5 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Diskusi bersama Pelaporan ke PDDIKTI via Neofeeder 2.3.0 Terbaru Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 08 Jan 2024

Pusat Karier: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya untuk Perguruan Tinggi

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Pusat karier  di sebuah perguruan tinggi menjadi salah satu lembaga penting dan krusial bagi lulusan/ alumni. Terutama dalam menemukan pekerjaan dan pelatihan skill.

Tak hanya itu, pusat karier juga berperan sebagai jembatan antara perguruan tinggi dan dunia industri. Sehingga lulusan bisa lebih cepat terserap ketika lulus nanti. Itulah mengapa, pusat karier di sebuah perguruan tinggi harus diperhatikan dengan baik.

Lantas sebenarnya apa sih pusat karier  itu? Apa saja fungsinya bagi kampus? Mari kita bahas melalui ulasan di bawah ini. 

Apa itu Pusat Karier?

Menurut buku panduan pusat karier dari Kemenristekdikti, pusat karir adalah lembaga yang ada di dalam struktur perguruan tinggi yang berfungsi mempertemukan antara mahasiswa/alumni dengan perusahaan. Pusat karier ini menjadi wadah antara mahasiswa/lulusan dan perusahaan yang membutuhkan pekerja/talenta.

Fungsi Pusat Karier untuk Perguruan Tinggi

Pusat karir di perguruan tinggi, memiliki berbagai fungsi yaitu: 

  • Jembatan untuk mempertemukan lulusan dan dunia industri
  • Sebagai wadah bertemunya Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dan perguruan tinggi.
  • Membantu program pemerintah dalam rangka memetakan penyelarasan kebutuhan dunia kerja dengan pendidikan tinggi di Indonesia.
  • Memberikan bimbingan kepada para pencari kerja untuk mencari bakat, minta, dan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan industri.
  • Membantu pelaksanaan job fair dan kegiatan sejenisnya untuk membantu terhubung dengan industri.  
  • Pusat informasi lowongan kerja dari berbagai lembaga baik dari pemerintah maupun swasta. 

Manfaat Pusat Karier untuk Perguruan Tinggi

1. Meningkatkan Akreditasi

Pusat Karir bukan hanya menjadi tempat mencari informasi pekerjaan, tetapi juga menjadi penentu penting dalam meningkatkan akreditasi kampus. Keberhasilan lulusan dalam meniti karir mereka akan menjadi cerminan kualitas pendidikan yang diberikan oleh perguruan tinggi tersebut. Akreditasi yang baik turut dipengaruhi oleh kesuksesan lulusan dalam memasuki dan berkontribusi dalam dunia kerja.

2. Membantu Lulusan Mendapatkan Pekerjaan

Peran yang paling nyata dari pusat karir adalah membantu lulusan dalam memasuki dunia kerja. Melalui berbagai layanan seperti pelatihan wawancara, penyusunan CV, serta koneksi dengan perusahaan dan industri, pusat karir membuka peluang bagi lulusan untuk memasuki pasar kerja dengan lebih siap.

3. Membangun Relasi Antar Alumni

Pusat Karir menjadi pusat penting dalam membangun jejaring dan relasi antar alumni. Dengan memfasilitasi pertemuan, acara, dan platform komunikasi, pusat karir membantu alumni untuk tetap terhubung satu sama lain, membentuk komunitas yang kuat yang dapat saling memberi dukungan dan berbagi peluang karir.

4. Mengetahui Kualitas Lulusan Kampus

Melalui interaksi rutin dengan para lulusan yang telah bekerja, pusat karir dapat mengumpulkan informasi terkait kualitas lulusan perguruan tinggi ketka bekerja. Feedback dari tempat kerja tentang kesiapan lulusan merupakan indikator penting untuk meningkatkan kurikulum dan pendekatan pendidikan.

5. Evaluasi Lulusan Kampus

Melalui pusat karir, perguruan tinggi dapat mudah mengevaluasi kinerja lulusan di dunia kerja. Dengan memantau prestasi dan kesuksesan lulusan di dunia karir, pusat karir dapat memberikan feedback kepada perguruan tinggi untuk terus meningkatkan kurikulum serta menyesuaikan program pendidikan agar sesuai dengan tuntutan industri.

Tugas Pokok Pusat Karier

Hadirnya pusat karir dalam lembaga struktur perguruan tinggi, memiliki beberapa tugas pokok dalam mewadahi mahasiswa, yaitu: 

  1. Memberikan pelayanan ketenagakerjaan kepada mahasiswa dan lulusan yang akan memasuki dunia kerja.
  2. Membantu serta membina hubungan kerjasama antara lembaga pemerintah dan swasta dalam pengadaan informasi  dan penyaluran tenaga kerja.
  3. Melaksanakan kegiatan rekrutmen dan seleksi calon pekerja atau karyawan atas permintaan dari dinas ketenagakerjaan, lembaga pemerintah, hingga swasta.
  4. Membina hubungan dengan alumni yang telah bekerja guna membantu penyaluran untuk menempatkan alumni baru.
  5. Membantu usaha pengembangan/penyempurnaan program pendidikan dan memperhatikan kebutuhan tenaga kerja di industri. 

Baca juga: SEVIMA Luncurkan Personalisasi Portal Karir SEVIMA Platform

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai pusat karir dan fungsinya bagi perguruan tinggi. Bagi Anda yang tertarik membuat portal karir yang profesional untuk lulusan dapat menggunakan SEVIMA Career Center. Langsung saja hubungi di sini  ya untuk informasi lebih lanjut.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

Artikel Sebelumnya SEVIMA Kenalkan Sistem Akademik Terintegrasi ke Polbangtan Malang Artikel Selanjutnya SEVIMA dan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Diskusi Penggunaan Sistem Akademik Terintegrasi
×