e-learning | Info Sentra Vidya Utama

5 Keuntungan Menggunakan LMS Berbasis Cloud

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan informasi di Indonesia, penggunaan sistem Learning Management System (LMS) sangat dicari oleh berbagai pelaku pendidikan. Penggunaan LMS di Indonesia didasari dengan kemudahannya dalam melakukan pengelolaan dalam menyimpan berbagai macam data. Tak hanya itu, LMS juga memudahkan pengguna saat melakukan transfer data dalam kegiatan belajar mengajar.

Salah satu sistem yang memudahkan di dunia pendidikan saat ini adalah Cloud-Based LMS. LMS sendiri merupakan aplikasi software yang dimanfaatkan untuk media pembelajaran melalui manajemen data dan program. Sedangkan Cloud sendiri merupakan pengembangan teknologi yang memanfaatkan internet yang mana internet sebagai pusat server data dan aplikasi pengguna.

Hubungan antara Cloud dan LMS ini dinilai sangat berkesinambungan. Karena dengan Cloud-Based LMS ini seluruh proses pengelolaan data dan aplikasi bisa berjalan dengan cepat. Tak hanya itu saja, penggunaan Cloud-Based LMS ini juga sangat memudahkan pengguna karena pengguna layanan ini bisa mengatur sendiri data mereka yang dimasukkan sebagai media pembelajaran.

Baca juga: 10 Manfaat LMS Untuk Pembelajaran Di Perguruan Tinggi

Cloud-Based LMS dan SEVIMA EdLink

Membahas tentang Cloud-Based LMS ini bisa dibilang sangat erat hubungannya dengan platform SEVIMA EdLink. Kenapa bisa demikian? SEVIMA EdLink merupakan suatu media pembelajaran online yang membantu para pelajar dan dosen untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dimana saja dan kapan saja.

Kegiatan belajar ini semuanya dilakukan di dalam satu platform yang bisa diakses melalui berbagai perangkat. Seperti smartphone, komputer, dan laptop. Di dalam EdLink sendiri menyediakan penyimpanan data yang dapat dikelola oleh pengguna EdLink. Untuk keamanannya juga tidak diragukan lagi, seluruh data yang tersimpan benar-benar sangat aman. Karena seluruh data hanya bisa diakses oleh pengguna layanan SEVIMA EdLink sendiri.

Baca juga: Panduan Memilih LMS untuk Perkuliahan Online di Perguruan Tinggi

Lalu manfaat apa yang dirasakan oleh pengguna saat menggunakan Cloud Based LMS ini?

1. Lebih hemat biaya

Menggunakan Cloud-Based LMS benar-benar sangat menguntungkan penggunanya. Terlebih dengan menggunakan sistem ini dapat meminimalisir pengeluaran dalam menyimpan data.

Dalam cloud-based LMS ini, Anda rupanya juga lebih hemat dalam perawatannya. Anda cukup membayar sesuai dengan kebutuhan Anda saja. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sehari-hari dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

2. Memiliki fungsi cadangan data

Kelebihan lain yang bisa di dapat adalah memiliki fungsi cadangan data. Sistem Cloud-Based LMS ini bisa melakukan Disaster Recovery pada sistem Cloud dalam penyimpanan data.

Sehingga, data yang sudah ada akan otomatis dicadangkan sesuai dengan pengaturan yang Anda pilih. Dengan demikian, data Anda lebih terjaga jika terjadi sesuatu hal.

3. Lebih aman

Kehilangan data memang sudah menjadi suatu peristiwa yang kerap terjadi. Nah, dengan menggunakan Cloud ini Anda akan terjauh dari insiden-insiden tersebut.

Anda tidak perlu khawatir bisa terjadi suatu kerusakan dan kendala dalam perangkat keras Anda. Data Anda akan tetap terjaga dengan baik ketika menggunakan aplikasi ini.

4. Tidak perlu perawatan khusus

Cloud-Based LMS ini juga dinilai sangat efektif. Anda tidak memerlukan space dan perawatan tersendiri. Anda tidak perlu melakukan perawatan rutin untuk menjaga keamanan, menghilangkan bug, serta melakukan peningkatan fitur lain. Jadi bisa dibilang, Cloud-Based ini sangat efektif bila digunakan dalam LMS.

5. Kapasitas penyimpanan lebih besar

Berbagai materi pada pembelajaran biasanya membutuhkan space yang sangat besar. Lama kelamaan, ruang penyimpanan tersebut juga akan penuh. Sehingga Anda harus menyediakan penyimpanan yang besar.

Nah, dengan menggunakan Cloud-Based LMS ini, Anda bisa melakukan penyimpanan semaksimal mungkin. Anda tidak perlu khawatir dalam menyimpan data yang Anda miliki. Semua data akan tersimpan dengan baik dan aman di dalam Cloud.

Itulah rangkaian manfaat yang bisa dirasakan bila menggunakan layanan Cloud-Based LMS. selain memudahkan pengguna melakukan kegiatan belajar mengajar, namun dari segi penyimpanan data juga sangat terjaga dengan baik.

Seperti halnya SEVIMA-EdLink, menjadi salah satu layanan media pembelajaran yang sangat mudah untuk digunakan terutama di musim pandemi seperti ini. Kelengkapan fitur di dalamnya juga sangat memudahkan para dosen dan mahasiswa saat belajar online. Menariknya lagi, di dalam SEVIMA-EdLink ini dilengkapi dengan fitur peluang curang. Yang mana dosen bisa mengetahui seberapa banyak mahasiswa membuka laman lain saat melakukan ujian.

Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai SEVIMA EdLink kunjungi laman berikut ini https://edlink.id.

Bagikan artikel ini

Komentar