Lomba Artikel

Penggunaan LMS Edlink di Sekolah Tinggi Manajemen IPMI dalam Menghadapi Era Digitalisasi 

Penulis: Septi Pebriyanti

Sekolah Tinggi Manajemen Ipmi (IPMI)

Pandemi Covid-19 tahun 2020 yang menyebar luas di hampir seluruh dunia ternyata mempengaruhi perubahan iklim ke arah yang baik dan menimbulkan suatu tren baru terkait transformasi digital. Hal ini juga dirasakan di Indonesia ditandai dengan, banyaknya perusahaan yang mulai mengadopsi sistem digitalisasi dalam menjalankan keberlangsungan usahanya. 

Dunia pendidikan pun tidak lepas dari transformasi digital. Indonesia dengan lebih dari 60 juta peserta didik dari semua jenjang pendidikan melakukan pembelajaran dari rumah karena efek pandemi Covid-19 yang membatasi kontak sosial. Aktivitas belajar tatap muka digantikan dengan pembelajaran via platform online seperti Google Meeting ataupun Zoom. Angka pengguna internet di Indonesia pun meningkat drastis akibat adanya perubahan dari aktivitas secara langsung menjadi virtual melalui video conference

Selain penggunaan video conference dan berbagai aplikasi online meeting, banyak lembaga pendidikan maupun perusahaan menggunakan Learning Management System atau biasa disebut dengan LMS untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Kenapa? Karena LMS dapat membantu proses kegiatan belajar-mengajar lebih menyenangkan, praktis dan fleksibel.

E-learning dengan menggunakan LMS adalah salah satu kunci efektifitas dan kemudahan bagi beberapa bidang usaha, salah satunya bagi perusahaan yang menjual jasa pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkonsentrasi dalam pengasahan soft skill ataupun perusahaan yang memiliki program Learning and Development (L&D) bagi karyawan internal dalam perusahaan tersebut.

Namun, bagi kita yang belum terbiasa dengan penggunaan online tools seperti LMS pasti awalnya akan merasa sulit untuk beradaptasi, mengikuti perkembangan digital yang melesat begitu cepat. Tapi hal ini tidak bisa menjadi alasan untuk kita berdiam dan mengeluh menghadapi tantangan digital yang sudah di depan mata. “Transform or die!” Sebuah ungkapan yang amat tepat untuk kita agar tetap bergerak mengikuti tantangan digital, mencari solusi dari segala masalah yang sedang dihadapi. 

Sedangkan dalam dunia pendidikan, menurut data Dirjen Dikti pada tahun 2020, sebanyak 97% perguruan tinggi di Indonesia sudah menggunakan E-learning dalam pembelajaran. Hal ini tentu membuka mata kita bahwa era digitalisasi dan E-learning sudah tidak bisa dihindari lagi. 

Salah satu lembaga pendidikan yang sudah mengadopsi LMS sebagai platform pembelajarannya adalah IPMI International Business School, seperti namanya salah satu pelopor sekolah bisnis di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1984 ini telah menggunakan LMS Edlink untuk proses kegiatan belajar-mengajar para mahasiswa dan dosen. 

Namun, selain untuk para mahasiswa dan dosen, IPMI juga menggunakan LMS Edlink untuk keperluan kelas umum yang diselenggarakan oleh IPMI Executive Education. IPMI Executive Education merupakan salah satu divisi yang memberikan training untuk keperluan korporat ataupun individu. LMS Edlink sangat membantu memperlancar proses kegiatan online training selama pandemi. Dikarenakan pandemi yang masih belum berkesudahan, online training masih menjadi fokus utama bagi IPMI Executive Education sebagai pihak penyelenggara maupun dari pihak perusahaan yang akan mengadakan training upaya mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu online training memiliki banyak kelebihan dari segi biaya pelatihan, fleksibilitas dan dapat memangkas jarak ribuan kilometer.

Salah satu online training yang IPMI Executive Education selenggarakan yaitu Pelatihan Sumber Daya Manusia Level Manager Sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang berlangsung selama 3 Bulan. Pada saat itu IPMI menggunakan LMS Edlink sebagai tools untuk mengerjakan quiz, absensi, mengunduh materi hingga mengumpulkan tugas selama proses pelatihan berlangsung.

(Tampilan menu LMS Edlink untuk mengerjakan quiz menggunakan mobile phone)

Berikut merupakan salah satu video tutorial penggunaan LMS Edlink yang IPMI Executive Education telah buat agar mempermudah untuk melakukan pembelajaran secara online.

https://drive.google.com/drive/folders/1VWWTuuWDrLa-jjErupd_3S4Ntypz8ZKU?usp=sharing

E-learning dan penggunaan LMS dapat menjadi langkah awal digitalisasi kampus menuju world class university mengingat sistem belajar yang fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Manfaat menggunakan LMS juga memungkinkan kita merencanakan pelatihan, memonitor proses belajar serta membuat laporan pembelajaran menjadi lebih mudah dan cepat.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar