Info Kuliah | Lawan Covid-19

Perguruan Tinggi Wajib Tahu! 5 Tips Persiapan Pembelajaran Blended Learning di 2021

SEVIMA.COM- Beberapa waktu lalu, pemerintah sudah mengeluarkan surat keputusan terkait izin belajar tatap muka. Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri izin pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk Tahun Akademik 2020/2021 sudah diizinkan. Sehingga, pada tahun 2021 ini pemerintah sudah memberikan wewenang kepada kampus untuk mengadakan pembelajaran tatap muka. 

Sayangnya, kegiatan pembelajaran tatap muka belum bisa dilakukan sepenuhnya. Keadaan pandemi di Indonesia masih juga belum reda. Maka dari itu, perkuliahan secara tatap muka masih belum bisa dilakukan. 

Dalam menjalankan sistem ini, metode blended learning dinilai sebagai metode yang tepat. Blended learning merupakan metode pembelajaran yang mana menggunakan sistem pembelajaran online dan offline. 

Bahkan kemendikbud sendiri menyarankan untuk menerapkan blended learning. Metode blended learning sangat cocok untuk diterapkan pada kondisi seperti ini. 

Pada dasarnya, penerapan metode blended learning ini sangat cocok untuk mahasiswa dan dosen di lingkungan perguruan tinggi. Agar sistem pembelajaran bisa berjalan lancar, berikut adalah 5 hal yang wajib Anda siapkan saat menerapkan metode blended learning

1. Siapkan materi dan sistem pembelajaran dengan baik

Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, hendaknya siapkan lebih dulu materi dan sistem pembelajaran yang akan digunakan. Dalam metode ini, sistem pembelajaran yang lebih sering dipakai adalah Learning Management System (LMS). Salah satu sarana yang bisa Anda gunakan dalam menerapkan LMS ini adalah EdLink. 

LMS ini diharapkan mampu membantu dosen dalam mengelola seluruh pembelajaran seperti nilai, ujian, hingga daftar hadir mahasiswa. Ini akan mempermudah dosen dalam mengenalkan pembelajaran blended learning kepada mahasiswa.

2. Gunakan flipping classroom

Flipping classroom adalah penyampaian materi yang disampaikan oleh pelajaran di luar kelas. Flipping classroom ini meliputi video pembelajaran, ruang diskusi di luar pembelajaran, dan konten menarik untuk proses belajar mengajar. 

Maka, dengan menggunakan flipping classroom ini diharapkan mampu mendukung sistem pembelajaran dengan metode blended learning ini. Dengan demikian, pembelajaran ini bisa berjalan dengan lancar. 

Baca juga: Blended Learning, Solusi Pembelajaran di Era New Normal

3. Buat situasi pembelajaran yang efektif

Meskipun kegiatan belajar mengajar tidak seperti pembelajaran sebelumnya, namun Anda harus menyiapkan pembelajaran yang lebih efektif. Ini diharapkan agar mahasiswa tidak bosan saat mengikuti pembelajaran. 

Strategi yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan upgrade materi dan teknologi saat melakukan kegiatan belajar mengajar kepada mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau video pembelajaran interaktif. Dengan demikian, mahasiswa dan dosen diharapkan bisa melakukan interaksi satu sama lain. 

4. Gunakan teknologi yang mendukung

Sudah menjadi suatu kewajiban, setiap pembelajaran dengan metode blended learning membutuhkan teknologi yang mendukung. Dosen harus menyiapkan rangkaian pembelajaran dengan teknologi yang kiranya bisa digunakan oleh setiap mahasiswa. 

Tidak hanya menyiapkan saja, dosen juga diharapkan mampu menguasai dan memberikan panduan bagaimana mengoperasikan teknologi tersebut. Jika penerapan pembelajaran dengan teknologi ini bisa berjalan lancar, maka sistem pembelajaran melalui metode blended learning ini bisa berjalan dengan lancar. 

Baca juga: Tips & Kunci Sukses Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning

5. Manfaatkan kondisi pembelajaran diskusi

Belajar dengan blended learning memang berbeda. Untuk itu, waktu pembelajaran melalui diskusi memberikan dampak positif bagi mahasiswa dalam belajar. 

Jika dosen mengoptimalkannya dengan baik, maka mahasiswa dan dosen bisa menjalankan pembelajaran dengan metode blended learning ini dengan baik. 

Memang, kondisi di masa pandemi sangat mengubah segala kondisi di dunia pendidikan. Kegiatan pembelajaran pun akhirnya menjadi terhambat. Nah, dengan menerapkan blended learning ini, diharapkan kondisi kegiatan belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik. Salah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mewujudkan metode ini dengan EdLink

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar