya saja, tetapi juga kuat jasmaninya.

Beberapa sekolah kedinasan yang ada tes fisiknya antara lain: STAN, IPDN, STSN, Akademi Kepolisian (Akpol), dan Akademi Militer (Akmil). Nah, jika kamu ingin masuk Akpol atau Akmil, latihan fisikmu mesti ekstra.

5. Ketahui daftar perguruan tinggi kedinasan

Bagi kalian yang ingin masuk PTK, kalian harus tahu Daftar Perguruan tinggi Kedinasan, agar dapat menyesuaikan dengan jurusanmu. Untuk daftar list Perguruan tinggi Kedinasan bisa kalian bisa lihat disini: https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_perguruan_tinggi_kedinasa_di_Indonesia

Kita tahu sekolah kedinasan itu dibuat oleh kementerian atau BUMN agar mereka selalu punya tenaga ahli untuk mengisi pos-pos pekerjaan. Agar kualitas ahlinya bisa sesuai harapan, sekolah kedinasan pun dibuat. Karena itulah, kuliah di sekolah kedinasan biasanya gratis.

Bagaimana kamu siap daftar di Perguruan Tinggi Kedinasan dan menjadi PNS?

Info Menarik Lainnya :


Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami