Berita | Event SEVIMA | Kampus Merdeka

MoU UMT dengan SEVIMA dalam Program Merdeka Kampus Merdeka

SEVIMA.COM –  Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bersama PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA) Surabaya melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman bersama (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tentang Peningkatan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi secara daring pada Senin, 7 Juni 2021.

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Universitas Trunojoyo Madura, Bapak Dr. H. Muh Syarif, M.Si. bersama Dekan Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura, Prof. Rachmad Hidayat, dan Chief Executive Officer (CEO) Sugianto Halim, S.Kom., M.M.T. 

Baca juga: Mata Kuliah Startup Digital Bagian Dari Kampus Merdeka Namun Bersifat Pilihan

Siap Wujudkan Peningkatan Kualitas Pendidikan 

Dr. Muh Syarif, selaku rektor UTM mengungkapkan, bahwa MoU antara SEVIMA dan kampus UTM ini sangat membantu kampus dalam mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan melalui program MBKM.

“Melalui MoU ini, SEVIMA membantu kampus UTM dalam mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan melalui pengembangan program MBKM. Sehingga mahasiswa bisa belajar dengan baik saat melakukan kegiatan pembelajaran di luar kampus ini,” terang Dr. Muh. Syarif. 

Selama ini, kampus UTM mengedepankan kontribusinya di lingkungan sekitar. Untuk itu, kampus UTM berusaha keras membantu lingkungan sekitar dengan memberikan kontribusi dengan baik. 

“Perguruan tinggi tidak berada di menara gading, tapi memfungsikan diri sebagai menara air. Sehingga kedepannya, Kampus UTM mengedepankan kontribusinya di lingkungan sekitar. Untuk itu, kampus UTM berusaha keras membantu lingkungan sekitar dengan memberikan kontribusi dengan baik. ,” ujar Dr. H. Muh Syarif.

Sinergi SEVIMA dan UTM Wujudkan MBKM

Prof. Rachmad, Dekan Fakultas Teknik, mengungkapkan bahwa Universitas Trunojoyo berkomitmen dengan melaksanakan kampus merdeka, serta berterima kasih kepada PT SEVIMA yang telah memberikan kesempatan kerjasama untuk kampus merdeka, bukan hanya untuk mahasiswa tapi untuk dosen dan juga alumni.

“Adanya kerjasama dengan SEVIMA ini, merupakan langkah awal untuk menerapkan program MBKM sesuai anjuran Kemendikbud-Ristek di kampus UTM. Dengan demikian, peningkatan dan pengembangan kompetensi SDM melalui sharing knowledge, dan pengiriman tenaga Instruktur dan pertukaran pelajar bisa terlaksana dengan maksimal,” jelas Prof. Rachmad.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada PT SEVIMA yang telah memberikan kesempatan UTM untuk bekerjasama, kesempatan ini bukan hanya untuk mahasiswa tapi juga dosen dan alumni yang mempunyai kesempatan yang sama untuk terjun dalam dunia kerja” Lanjutnya

Adanya sinergi dari SEVIMA dan UTM ini diharapkan mampu memberikan banyak manfaat baik bagi mahasiswa, dosen dan alumni. 

“Semoga sinergi ini membawa banyak benefit, selain kepada SEVIMA dan UTM, juga kepada mahasiswa, dosen dan alumni. Benefit yang diberikan SEVIMA kepada peserta Program Sevima Internship adalah: 1. Mahasiswa, mendapat gaji Rp. 1.000.000 – 2.000.000, Akomodasi Penginapan, Fasilitas kantor berupa makan siang. 2. Alumni, mendapat gaji  Rp. 2.000.000 – 3.000.000, Akomodasi Penginapan, Fasilitas kantor berupa makan siang. 3. Dosen, mendapat gaji : Rp. 10.000.000 – 15.000.000, Fasilitas kantor berupa makan siang,” tambah Prof. Rachmad.

Program kerjasama antara SEVIMA dan Kampus UTM ini tak hanya seputar kegiatan magang saja, namun SEVIMA dan UTM juga menekankan pada kegiatan ilmiah, seminar lokal, penelitian, rekrutmen tenaga kerja serta kerjasama bidang lain yang relevan. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan mampu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di kampus UTM. 

Baca juga: Penguatan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi (MKWK)

Sinergi SEVIMA dan Kampus UTM dorong ciptakan kader unggul

Sugianto Halim,S.Kom., M.M.T., selaku CEO SEVIMA juga memberikan dukungan dengan adanya MoU ini.  Adanya kerjasama antara kampus UTM dan SEVIMA ini diharapkan mampu membantu UTM dalam mewujudkan mimpi dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran. Selain itu, SEVIMA juga ingin mendorong kampus UTM dalam mewujudkan kader bangsa yang cerdas, berdaya saing, dan berakhlak di kampus UTM. 

“Kerjasama antara kampus UTM dan SEVIMA ini diharapkan mampu membantu UTM dalam mewujudkan mimpi dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran. Selain itu, SEVIMA juga ingin mendorong kampus UTM dalam mewujudkan kader bangsa yang cerdas, berdaya saing, dan berakhlak di kampus UTM,” ungkap Sugianto Halim, M.M.T. 

Acara MoU ini juga dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa magang di SEVIMA secara langsung oleh Rektor Universitas Trunojoyo Madura dan dilanjutkan dengan kegiatan WEBINAR secara virtual yang membahas tentang strategi Perguruan Tinggi di Madura dalam menyukseskan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan keynote speaker Rektor UTM yang langsung ditayangkan di Youtube Channel SEVIMA. 

Bagikan artikel ini

Komentar