7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Mahasiswa • 25 Oct 2021

Millennial, Ini 5 Cara Jitu Pilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Setelah menyelesaikan dunia sekolah menengah atas, pasti para sobat pelajar pada bingung kan mau lanjut di jurusan apa? Dari pada bingung dan resah mau kuliah yang kayak gimana, sebenarnya sih banyak banget lho hal yang bisa kamu perhatikan untuk mendalami keinginan dan potensi yang ada pada dirimu. 

Biar nggak makin bingung gimana sih cara yang tepat untuk kamu lakukan. Yuk simak dulu 5 cara yang bisa kamu lakuin:

1. Lihat potensi pada diri kamu

Hal paling utama ketika kamu memilih jurusan adalah melihat potensi diri kamu. Sesuaikan dengan diri kamu dulu deh mulai dari minat, bakat, serta hal terdalam yang kamu ingin lakukan selama kuliah. 

Jangan lupa ketika kamu sudah melihat potensimu, kamu bisa melakukan diskusi dengan pihak sekolah kamu ya sobat. Kalau nggak gitu kamu bisa minta pencerahan kepada orangtua kamu. 

2. Perhatikan lokasi kampus dan biayanya

Lokasi perguruan tinggi memang sangat berpengaruh dengan kegiatan belajar mengajar kamu. Kamu harus benar-benar memastikan kalau persiapan yang kamu lakukan sudah berjalan dengan baik dan lancar. 

Lokasi yang jauh dari rumah, pasti akan membuat biaya yang kamu keluarkan juga bertambah. Maka nggak heran deh kalau lokasi kuliah dan biaya kuliah ini harus kamu perhatikan dengan baik. 

Baca juga: 7 Kampus Jurusan Desain Produk Terbaik di Indonesia

3. Lakukan riset tentang jurusan impianmu

Jurusan impian memang harus disertai dengan riset kecil-kecilan. Riset ini sangat penting untuk mengetahui seberapa bagaimana kuliahmu di masa yang akan datang. 

Kamu bisa melakukan riset dengan mengunjungi beberapa website kampus atau kamu bisa mengunjungi beberapa platform yang tersedia di layanan internet. 

4. Perhatikan akreditasi jurusan kampus

Akreditasi jurusan yang kamu inginkan juga sangat penting lho untuk kamu ketahui. FYI nih guys jurusan akreditasi ini bakal bantu kamu ketika kamu lulus nanti. Semakin bagus akreditas kampus dan jurusan kamu, maka akan semakin bagus pula kamu bersaing di masa depan. 

5. Lihat prospek karir jurusan tersebut

Memilih jurusan nggak boleh ngasal ya. Kamu harus memilih jurusan dengan prospek karir yang baik di masa depan. Kamu harus memastikan berbagai macam kepastian karir dan pekerjaan yang akan kamu dapatkan di masa depan. Jadi pastikan dulu jurusan yang kamu pilih sebelum mendaftar ya. 

Baca juga: Camaba Wajib Tahu! Inilah 7 Macam Jurusan Desain yang Bisa Dipilih

Jadi gitu guys, cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan jurusan impianmu. Jurusan impian seperti ini bisa kamu teliti dulu sebelum kamu memutuskan masuk ke perguruan tinggi. 

Kalau jurusan udah sesuai sama yang kamu inginkan, yakin deh kuliah kamu juga semakin lancar. Dan ketika lulus pun kamu bakal lebih semangat menyambut masa depan yang lebih cerah. Apalagi nih kalau kamu cek semua jurusan impian kamu di maukuliah.id. Semua informasi seputar jurusan impian, bakal kamu dapatkan di sana lho. Yuk buruan cek!

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×