5 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Diskusi bersama Pelaporan ke PDDIKTI via Neofeeder 2.3.0 Terbaru Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 08 Jan 2024

MBKM Mandiri: Pengertian dan Implementasinya di Perguruan Tinggi

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang diluncurkan oleh Kemendikbud untuk mempersiapkan kompetensi lulusan yang kredibel. Melalui program ini, para lulusan dari perguruan tinggi diharapkan mampu dan siap memenuhi standar kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). 

Seperti apa implementasi dan program pada MBKM mandiri? Lantas apa saja perbedaannya dengan MBKM? Berikut pembahasannya. 

Pengertian MBKM Mandiri

Kampus Merdeka (MBKM) merupakan inovasi Kemendikbud yang diluncurkan pada tahun 2020 guna menghasilkan lulusan yang lebih sesuai kebutuhan industri. Agar dapat memaksimalkan program ini, Kemendikbud mengembangkan program MBKM Mandiri sebagai upaya dari kebijakan Kampus Merdeka yang mendorong perguruan tinggi untuk mengimplementasikan program MBKM secara mandiri. 

Penerapan MBKM Mandiri memberikan perguruan tinggi kebebasan dalam mengatur, membiayai, dan menjalankan program tanpa campur tangan Kemendikbudristek. Tujuannya untuk membantu mahasiswa lebih banyak lagi mendapatkan pengalaman di luar kampus. Terutama untuk persiapan karir di masa depan sebaik mungkin. 

Program yang dilaksanakan pada MBKM Mandiri memiliki kesamaan dengan program pada MBKM biasa. Misalnya saja seperti pertukaran mahasiswa, magang, riset, asistensi mengajar, dan KKN juga masih dilaksanakan. Nah, di bawah ini kita akan membahas bagaimana perbedaan antara keduanya. 

Perbedaan MBKM dan MBKM Mandiri

Perbedaan MBKM Mandiri MBKM 
Petunjuk teknik Ketentuan diatur langsung oleh Perguruan Tinggi Program diselenggarakan oleh kemendikbudristek
Pendanaan Dana disesuaikan oleh Perguruan Tinggi penyelenggara Dikeluarkan atas persetujuan Kemendikbudristek
Dokumentasi/Pelaporan Sesuai aturan Perguruan tinggi Program ditentukan oleh Kemendikbudristek sebagai penyelenggara program

 

Mengenal Platform Pusat MBKM Mandiri Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi yang ingin berpartisipasi dalam pengembangan MBKM Mandiri, dapat langsung mendaftar melalui Platform Pusat MBKM Mandiri Perguruan Tinggi. Platform ini mendukung program MBKM Mandiri agar kegiatan yang dilakukan memiliki makna, terutama dalam menerapkan program-program yang menitikberatkan pada aktivitas mahasiswa di luar kampus antar perguruan tinggi.

Melalui platform ini, perguruan tinggi memiliki kemampuan untuk:

  • Mencari mitra potensial dari perguruan tinggi lain untuk berkolaborasi.
  • Memilih mitra yang dapat dipercaya karena informasi yang disediakan oleh perguruan tinggi terkait.
  • Mendapatkan informasi kontak dari perguruan tinggi lain untuk berdiskusi dan berkolaborasi.
  • Membangun kemitraan kegiatan di luar kampus untuk membantu mahasiswa mempersiapkan karir mereka.

Saat ini, Pusat Pengalaman Mandiri secara khusus diperuntukkan bagi perguruan tinggi yang melaksanakan program MBKM antar sesama perguruan tinggi. Melalui platform ini, perguruan tinggi dapat menjalin kolaborasi guna membantu mahasiswa mendapatkan pengalaman dan pembelajaran di luar kampus yang berkualitas. Di portal ini dapat diakses langsung mulai dari Dosen/Tenaga Kependidikan, Ketua Program Studi dan Dekan, dan Bagian kerja sama/hubungan internasional. 

Akses Platform Pusat MBKM Mandiri Bagi Perguruan Tinggi untuk Mencari Kolaborator

Bagi perguruan tinggi yang tertarik untuk mengembangkan MBKM Mandiri, dapat langsung mendaftar melalui situs resmi MBKM Mandiri untuk mencari kolaborator sesui kebutuhan mahasiswa. Berikut tata cara akses platform pusat MBKM Mandiri. 

  • Masuklah ke Akun MBKM Anda dengan memasukkan alamat email dan kata sandi yang tepat, lalu tekan tombol ‘Masuk’.
  • Jika login berhasil, Anda akan diteruskan kembali ke halaman utama Platform Pusat Pengalaman Mandiri dan nama akun Anda akan terlihat di sudut kanan atas layar. Untuk mengakses dasbor utama platform, klik ‘Beranda’.
  • Saat Anda sedang menggunakan platform MBKM, Anda juga bisa langsung beralih ke Platform Pusat Pengalaman Mandiri dengan klik opsi ‘Akun Saya’ dan memilih ‘Beranda Pusat Pengalaman Mandiri‘.
  • Lalu Anda dapat mempelajari terdahulu dashboard MBKM Merdeka yang akan terlihat seperti di bawah ini:

 

Implementasi MBKM Mandiri

Implementasi MBKM Mandiri dapat dilakukan sesuai dengan visi misi dan tujuan perguruan tinggi. Melalui program MBKM Mandiri, perguruan tinggi tidak perlu menunggu inisiatif dari Kemendikbud dan dapat menyelenggarakan kegiatan sesuai dengan kebijakan dan dana yang ada. 

Implementasi MBKM Mandiri dapat melaksanakan beberapa kegiatan antara lain: 

  • Pertukaran Mahasiswa Dalam dan Luar Negeri;
  • Kampus Mengajar
  • Magang Bersertifikat
  • Studi Independen
  • Kewirausahaan 
  • Penelitian
  • Project kemanusiaan 

Baca juga: Cara Menyusun Kurikulum Berbasis OBE untuk Menunjang Kegiatan MBKM

Adanya MBKM Mandiri ini pastinya banyak perguruan tinggi yang ingin tahu lebih dalam mengenai program ini. Nah, untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut SEVIMA membuka ruang diskusi bagi kampus melalui webinar nasional “Mengenal Sinergi Kurikulum dan Inisiasi MBKM Mandiri Tahun 2024” pada 16 Januari 2024 mendatang. 

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran dapat langsung mengunjungi laman berikut ini

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

Artikel Sebelumnya Tim SEVIMA dan ITN Malang Bahas Kolaborasi Sistem Akademik Terintegrasi Artikel Selanjutnya SEVIMA dan Operator IAI Al-Qolam Malang Diskusi Terkait Pelaporan EMIS
×