Lomba Artikel

Pengalaman Menggunakan Platform SEVIMA

Penulis: HASIM AS`ARI, S.Kom.
Kampus: STIKES Banyuwangi

Di ujung timur Pulau Jawa, perguruan tinggi kami berada yang berdiri sejak 1994 yang dahulu dikenal dengan Akper Blambangan. Mulai tanggal 06 September 2006 beralih bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi atau disebut STIKES Banyuwangi dengan mengantongi SK Pendirian 193/D/O/2006.

Ketika kami masuk bergabung menjadi keluarga besar Civitas Akademika Sekolah Tinggi Banyuwangi pada tahun 2007 proses operasional perkuliahan kami masih manual sekali. Mulai dari PMB, KRS, jadwal perkuliahan, KHS, pembimbingan akademik ataupun pembimbingan tugas akhir hingga daftar yudisium wisuda masih menggunakan metode pencatatan dari Buku dan Dokumen Office pada umumnya.

Seiring waktu berjalan kampus kami berpindah lokasi tidak jauh dari tempat lama yaitu sekitar sejauh 700 meteran pada saat itu tahun 2010 kami mulai berbenah, mulai dari sarana dan prasarana seperti tanah seluas kurang lebih 3 hektar sehingga kami sudah tidak menyewa lagi ke pemerintah daerah Banyuwangi, kemudian membangun Gedung perkuliahan, Masjid, Asrama, Laboratorium, Perpustakaan, Stikes Mart, Alhamdulillah yang terakhir ini Klinik STIKES Banyuwangi.

Selain kami membangun fisik tak lupa kami membangun non fisik seperti menanamkan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Perangkat Lunak yang menunjang proses perkuliahan dan Akademik. Seiring berjalan tepatnya tahun 2012 kami memulai untuk menggunakan Aplikasi yang menunjang Manajemen akademik salah satunya yaitu siakad atau Sistem informasi akademik. Yang tadinya KRS kami cetak manual sekarang sudah diserahkan dari Mahasiswa sendiri

Tawaran-tawaran aplikasi siakad mulai kami cari sehingga kami memilih tawaran siakad dari vendor dari salah satu perusahaan IT di Jawa Timur, Alhamdulillah hampir 4 tahun Regulasi terkait pelaporan mulai diterapkan yang dahulu menggunakan Epsbed atau sering disebut layar biru yang penginputannya manual dirubah menjadi Feeder. Dengan regulasi baru otomatis kami menanyakan pihak vendor apakah kedepan bisa secara otomatis bisa syncron artinya tidak perlu input dua kali. Pihak vendor meyakinkan kami bisa ternyata setelah tahun ke 5 masih belum bisa syncron.

Pada tahun 2018 kami pun mencari lagi vendor yang bisa mengatasi masalah kami. Alhamdulillah kami berpindah ke vendor yang ke 2 yang awalnya menjanjikan hal yang sama yaitu bisa syncron ke feeder ternyata belum bisa juga.

Kami mencoba browsing ke internet cari aplikasi siakad yang bisa syncron feeder. Alhamdulillah qodarullahu dapat informasi dari Facebook pelatihan Go Feeder di Surabaya yang diadakan oleh SEVIMA. Segera kami ajukan undangan itu kepada pimpinan. Alhamdulillah kami ditugaskan ikut acara tersebut 2 (dua) team BAAK saya dengan teman saya.

Pada acara pelatihan Go Feeder itu kami mulai terbuka tentang aplikasi siakad yang bisa tersyncron ke feeder. Alhamdulillah kami pun pada saat itu mendapatkan bingkisan istimewa selain buah tangan dari sevima perguruan kami pun mendapatkan vocher senilai 2 juta rupiah dengan percobaan penggunaan server yang diinstall aplikasi Go Feeder

Alhamdulillah kami segera menyampaikan berita baik itu kepimpinan tidak berfikir Panjang lagi kami memutukan menggunakan sevima yang dimulai langsung kami memilih paket Siakadcloud yang Platinum dengan kapasitas mahasiswa kurang dari 1.000. pada waktu itu pertengan semester 2019 kami segera migrasikan data kami dari siakad lama ke SIakadcloud kami kontrak 2 tahun dengan paket platinum

Belum sampai 2 tahun perguruan kami pun mulai mengembangankan sayapnya dengan menambah program studi sebanyak 4 prodi yaitu : S1 Gizi, D4 TLM, S1 Kebidanan dan Profesi Pendidikan Bidan dengan bertambahnya prodi tersebut maka kami upgrade paket menjadi Gold dengan penambahan modul Kepegawaian, Kemahasiswaan, CBT dan Bonus Akreditasicloud 1 tahun.

Berjalan 1 tahun pandemi datang merubah semua tatanan yang tadinya perkuliahan diadakan Luring pemerintah memutuskan untuk mengadakan kelas daring, dengan kebutuhan tersebut kami putuskan untuk meningkatkan penggunaan LMS yang dimiliki sevima yaitu Edlink Alhamdulillah sudah terintegrasi SPADA Indonesia.

Alhamdulillah sebelum menggunakan aplikasi siakadcloud Sevima pelaporan kami ada yang belum bisa mencapai 100% dan sering diundang LLDIKTI 7 acara Workshop data Cleansing sekarang PT kami sudah tidak dapat undangan tersebut.

Terima kasih banyak Sevima Siakadcloud #revolutionizeEducation semoga selalu terdepan teknologi Pendidikan dan semoga Berkah

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar