Lomba Artikel

Peran Humas Kampus dalam Memanfaatkan Media Sosial di Era Digital

Penulis: Ns. Biji Bintang Habibitasari, S.Kep
Dosen Kampus : STIKES Banyuwangi

Era digital merupakan sebuah kondisi kehidupan yang didalam proses perjalanan aktivitasnya didukung dengan kecanggihan teknologi, sehingga kegiatan yang dilakukan semakin mudah. Kehadiran era digital dinilai mampu merubah bahkan menggantikan beberapa teknologi di masa dulu menjadi lebih update dan modern. Teknologi digital ini sendiri merupakan teknologi yang menggunakan komputerisasi yang harus dihubungkan dengan Internet.

Perkembangan itu diawali dengan adanya perkembangan komputer yang lambat laun semakin beragam spesifikasinya. Berlanjut dengan munculnya internet yang memberikan masyarakat mudah untuk mengakses sebuah informasi yang dibutuhkan. Perkembangan internet semakin berkembang pesat, ketika teknologi internet bisa diakses masyarakat melalui perangkat elektronik mobile atau telepon genggam.

Perangkat yang sering dikenal dengan sebutan telepon pintar atau gawai ini penggunaanya juga semakin populer, banyak perusahaan elektronik berlomba-lomba mengeluarkan produk gawai. Fitur-fitur canggih yang serba digital akhirnya bermunculan, salah satunya adalah media sosial.

Media sosial merupakan platform online yang membuat penggunanya dengan mudah berinteraksi, berpartisipasi dan menciptakan ide. Media sosial didefinisikan sebagai sekelompok aplikasi yang berbasis internet. Jenis-jenis media sosial yang populer dikalangan masyarakat Indonesia seperti instagram, facebook, youtube, twitter, Tik-Tok dan sebagainya. 

Aplikasi yang menawarkan beragam fitur serta manfaat menjadikan media sosial banyak digandrungi oleh masyarakat. Pengguna aktif media sosial di Indonesia sendiri telah mencapai 191 juta orang, salah satunya adalah Perguruan Tinggi Stikes Banyuwangi. Stikes Banyuwangi merupakan salah satu perguruan tinggi kesehatan swasta yang memanfaatkan media sosial sebagai salah satu bentuk pelayanan yang diberikan kepada pengguna Stikes Banyuwangi. Dalam hal ini, pengguna yang dimaksud adalah mahasiswa, dosen, karyawan, mitra kerja dan alumni. 

Media sosial Stikes Banyuwangi dikelola oleh humas (hubungan masyarakat). Dalam kesehariannya, humas tidak hanya bertugas untuk berinteraksi menjalin kerjasama yang baik dengan pihak internal, melainkan juga bertugas untuk melakukan kegiatan dengan sasaran pihak eksternal. 

Peran Humas Kampus dalam Memanfaatkan Media Sosial di Era Digital

Dikondisi era digital ini, media sosial menjadi salah satu alat yang sangat membantu humas dalam melaksanakan tugasnya, khususnya humas Stikes Banyuwangi. Berikut adalah peran humas Stikes Banyuwangi dalam memanfaatkan media sosial di era digital:

1. Membentuk Citra Lembaga

Adanya teknologi digital yang semakin canggih, dimanfaatkan oleh humas untuk membentuk citra lembaga. Bentuk kegiatan yang dilakukan yakni membuat sebuah tayangan video profil yang mewakilkan gambaran dari Stikes Banyuwangi. Dengan melibatkan unsur-unsur yang ada didalamnya, video tersebut kemudian diunggah pada platfrom beragam media sosial yang dimiliki. Sehingga, ketika masyarakat menonton video tersebut akan tertanam gambaran besar tentang apa saja mengenai Stikes Banyuwangi sekaligus membentuk opini yang baik dimata masyarakat.

Video Profil Stikes Banyuwangi yang diunggah di kanal Youtube SBTV STIKES BANYUWANGI from: youtube.com

2. Melakukan Promosi Lembaga

Humas, termasuk humas Stikes Banyuwangi juga memiliki tugas untuk melakukan promosi produk yang dijual, dalam hal ini kaitannya dengan mempromosikan Stikes Banyuwangi untuk mencari pendaftar atau mahasiswa baru. Adanya media sosial di era yang serba digital ini, sangat membantu humas untuk memberikan informasi mengenai penyebaran brosur pendaftaran mahasiswa baru.

Beragam konten-konten yang berkaitan dengan sistem penerimaan mahasiswa baru seperti poster, video, foto dan lainnya dengan mudah sampai kepada target. Bahkan humas Stikes Banyuwangi juga memanfaatkan fitur iklan di media sosial guna meningkatkan daya minat para pendaftar. Hal ini dilakukan mengingat sasaran Stikes Banyuwangi adalah kalangan remaja para siswa yang mayoritas adalah pengguna media sosial.

Postingan Informasi Pendaftaran Stikes Banyuwangi di Instagram from: instagram.com/stikesbanyuwangi

3. Pintu Informasi

Tugas humas Stikes Banyuwangi yang lain dalam kesehariannya adalah sebagai komunikator, dimana humas menjadi pintu untuk memberikan informasi ataupun menerima informasi. Contohnya yaitu memberikan informasi lowongan pekerjaan yang masuk ke Stikes Banyuwangi untuk alumni. Kini humas tidak perlu lagi menghubungi masing-masing alumni untuk menyebarkan informasi tersebut, karena dengan adanya media sosial humas dapat memanfaatkannya. Tidak hanya diunggah di website kampus saja, namun juga disebarluaskan melalui platform chat seperti whatsapp dan telegram.

Humas juga bisa menerima informasi yang didapat dari media sosialnya, dimana informasi tersebut dapat berupa pemberitahuan ataupun opini masyarakat yang ingin disampaikan kepada lembaga. Disini humas bertugas sebagai penghubung yang akan menginformasikan opini tersebut kepada tujuan yang dimaksut.

4. Melakukan Publikasi

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh Stikes Banyuwangi telah menjadi tanggung jawab humas untuk melakukan publikasi. Tujuannya adalah untuk membentuk citra baik lembaga kepada masyarakat, sehingga muncul rasa kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan Stikes Banyuwangi.

5. Konseling

Media sosial yang dimiliki Stikes Banyuwangi bersifat terbuka, artinya siapapun dapat berinteraksi di dalamnya, seperti berkomentar ataupun mengajukan pertanyaan. Tugas humas dalam hal ini yaitu menanggapi dengan baik dan memberikan feedback kepada setiap pertanyaan yang diajukan. Adanya interaksi tanya jawab seputar Stikes Banyuwangi menjadikan humas memiliki peran sebagai konselor bagi masyarakat. 

6. Menjalin Hubungan dengan Media Lain

Di dalam penggunaan media sosial, setiap akun akan dapat berinteraksi dengan media yang lain. Hal ini dimaksudkan untuk menjalin hubungan yang bermanfaat di antara kedua pihak. Seperti contoh, akun instagram Stikes Banyuwangi juga mengikuti akun instagram Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Tujuannya agar Stikes Banyuwangi dapat mengetahui informasi terkini tentang Kabupaten Banyuwangi, bahkan di setiap kegiatan yang dipublikasikan di media sosial juga akan dihubungkan ke media sosial pemerintah dengan cara menandai di postingan. Selain sebagai bentuk laporan kegiatan, media sosial pemerintah akan melakukan postingan ulang di akunnya untuk membantu mempromosikan Stikes Banyuwangi.

7. Teknisi Admin Media Sosial

Karena humas bertanggung jawab dengan beragam bentuk publikasi di media sosial, maka humas juga berperan sebagai teknisi admin media sosial yang dimiliki. Humas bertugas untuk mengunggah konten yang perlu untuk dipertontonkan kepada masyarakat, sekaligus menjadi filter atau penyaring kelayakan konten yang akan diunggah. Selain humas, konten-konten Stikes Banyuwangi juga dibuat oleh mahasiswa atau karyawan. Agar isi kontennya sesuai dengan aturan yang berlaku, humas memiliki wewenang untuk melakukan penyaringan isi konten sebelum dipublikasikan kepada masyarakat.

Adanya perkembangan teknologi digital tidak hanya memberikan banyak peluang dan tantangan, namun juga ancaman bagi sebuah instansi pendidikan perguruan tinggi. Seperti masuknya perguruan tinggi luar negeri yang dapat menarik daya minat sasaran untuk bergabung dengan lembaga tersebut. Perkuliahan yang bisa ditempuh dengan online, bisa menjadi iming-iming tersendiri.

Maka dari itu, peran humas dalam mengikuti perkembangan di era teknologi digital ini diharapkan dapat membantu lembaga dalam berkembang dan semakin melek teknologi. Sehingga, perguruan tinggi tersebut mampu menjadi kampus yang berbasis digital dan bersaing di kancah dunia menuju World Class University.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar