Flash News

Raih Nilai Sertifikasi Dosen Tertinggi di Papua, Begini Cara Ketua STIE Jambatan Bulan

SEVIMA.COM – Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Jambatan Bulan Tharsisius Pabendon, S.E., M.M. tak menyangka dirinya bisa meraih nilai sertifikasi dosen tertinggi di Papua. Pasalnya dirinya mengikuti sertifikasi terrsebut hanya sebagai tuntutan administrasi semata.

“Saya mengikuti sertifikasi dosen, semata-mata tuntutan administrasi dari negara bahwa dosen harus bersertifikasi, pengalaman ini tidak bisa terpisahkan dari pengalaman melakukan proses pembelajaran dengan mahasiswa,” kata Tharsisius kepada SEVIMA.

Baca juga: Tips Taklukkan Ukom Ala STIK Muhammadiyah Pontianak

Menurutnya sebagai dosen ada tiga pekerjaan utama yakni menjalankan pendidikan dan pengajaran, pengabdian masyarakat, dan penelitian. Hal tersebut sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Laksanakan Tri Dharma saja dan taat administrasi, serta yang paling penting dokumen-dokumen pendukungnya tersimpan dengan baik,” ucapnya.

Ia pun memiliki tips tersendiri agar hal itu bisa berjalan dengan baik, seperti yang dilakukan di STIE Jambatan Bulan. Seluruh dokumen-dokumen pendukung diinput oleh bagian adminstrasi, sehingga dosen bisa fokus terhadap pendidikan serta mengumpulkan dokumen yang diperlukan.

“Mungkin ini bisa diikuti oleh perguruan tinggi lain sehingga dosen tidak sibuk lagi menyusun administrasi, karena diurus oleh bagian lain, dosen hanya tinggal menyusun Tri Dharma-nya dan semua bukti yang muncul dari kegiatan itu langsung dikirim ke bagian administrasi,” ucapnya.

Baca juga: Beasiswa Sawit Telah Dibuka, Kesempatan Kuliah Gratis Bagi Generasi Muda

Menurut Tharsisius yang terpenting dalam mengikuti Sertifikasi dosen dalam penyusunan deskripsi diri. Bila tidak menjalankan Tri Dharma dengan baik maka akan kesulitan dalam menyusun deskripsi diri karena sesuai dengan pengalaman yang dilakukan setiap harinya.

Di STIE Jambatan Bulan memiliki dua program studi yakni S1 Ekonomi Pembangunan dan D3 Manajemen Keuangan. Kedua prodi ini dinilai sangat strategis, dalam rangka mempercepat pembangunan di Indonesia Timur khususnya Papua.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar