Dunia Kampus | Kampus Merdeka | kemendikbud

“Quick Wins” Jadi Andalan Kemendikbud Tingkatkan Reformasi Birokrasi 2021

SEVIMA.COM – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya agar pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) berjalan optimal. Tujuan RB itu sendiri adalah upaya pemerintah untuk membangun tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Pembangunan good governance itu sendiri harus ditegakkan oleh seluruh kementerian atau lembaga dengan melakukan perubahan-perubahan mendasar dalam berbagai aspek.

Apa Itu “Quick Wins” yang Jadi Andalan Kemendikbud?

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kemdikbud.go.id, untuk meningkatkan RB tahun ini, Ditjen Dikti telah menetapkan Quick Wins atau program percepatan meliputi tiga program yakni Kampus Merdeka, Kedaireka, dan Pengembangan Talenta Digital.

Baca juga : Penting! Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Kampus Merdeka 2021

Dalam implementasi dari pihak Perguruan Tinggi, Merdeka Belajar–Kampus Merdeka ditujukan mendorong para profesional industri atau dunia usaha untuk hadir di kelas, sehingga mereka akan membawa masalah nyata di lapangan untuk didiskusikan di dalam kelas.

Sementara itu, dalam implementasi Kampus Merdeka dari pemerintahan, Kemdikbud menyediakan platform Kedaireka yang merupakan tempat bertemunya dunia pendidikan dengan dunia usaha dan industri dalam membangun perekonomian dan kedaulatan negara.

Baca juga : Cara Kampus Dapatkan Dana Matching Fund Sebesar Total Rp250 Miliar

Adapun pengertian Kedaireka adalah akronim dari kedaulatan Indonesia dalam reka cipta. Sementara itu, reka cipta merupakan sebuah upaya revitalisasi dan aktualisasi terhadap sebuah karya, agar kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh semua elemen secara efisien dan efektif.

Ketiga program tersebut dipilih untuk mendorong percepatan keberhasilan program yang menjadi prioritas Kemendikbud serta sasaran pendidikan tinggi. Kemudian, Sekretariat Ditjen Dikti akan kembali mencanangkan diri sebagai Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Bagikan artikel ini

Komentar