Berita | Dunia Mahasiswa

MAU KULIAH di ITB? Ini Tips Sukses dari Sekjen IKA ITB

SEVIMA.COM – Siap berjuang? Kamu pasti tahu kalau perguruan tinggi negeri apalagi yang favorit, sampai saat ini masih merupakan idaman bagi semua siswa sekolah menengah atas (SMA). Selain biaya relatif terjangkau dibanding perguruan tinggi swasta, perguruan tinggi negeri memiliki sistem pendidikan dan reputasi yang baik dari tahun ke tahun.

Kamu juga sadar kalau persaingan masuk perguruan tinggi negeri ketat. Satu orang paling tidak harus mengalahkan sekitar dua puluh orang lainnya untuk bisa duduk di bangku perguruan tinggi favorit.

“Masuk perguruan tinggi termasuk dalam kategori kompetisi, jadi kalau adik-adik ingin masuk perguruan tinggi favorit, harus berjuang,” ungkap Arya Sinulingga, Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung yang saat ini juga menjabat sebagai Staf Khusus Menteri BUMN, dalam wawancara Flash News Mitra SEVIMA, Senin (09/08/2021).

Namun tak perlu khawatir, jika kamu salah seorang yang sedang berjuang mendapatkan bangku tersebut, kamu bisa coba terapkan 5 tips lolos perguruan tinggi negeri favorit dari Pak Arya Sinulingga berikut ini.

Tips Sukses Masuk Perguruan Tinggi Favorit Ala Sekjen IKA ITB

1. Berfikir Positif

Sebelum mendaftar untuk masuk ke perguruan tinggi favorit, maka kamu harus memiliki pemikiran yang positif. Karena dengan berfikir positif, kamu sudah melangkah lebih dekat dengan kemenangan, artinya kamu harus yakin akan diterima di kampus impianmu. 

“Kalau ingin masuk perguruan tinggi dan mau menang kompetisi masuk perguruan tinggi favorit, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah mempunyai pemikiran dan mental yang positif. Karena kalau kita yakin bisa memenangkan kompetisi ini, mental kita akan terbentuk mental juara. Itu akan mampu mengantarkan masuk perguruan tinggi favorit yang dicita-citakan,” ungkap Arya yang juga menjabat sebagai Direktur Penerbitan MNC Group 

2. Persiapan Sejak Sekolah

Menurut Staf Khusus Menteri BUMN itu, kalau adik-adik mempunyai impian masuk perguruan tinggi favorit, sudah semestinya mempersiapkan ketika duduk di bangku sekolah. Bahkan bisa juga sejak kelas 1 atau 2 SMA.

“Persiapan untuk masuk perguruan tinggi favorit bisa dilakukan sejak duduk di bangku sekolah, seperti memilih bangku paling depan di kelas dan sering mencatat pelajaran dari guru,” jelas Arya

Baca juga : Resmi! Muhammadiyah Dirikan Universitas di Malaysia

3. Terus Mengembangkan Kemampuan Diri

Agar bisa lolos dan diterima di perguruan tinggi favorit, kamu harus melalui tes masuk dan berhadapan dengan siswa lain yang memiliki niat yang sama untuk masuk ke perguruan tinggi. Jika mampu mengalahkan pesaing yang ada, maka akan sangat besar kemungkinan kamu untuk diterima dan lolos di perguruan tinggi favorit tersebut.

“Jadi, harus mengembangkan kemampuan diri. Jika mengincar perguruan tinggi favorit, tentu saja tantangannya juga meningkat. Bisa mengikuti kursus, kursus sendiri untuk memperkuat apa yang kita pelajari di waktu sekolah,” lanjut Arya

4. Belajar Kelompok

Persiapan selanjutnya adalah belajar kelompok dan mengajari kepada sesama teman. Menurut Arya belajar kelompok ini sangat penting, karena kita mengajari teman itu sama saja kita belajar, dan menjadikan kita lebih paham tentang materi tersebut.

“Dengan belajar kelompok, kita menjadi tahu soal-soal sulit dan mungkin saja kita tidak tahu jawabannya. Nanti bisa dicari jawabanya bersama,” tutur Arya

5. Latihan Soal

Kiat selanjutnya dari Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung ini agar masuk perguruan tinggi favorit adalah memperbanyak latihan soal, mengikuti tryout dan latihan-latihan yang lain.

“Dengan latihan-latihan, kita bisa tahu seberapa banyak soal yang kita kerjakan, dan juga untuk mengetahui kecepatan kita dalam mengerjakan soal. Agar nantinya ketika tes beneran, manajemen waktu dan mental kita juga bagus.” Pungkas Arya 

Itulah 5 tips untuk membantu kamu lolos perguruan tinggi negeri favorit ala Sekjen IKA ITB. Jangan lupa niatkan untuk mengasah diri lebih baik lagi dan untuk membahagiakan kedua orang tua, sehingga jalan meraih perguruan tinggi negeri favorit semakin terang. Selamat mencoba!

Bagikan artikel ini

Komentar