Dunia Dosen | Dunia Kampus | Tips & Trik

Dosen, Ini Metode Mengajar Efektif dan Kekinian

SEVIMA.COM – Menjadi seorang dosen tak hanya dituntut sekedar menyampaikan materi perkuliahan saja. Namun dosen juga harus mampu dan siap menguasai kelas. Terlebih mahasiswa saat ini berasal dari generasi Gen Z. Dosen harus siap menyampaikan materi dengan metode pembelajaran yang lebih efektif dan kekinian. 

Generasi Gen Z yang mahir dengan segala kecanggihan teknologi mulai dari komputer, laptop, iPad, dan perangkat lainnya membuat dosen juga harus melek dengan teknologi saat ini. Dosen pun juga harus mengubah metode belajar yang konvensional menjadi lebih modern. Ibarat kata dosen harus bisa menjelma menjadi dosen “zaman now” biar mahasiswa lebih nyaman mengikuti kelas tersebut. 

 Baca juga: Dosen, Ini 4 Aplikasi Yang Dapat Membantu Fokus Pada Peningkatan Kinerja

Lalu, bagaimana sih cara yang tepat untuk menyampaikan materi perkuliahan lebih efektif dan kekinian? 

Menjadi dosen “zaman now” memang tak mudah. Pastinya banyak tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Bahkan, menurut penulis asal Amerika Serikat Marc Prensky, generasi di abad 21 ini sangat melek dengan teknologi. Sebagai seorang pendidik, dosen harus lebih proaktif untuk mengimbangi mahasiswanya tersebut. 

Untuk lebih mudah mengajarkan materi yang lebih efektif dan kekinian, dosen bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:

1. Menggunakan materi yang kreatif dan inovatif

Zaman yang serba canggih dan media sosial dimana-mana membuat metode pembelajaran pun semakin berubah secara pasti. Dosen bisa menyajikan materi pembelajaran dengan metode yang lebih canggih melalui media sosial masa kini. 

Dosen bisa memanfaatkan media sosial untuk mengajak mahasiswa berkreasi membahas materi yang diberikan. Selain itu dosen juga bisa menyampaikan materi dengan memanfaatkan teknologi agar pembelajaran yang disampaikan semakin menarik. 

2. Memanfaatkan teknologi dan multimedia

Teknologi yang semakin berkembang akan sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin. Oleh karena itu, dosen zaman now harus menggunakan teknologi yang sedang berkembang pesat. 

Penggunaan platform yang tepat bisa dibilang juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas mengajar dosen. Dosen yang mampu menggunakan platform pembelajaran menarik, maka secara tidak langsung akan meningkatkan semangat belajar para mahasiswanya. 

3. Mengubah paradigma pembelajaran yang lebih simple

Mengajar memang tak mudah seperti yang dibayangkan. Dosen harus menyiapkan materi yang disesuaikan dengan rancangan pembelajaran yang berlaku. 

Dosen diharuskan mampu menyampaikan materi yang berbelit mencari materi yang lebih mudah dicerna oleh mahasiswa. Dengan begitu, mahasiswa akan semakin tertarik belajar lebih dalam tentang mata kuliah tersebut. 

4. Dosen harus sering memanfaatkan tren masa kini

Tak hanya memanfaatkan teknologi yang canggih dan modern, dosen juga harus bisa memanfaatkan tren masa kini. Tren masa kini tersebut bisa menjembatani dosen saat menyampaikan materi kepada para mahasiswanya. 

Beberapa tren masa kini tersebut kemudian bisa disambungkan dengan materi terkait. Sehingga bisa dipastikan mahasiswa bisa menyerap ilmu tersebut dengan baik. 

5. Lebih komunikatif dengan mahasiswa

Meskipun dosen ibarat ketua suku di dalam kelas, namun dosen harus lebih menarik diri ke lingkungan mahasiswa. Dosen bisa mencoba untuk mendekatkan diri dan melakukan interaksi secara berkala kepada mahasiswanya. 

Dengan mendekatkan diri kepada mahasiswa, dosen akan lebih mengerti dan memahami beberapa permasalahan yang mungkin dialami oleh mahasiswa. Terutama dalam kegiatan belajar. Dengan begitu dosen akan lebih mudah membantu menyelesaikan masalah tersebut. 

Baca juga: 7 Skill Yang Harus Dimiliki Dosen Untuk Menjalankan Pembelajaran Daring

Kemampuan mengajar adalah skill wajib yang dimiliki dosen. Namun disamping kemampuan mengajar, dosen juga harus memperhatikan cara mengajar yang efektif dan kekinian. Apalagi mahasiswa yang dihadapi saat ini adalah generasi Gen Z. generasi yang melek dengan kecanggihan teknologi masa kini. 

Mengajar mahasiswa generasi gen Z ini, akan semakin menarik jika dosen memilih platform pembelajaran yang tepat. Platform tersebut setidaknya harus memiliki fitur-fitur yang mendukung mahasiswa untuk bisa belajar dan berdiskusi meskipun secara online. Nah, semua kemudahan pembelajaran seperti itu kini bisa Anda dapatkan hanya di EdLink. Belajar tak akan menyulitkan seperti dulu. 

Bagikan artikel ini

Komentar