5 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Diskusi bersama Pelaporan ke PDDIKTI via Neofeeder 2.3.0 Terbaru Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 28 Dec 2023

Peminat Calon Mahasiswa Banyak, Tapi Susah Jadi Mahasiswa Ini Solusinya

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Persaingan ketat antar perguruan tinggi sering kali membuat resah tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) kampus. Bagaimana tidak? Yang seharusnya mudah menjaring calon mahasiswa baru, ternyata masih ada juga kampus yang belum terpenuhi kuotanya.

Sementara di lapangan, para tim PMB juga sudah melakukan promosi baik menyebarkan brosur, sosialisasi ke berbagai sekolah, hingga menggunakan Ads. Sayangnya, banyak dari perguruan tinggi masih mengeluhkan kuota di kampusnya belum terpenuhi. 

Melihat permasalahan dan kendala itulah, sudah saatnya perguruan tinggi memanfaatkan sistem pendaftaran yang compatible, seperti Customer Relationship Management (CRM). Dengan menggunakan CRM, perguruan tinggi bisa lebih akurat dalam melakukan analisis data calon pendaftar.  

CRM, Strategi Intake Mahasiswa Baru

Konsep CRM (sumber: Ascendix Technologies)

CRM (Customer Relationship Management) kini menjadi tools untuk membuat strategi handal perguruan tinggi khususnya swasta untuk mengambil hati mahasiswa baru. Penggunaan tools CRM ini membantu perguruan tinggi untuk mengkomposisikan dengan sesuai sebenarnya strategi seperti apa yang membuat mahasiswa tertarik untuk mendaftar.

Tanpa CRM, panitia Tim Penerima Mahasiswa Baru (PMB) kesulitan untuk melakukan analisis data terkait calon pendaftar secara akurat. Maka kehadiran CRM mempermudah Tim PMB menemukan strategi dengan data akurat dari calon mahasiswa yang tertarik.

Sebenarnya berapa calon pendaftar yang tertarik? Bagaimana tim dapat mengkonversi “calon” ini dengan strategi yang tepat? Siapa saja calon mahasiswa pendaftar yang dapat di-approach? Pertanyaan ini dapat terjawab dengan menggunakan analisis data dari CRM. Seperti apa proses intake mahasiswa baru?

Bagaimana CRM Dapat Membantu Perguruan Tinggi Mendapatkan Mahasiswa Baru?

Perguruan tinggi memainkan peran kunci dalam menarik mahasiswa baru, dan penggunaan Customer Relationship Management (CRM) telah membuka pintu bagi pendekatan yang lebih efektif dalam hal ini. Berikut adalah cara bagaimana CRM dapat menjadi alat yang sangat berharga bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan jumlah mahasiswa baru:

1. Memperluas Jangkauan Mahasiswa dengan Ads

CRM memungkinkan perguruan tinggi untuk memperluas jangkauan mereka melalui penggunaan iklan yang terarah dan personalisasi. Dengan memanfaatkan data yang dikumpulkan, institusi pendidikan dapat membuat kampanye iklan yang lebih efektif secara demografis dan minat, mencapai calon mahasiswa yang tepat.

2. Kemudahan Identifikasi Data Calon Mahasiswa

Dengan fitur pengumpulan data yang canggih, CRM memungkinkan identifikasi calon mahasiswa potensial dengan lebih efisien. Data seperti minat akademis, latar belakang pendidikan, dan informasi pribadi dapat dikumpulkan dan dianalisis untuk mengidentifikasi calon mahasiswa yang paling cocok.

3. Mendapatkan Potensial Data

CRM mempermudah tim PMB untuk menganalisis data yang memiliki potensial tinggi untuk di-approach. Potensial data ini akan menilai tingkat ketertarikan mahasiswa yang ingin menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. 

4. Kemudahan Approach Mahasiswa Baru

Dengan akses mudah terhadap data calon mahasiswa, CRM memungkinkan perguruan tinggi untuk melakukan pendekatan yang lebih terfokus dan personal. Informasi yang terkumpul membantu dalam menyusun pesan yang relevan dan menyesuaikan interaksi untuk memenuhi kebutuhan individu, meningkatkan peluang penerimaan mahasiswa baru.

5. Menyusun Strategi Marketing yang Tepat

Melalui data yang dikumpulkan CRM, ini menjadi basis tim PMB membuat strategi marketing dengan eksekusi yang tepat. Ini yang membedakan perguruan tinggi yang menggunakan CRM dan konvensional, CRM menggunakan analisis data sedangkan cara konvensional akan berspekulasi berdasarkan perkiraan untuk membuat strategi. 

SEVIMA CRM, Solusi Intake Mahasiswa Baru

Customer Relationship Management

Berdasarkan permasalahan perguruan tinggi yang kesulitan mendapatkan mahasiswa baru, SEVIMA menghadirkan SEVIMA CRM. Melalui CRM ini, tim PMB akan lebih mudah mendata potensial pendaftar yang dapat di-intake menjadi mahasiswa. Tim PMB akan diberikan data kapan terakhir kali calon pendaftar di-approach, seberapa tinggi level prospeknya, dan status prospeknya seperti apa. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat SEVIMA CRM, untuk Akselerasi Admisi Perguruan Tinggi

Dengan mengintegrasikan CRM ke dalam strategi penerimaan mahasiswa, perguruan tinggi dapat meningkatkan efisiensi dan prospek yang lebih tinggi. Bagi Bapak/Ibu yang tertarik mencoba kemudahan SEVIMA CRM, dapat langsung menghubungi Tim SEVIMA

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

Artikel Sebelumnya Apa itu RPL? Pengertian, Jenis, Syarat, Prinsip, Tahapan & Implementasinya di Perguruan Tinggi Artikel Selanjutnya Webinar: Mengenal Sinergi Kurikulum dan MBKM Mandiri di Tahun 2024
×