support@sevima.com

 +62 31 8722719


Aplikasi Online Info Sentra Vidya Utama Teknologi 

Penerapan Teknologi VPS atau Cloud Computing di Perguruan Tinggi

 

adminweb

 

22 Agustus 2016

SEVIMA.COM – Tak dapat dipungkiri bahwa penggunaan Teknologi Informasi di Indonesia terus berkembang. Pemanfaatannya pun telah dilakukan di berbagai bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Di level Perguruan Tinggi misalnya teknologi informasi diyakini dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Oleh karena itu para pemimpin universitas atau institusi pendidikan selalu berusaha agar Teknologi Informasi bisa diimplementasikan di kampusnya.

Namun, tak dapat dipungkiri pula bahwa penggunaan teknologi informasi membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Tidak semua universitas atau institusi pendidikan mampu membangun infrastruktur TI yang memadai. Alasan utama yang sering diungkapkan adalah masalah dana. Oleh karena untuk mengatasi permasalahan ini, kita harus melakukan berbagai inovasi yang bisa menjadi solusi sehingga proses pendidikan berjalan ke arah yang lebih baik dan menghasilkan kualitas pendidikan yang bermutu.

Teknologi VPS (Virtual Private Server) atau Cloud Computing adalah solusi paling ekonomis bagi univerisitas untuk melakukan implementasi Teknologi Informasi, demi meningkatkan kualitas pendidikan.

Baca juga : Apa itu VPS (Virtual Private Server)?

Implementasi Teknologi Informasi memang sudah terbukti telah memberikan banyak manfaat kepada civitas akedemik, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan efisiensi kerja karyawan dan birokrasi kampus, mengurus KRS misalnya tidak lagi dilakukan secara manual yang sungguh merepotkan. Mungkin Anda yang dulu merasakan mengisi KRS secara offline merasakan bagaimana repotnya berinteraksi dengan pegawai, meminta tanda tangan dari satu ruangan ke ruangan lainnya, sehingga pengisian KRS satu lembar saja memakan waktu berhari-hari lamanya. Namun itu semua sudah tidak dirasakan lagi dengan adanya pemanfaatan Teknologi VPS (Virtual Private Server) atau Cloud Computing server yang lebih baik.
  2. Mengurangi beban mahasiswa baik secara ekonomi maupun mental. Intinya memang memudahkan semua pihak. Efisiensi biaya lebih tinggi. Dengan cukup duduk di dalam kamar di depan laptop, Anda sudah bisa mengisi kartu rencana studi. Tidak perlu ke kampus yang tentunya akan mengeluarkan biaya yang lebih. Petugas kampus pun lebih simple melihat data yang masuk.
  3. Melakukan perubahan pun lebih mudah karena dilakukan secara online. Biasanya jika ingin melakukan perubahan pengisian terhadap KRS misalnya, dibuat jadwal khusus yang juga akan membuat mahasiswa repot kesana kemari mencari dosen lalu meminta tanda tangan petugas dan sebagainya, belum lagi jika petugas tidak ada di tempat. Resiko terlambat akan terjadi dan mahasiswa biasanya akan jadi korban kena marah petugas. Inilah hal konvensional yang bisa dihapuskan dengan adanya system KRS online yang menggunakan teknologi cloud computing Indonesia.
  4. System online pada kegiatan akademik membuktikan sebuah universitas telah mampu dikelola berbasis IT sehingga membuktikan bahwa universitas bersangkutan telah siap bersaing secara global dalam hal teknologi. Dengan adanya teknologi yang lebih baik diharapkan kegiatan belajar mengajar di kampus akan lebih efisien lagi dan hasilnya para mahasiswa bisa mendapatkan hasil akademik yang lebih baik.
  5. System akademik online juga mengurangi anggaran biaya universitas, bisa lebih berhemat tentunya dan para karyawan pun bisa lebih bersantai dengan tugas-tugasnya.

Semoga ulasan diatas dapat menjadi bahan pertimbangan anda untuk memilih layanan yang berkualitas.

SEVIMA telah berpengalaman dalam membuat aplikasi Sistem Informasi Management yang terintegrasi dengan pembayaran Host to Host maupun Aplikasi Sistem Informasi berbasis Mobile. Anda tidak perlu ragu untuk mempercayakan pembuatan Sistem Informasi Akademik anda kepada kami. Hubungi kami di : (031) 8722719 atau bisa lewat email: support@sevima.com . Jika menurut anda artikel ini bermanfaat jangan lupa dibagikan ya..

Sevima : Take IT Easy

Baca juga:

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami