Aplikasi Online | siAkad Cloud | Teknologi

Perguruan Tinggi Bisa Lebih Hemat Lewat Teknologi Cloud

SEVIMA.COM – Untuk membentuk suatu perguruan tinggi yang berkompeten, sebuah perguruan tinggi harus mengelola sistem manajemen kampus dengan baik. Agar terciptanya pengelolaan yang baik, kampus harus menyiapkan sistem kelola manajemen kampus dengan strategi khusus.  

Salah satunya bisa juga dengan menggunakan teknologi komputasi awan atau yang biasa dikenal dengan Cloud. Cloud merupakan teknologi komputasi dengan pengembangan berbasis internet yang bisa memberikan kemudahan kepada para pengguna. 

Dengan menggunakan sistem cloud, para pengguna bisa merasakan sensasi menjelajah aplikasi  berbasis internet. Tanpa melakukan instal ulang, pengguna sudah bisa melakukan akses di sistem cloud ini. Sehingga bisa dipastikan jika penggunaan Cloud ini sangat ringan di ongkos. Terlebih perawatannya juga sangat lebih mudah, ketibang dengan menggunakan aplikasi maupun perangkat lainnya. 

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan LMS Berbasis Cloud

Kenapa lebih hemat menggunakan Cloud untuk perguruan tinggi?

Biasanya, ketika kampus Anda menggunakan aplikasi ataupun perangkat untuk mengelola sistem informasi, pasti akan membutuhkan banyak bantuan perawatan khusus. Pihak kampus tak perlu melakukan perawatan ekstra jika terjadi maintenance pada sistem. 

Selain itu, jika dibandingkan antara menggunakan software sistem cloud dan desktop bisa dipastikan bahwa software dengan sistem cloud bisa lebih hemat hingga 5 kali lipat. Maka bisa dipastikan bahwa anggaran dana untuk perawatannya bisa dipangkas dengan menggunakan sistem cloud ini. 

Baca juga: siAkad Cloud Siap Adaptasi Kebijakan Kampus Merdeka

Kenapa harus menggunakan Cloud untuk mengelola sistem manajemen kampus di perguruan tinggi?

Seperti yang diketahui, penggunaan Cloud dalam sistem manajemen kampus merupakan salah satu terobosan terbaru. Banyak sekali manfaat yang didapat bila menggunakan Cloud dalam sistem kampus, antara lain:

1. Kemudahan Akses

Sistem cloud merupakan salah satu layanan yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Hanya menghubungkan dengan internet saja, para pengguna sudah bisa mengaksesnya. 

2. Lebih Fleksibel

Sebagian perguruan tinggi yang masih belum besar, sistem layanan berbasis cloud ini sangat cocok untuk digunakan. Bagaimana tidak, kesulitan kampus dalam melakukan pengembangan bandwidth bisa diatasi dengan sangat mudah. 

Dengan menggunakan layanan sistem cloud, kampus tak perlu lagi untuk melakukan perawatan bandwidth. Hanya dengan melakukan upgrade paket saja, kampus sudah bisa menikmati kemudahan untuk mengakses layanan sistem informasi akademik. 

3. Lebih Aman

Dari segi keamanan, layanan cloud tidak perlu diragukan lagi. Sistem layanan cloud sudah dilengkapi dengan sekuritas data dengan kualitas bagu. 

Hanya pengguna layanan saja yang bisa mengakses dan membuka sistem cloud ini. Bisa dibayangkan kan, data yang Anda miliki lebih terkontrol keamananya. 

Apa saja jenis layanan cloud?

1. Infrastructure as a Service (IaaS)

Jenis layanan ini merupakan layanan cloud dengan menyediakan sewa sumberdaya teknologi. Seperti  media penyimpanan, sistem operasi, processing power dan kapasitas jaringan lainnya. Sistem layanan ini lebih fokus pada level mikro yang mana sebagian besar pengguna layanan ini harus memiliki jaminan tentang sistem agar bisa berjalan dengan aman, stabil, dan lancar. 

2. Platform as a Service (Paas)

Layanan cloud yang satu ini merupakan layanan cloud provider yang menyediakan berbagai macam platform yang siap digunakan. Sehingga, pihak penyedia lah yang bertanggung jawab untuk membuat platform tersebut. 

3. Software as a Service (SaaS)

Sedangkan layanan SaaS merupakan layanan cloud yang mengacu pada konsep ASP (Application Service Provider). Dengan menggunakan layanan ini, para pengguna akan dimanjakan dengan memanfaatkan sumberdaya perangkat lunak dengan sistem berlangganan. Jadi, pengguna akan dengan mudah menggunakan layanan ini saat sudah mulai berlangganan. 

Dengan menggunakan layanan cloud, seluruh tatanan sistem manajemen kampus bisa dengan mudah diproses dan dilakukan oleh para pengelola kampus. Untuk itu pihak kampus bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dengan layanan cloud ini. Terutama dalam anggaran, kampus bisa lebih hemat berlipat ganda bila menggunakan layanan sistem cloud. 

Salah satu layanan sistem informasi akademik yang bisa Anda gunakan adalah SiAkad Cloud. SiAkad Cloud merupakan salah satu layanan cloud yang menggunakan jenis layanan SaaS. Dengan menggunakan layanan ini,  kampus Anda akan dengan mudah melakukan manajemen informasi akademik di kampusnya melalui sistem berlangganan. Jadi, para pengguna tak akan kerepotan dengan sistem yang ada. Semuanya sudah diatur dan dibenahi oleh penyedia layanan. 

Untuk mendapatkan informasi seputar SiAkad Cloud, Anda bisa kunjungi siakadcloud.com.

Bagikan artikel ini

Komentar