Dunia Kampus | kemendikbud

Rencana Terbaru Mendikbud-Ristek dalam Wujudkan Pendidikan di Indonesia

SEVIMA.COM – Presiden Joko Widodo telah resmi menggabungkan antara Kemendikbud dan Kemenristek dengan dilantiknya Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek). Pak Menteri Nadiem setelah dilantik juga memiliki rencana baru setelah peleburan kedua lembaga tersebut.

Nadiem Makarim mengatakan akan melaksanakan tugas barunya dengan baik dan hati nurani yang tulus. Menurutnya, riset dan teknologi merupakan salah satu bidang yang dekat di hatinya. Dilansir dari detik.com saat ditemui seusai pelantikan, Rabu (28/4/2021). Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim memaparkan rencana barunya.

Baca juga: Cara Menciptakan Lulusan Unggul Menurut Mendikbud Nadiem 2021

Rencana baru Nadiem Makarim untuk Mendikbud-Ristek

1. Meningkatkan Kualitas dan Inovasi Perguruan Tinggi di Indonesia

Nadiem Makarim memiliki harapan besar terhadap peningkatan kualitas dan inovasi di bidang riset dan teknologi. Ia akan menjalin kerjasama dengan BRIN untuk mengembangkan Tri Dharma perguruan tinggi.

“Kita ketahui sekarang kita juga akan menjadi mitra kepada BRIN dan kami sangat semangat untuk bisa bekerja sama dengan Pak Handoko sebagai Kepala BRIN,” Terang Nadiem

Nadiem juga berharap kalangan akademisi bisa melahirkan penelitian-penelitian sebanyak mungkin. Pengembangan ini akan dilakukan melalui program-program Kampus Merdeka.

“Kita ingin sekali begitu banyak, walaupun tridarma dan penelitian universitas itu ada di bawahnya Kemendikbud-Ristek, tetapi kami menginginkan sebanyak mungkin murid-murid kita mahasiswa-mahasiswa kita dan dosen-dosen kita melakukan penelitian dan melakukan program-program seperti Kampus Merdeka,” lanjutnya.

Baca juga: Transformasi Pendidikan Menurut Kemendikbud-Ristek, Dan 4 Upaya yang Dilakukan

2. Koordinasi riset dan transformasi pendidikan melalui satu pintu

Menurut Nadiem, dileburnya Kemendikbud dan Kemenristek akan menjadi kabar gembira bagi universitas. Ia berencana menciptakan sistem koordinasi satu pintu antara universitas dan pemerintah pusat.

“Karena sekarang dari sisi riset dan transformasi pendidikan ada di dalam satu kementerian, sehingga satu pintu dan rektor juga semakin mudah untuk bisa berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” katanya.

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia sebagai Mendikbud-Ristek dan Menteri Investasi pada hari ini, Rabu (28/4/2021) di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Bagikan artikel ini

Komentar