7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 16 Dec 2021

4 Program Beasiswa Pemerintah S1-S2-S3: LPDP, KIP, PPA & Unggulan

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Program Beasiswa Pemerintah S1-S2. Keterbatasan biaya tidak seharusnya menjadi halangan bagi calon mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan hingga jenjang tertinggi. Pemerintah kini kerap memberikan bantuan pendidikan setiap tahunnya, mulai dari jenjang S1, S2 hingga S3.

Berikut beberapa daftar beasiswa dari pemerintah yang wajib kalian tahu.

Baca juga : Baru, Kemendikbud Buka Beasiswa Kuliah Merdeka Belajar (ICE Institute)

4 Program Beasiswa Pemerintah

1. Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (sebelumnya Bidikmisi) selalu membuka pendaftaran setiap tahunnya. Dimulai dengan membuat akun, pengaju lalu mendaftar sesuai dengan jalur masuk perguruan tinggi neger atau swasta. Terdapat beberapa syarat yang ditetapkan pemerintah untuk mendapatkan beasiswa tersebut, salah satunya keterbatasan ekonomi.

Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA/sederajat yang lulus pada tahun itu atau lulus 2 tahun sebelumnya. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah. Selain itu, lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada program studi dengan akreditasi A atau B.

2. Beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan lembaga yang membuka program beasiswa kepada putra-putri bangsa yang berprestasi dalam akademik dan memiliki keterampilan lain seperti kepemimpinan, serta bertekad kuat dalam membangun Indonesia.

Khusus untuk program beasiswa LPDP 2021, penawaran yang diberikan dalam melanjutkan pendidikan ke luar negeri adalah beasiswa untuk program S2 dan S3. Beasiswa untuk jenjang magister dan doktoral ini merupakan beasiswa yang dibiayai penuh oleh pemerintah Indonesia melalui LPDP.

Pembiayaan penuh tersebut meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, biaya visa, biaya tunjangan keluarga, dan biaya lainnya selama menempuh pendidikan di luar negeri. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait syarat pendaftaran dapat mengakses situs beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

Baca juga : Tips Meraih Beasiswa LPDP dari Alumni Unair, Bisa Dicoba!

3. Beasiswa Unggulan Kemdikbudristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memiliki beasiswa Unggulan yang terdiri dari empat jenis, yaitu:

– Beasiswa bagi masyarakat berprestasi

Beasiswa ini ditujukan untuk masyarakat berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik, baik itu nasional atau internasional.

Beasiswa pegawai Kemdikbudristek

Beasiswa ini diperuntukkan bagi seluruh aparatur sipil negara di lingkungan Kemdikbudristek dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Daerah. Penerima diusulkan oleh pejabat pimpinan pratama atau eselon II unit kerja.

– Beasiswa untuk penyandang disabilitas

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa penyandang disabilitas, baik disabilitas fisik, disabilitas intelektual, disabilitas mental, ataupun disabilitas sensorik. Beasiswa Unggulan penyandang disabilitas dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester II pada saat mendaftar.

– Beasiswa penghargaan

Beasiswa ini diberikan untuk anak kandung dari orang tua yang gugur saat menjalankan pengabdian pada negara. Penerima diusulkan oleh pejabat setingkat kepala staf Tentara Nasional Indonesia.

Baca juga : Beasiswa Hunter, Ini dia 5 Beasiswa Luar Negeri yang Paling Banyak Dicari

4. Beasiswa PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik adalah beasiswa yang diberikan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa-mahasiswa di berbagai daerah, terutama yang tengah kuliah dan berprestasi, baik pada jenjang sarjana (S1) maupun diploma (D4 dan D3) minimal semester II. Penerima beasiswa dan bantuan biaya pendidikan PPA akan memperoleh dana sebesar Rp400 ribu per bulan selama setahun, yang akan diberikan dalam dua periode.

*Dilansir dari edukasi.okezone.com dan berbagai sumber

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×