Dunia Akademik | Dunia Dosen | Dunia Kampus

Peran Dosen Pembimbing Skripsi untuk Mahasiswa

SEVIMA.COM – Apa sih peran dosen pembimbing skripsi? Tentunya peran pembimbing skripsi tidak dapat kamu remehkan ya, tetapi sebelum menjelaskan peran dosen pembimbing. yuk kita bahasa definisi dari seorang dosen pembimbing.

Dosen Pembimbing skripsi adalah adalah Seorang dosen tetap pada perguruan tinggi tertentu yang diberi tugas (biasanya ada surat tugas dan surat keputusan dari pimpinan fakultas atau pimpinan program studi) untuk membimbing skripsi mahasiswa dengan hak dan kewajiban tertentu.

Dan Biasanya Mengenai Aturan berapa banyak jumlah pembimbing skripsi yang akan membantu kamu mengerjakan skripsi itu disesuaikan dengan kebijakan kampus. Ada yang satu pembimbing dan ada yang juga yang menugaskan dua pembimbing skripsi pada setiap mahasiswa, tergantung kebijakan kampus.

Baca juga: Buat Dosen, Ini 5 Tips Bimbingan Mahasiswa Tugas Akhir Selama WFH

Lalu, apa saja sih peran dosen pembimbing skripsi untuk mahasiswa?

Peran dosen pembimbing (dosbing) skripsi sangat penting untuk menjadikan kualitas penelitian kamu lebih baik dengan metode yang tepat. Walaupun berbeda tiap kampus, namun tidak jauh dari beberapa tugas ini. Berikut beberapa perasa dosen pembimbing skripsi untuk mahasiswa.

1. Selalu Mendukung mahasiswa yang sedang skripsi untuk lulus skripsi tepat waktu.

Tentunya seorang dosen pembimbing memiliki strategi khusus agar kamu lulus tepat waktu dalam mengerjakan skripsi dan tentunya strateginya kamu harus patuhi ya..

2. Membimbing mahasiswa dalam menentukan judul, topik penelitian, format penulisan dan lainnya.

Dosen pembimbing yang baiknya biasanya membimbing kamu dengan berbagai aspek, dan tidak melepaskan kamu sendiri begitu saja

3. Memberikan arahan kepada mahasiswa apabila ada kesalahan dalam menulis skripsi

Dosen pembimbing yang baik, tentunya akan memberi tahu dan mengarahkan apabila kamu salah dalam mengerjakan skripsi, dan tidak mendiamkannya.

Baca juga: Peranan Dosen Wali atau Pembimbing Akademik Untuk Mahasiswa

4. Menyediakan dan meluangkan waktu untuk membimbing mahasiswa

Pembimbing skripsi harus menyediakan waktu untuk mahasiswa bimbingannya, dan sebaiknya membuat jadwal khusus. tentunya yang harus diperhatikan teman-teman mahasiswa dosen pembimbing tidak setiap saat bisa membimbing kamu ya..

5. Dalam sidang skripsi, membantu menjelaskan kepada penguji lain tentang skripsi mahasiswa (jika diperlukan)

ada saatnya ketika sidang skripsi, dosen pembimbing membantu kamu untuk menjelaskan skripsi kamu kepada dosen penguji lain, tentunya tidak setiap saat ya..

6. Memberi nilai kepada mahasiswa saat sidang skripsi

Dan Dosen pembimbing dapat membantu menaikkan nilai seorang mahasiswa bimbingannya, walaupun secara presentasi nilai dosen pembimbing tidak besar

7. Kalau ada 2 pembimbing : pembimbing satu fokus pada konten dan pembimbing 2 pada format penulisan. Namun terkadang keduanya juga memberikan masukan terkait konten juga.

8. Mendidik secara tidak langsung kepada mahasiswa yaitu disiplin dan bertanggung jawab.

Dan menjadikan mahasiswa itu disiplin dan bertanggung jawab, merupakan salah satu peran dosen pembimbing

Itulah pembahasan terkait peran dosen pembimbing, mudah-mudahan bermanfaat buat teman-teman semua. Walaupun ada perbedaan di beberapa perguruan tinggi tapi tujuannya tetap sama. Nah, perlu diketahui, sekarang di siAkad Cloud sudah ada fitur bimbingan skripsi online, jadi dosen dan mahasiswa bisa melakukan bimbingan akademik tanpa harus bertemu dan bisa dilakukan dengan mudah.

Tutorialnya bisa cek disini:

Bagikan artikel ini

Komentar