Event SEVIMA | Tips & Trik

Penerimaan Mahasiswa Baru: Tips, Cara Promosi, dan yang Dihindari

SEVIMA.COM– Penerimaan Mahasiswa Baru atau kerap disebut sebagai (PMB) merupakan sebuah langkah awal kampus menjaring mahasiswa baru terbaik. Namun, penerimaan mahasiswa baru tak selamanya berjalan mulus. Perguruan tinggi sendiri terkadang masih merasa kesulitan bagaimana menciptakan proses PMB yang tepat. 

Agar tidak kesulitan melakukan proses penerimaan mahasiswa baru ini, berikut kami ulas beberapa tips, cara promosi, dan apa yang harus dihindari oleh perguruan tinggi saat melakukan proses PMB ini. 

Proses Penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi

A. Tips PMB di perguruan tinggi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan persiapan PMB. Beberapa di antaranya:

1. Proses PMB harus diperbaiki

PMB di sebuah perguruan tinggi harus dikemas dengan menarik. Ini bertujuan agar calon mahasiswa baru melirik kampus yang akan dituju. Untuk itu, setiap perguruan tinggi harus memperbaiki proses PMB yang ada di kampusnya. Perbaikan ini dimulai dari melakukan perbaikan alur PMB yang lebih mudah dan tepat. 

Salah inovasi terbaru agar proses PMB bisa berjalan lancar dengan menggunakan sistem One Day Service. Yang mana semua mahasiswa bisa merasakan kemudahan dalam saat masuk ke perguruan tinggi impian. Sementara kampus pun juga tak akan kehilangan mahasiswanya. 

2. Kampus menyediakan program baru yang menarik

Program baru yang cukup menarik rupanya juga sangat berpengaruh dengan keberlangsungan PMB di kampus. Mahasiswa baru akan jauh lebih tertarik dengan program-program yang disediakan oleh kampus.

Adapun program kreatif tersebut misalnya jalur undangan, jalur prestasi, dan juga jalur tes tulis. Nah jalur seperti inilah yang akan membantu perguruan tinggi lebih banyak menjaring mahasiswa baru. 

3. Memberikan gambaran mengenai talent mapping 

Mahasiswa baru akan semakin mantap masuk ke perguruan tinggi dan jurusan impian apabila sudah memiliki gambaran yang jelas terkait jurusan yang diinginkan. Talent maping ini setidaknya harus dipersiapkan perguruan tinggi guna membantu calon mahasiswa mengetahui future career yang dimiliki. 

Kampus harus benar-benar meyakinkan bagaiamana mahasiswa tersebut bisa mendapatkan kejelasan karir setelah lulus nanti. Terutama terkait dengan skill yang dimiliki oleh mahasiswa. 

B. Apa yang harus dihindari dan dilakukan?

Agar perguruan tinggi bisa mendapatkan mahasiswa dengan jumlah dan kualitas sesuai target, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Kampus tidak melakukan kampanye dengan metode yang konvensional. 
  2. Panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dipersiapkan dengan baik.
  3. Perguruan tinggi tidak memperbaiki sistem penerimaan baru dengan baik. 

C. Bagaimana cara promosi yang tepat?

Agar perguruan tinggi bisa mendapatkan jumlah mahasiswa yang optimal, maka harus memiliki jurus jitu agar promosi tersebut bisa berjalan dengan lancar. Nah, berikut adalah dua hal yang bisa membantu kampus melakukan promosi dengan tepat. 

1. Gandeng alumni untuk promosi

Alumni merupakan salah satu komponen penting dalam proses PMB. Jika alumni puas dengan apa yang dilakukan selama di kampus, maka secara tidak langsung akan menaikkan peminat di kampus tersebut. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa alumni merupakan senjata marketing terbaik yang dimiliki kampus.  

2. Gunakan media sosial 

Media sosial di era serba digital seperti ini menjadi komponen yang sangat penting. Menggunakan media sosial, perguruan tinggi bisa meningkatkan jumlah mahasiswa. Kampus bisa memanfaatkan semua fitur yang tersedia di media sosial untuk melakukan promosi. 

Nah, agar kampus Anda memiliki persiapan yang cukup matang dalam penerimaan mahasiswa baru, maka Anda harus memiliki taktik terbaik yang harus dilakukan. Untuk menunjang persiapan Anda dalam melaksanakan PMB, Anda bisa mengikuti Sharing Class mengenai strategi peningkatan intake mahasiswa baru bersama narasumber terbaik, yaitu Qausya Faviandhani, S.E., M.M. Beliau adalah seorang dosen sekaligus direktur marketing Universitas Narotama Surabaya. Acara tersebut akan berlangsung pada tanggal 20 Januari 2023 mendatang pada pukul 14.00 WIB. Yuk buruan daftar!

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar