Event SEVIMA | Info Sentra Vidya Utama

Menghindari Deadline Agar Pelaporan Aman Terkendali, Oleh: Satriyo Kristanto (STIKES RS. Baptis Kediri)

Cerita: Satriyo Kristanto- STIKES RS. Baptis Kediri
Cerita ini Terpilih Menjadi 15 Finalis dalam Lomba Sharing Operator SEVIMA

Salam pejuang PDDIKTI, Saya seorang operator PDDIKTI di sebuah PTS dan sudah 10 tahun menjadi Operator, ini banyak sekali suka dan duka selama ini. Saya pertama kali masuk pada tahun 2009 di PTS X dan langsung mengenal pelaporan mulai aplikasi epsbed via DOS/layar biru. Dimana saya belajar dari kawan saya waktu itu dan selanjutnya ototidak mengoprek segala kesalahan apabila terjadi data yg tdk valid. Kami membagi tugas untuk 3 prodi waktu itu, saya bertugas untuk Prodi IKP dan Ners kemudian kawan saya Prodi IKM. 

Pada waktu itu di PTS tsb belum mempunyai sistem penilaian yang terintegrasi, jadi kami tim Puskom harus bahu membahu mengumpulkan data mahasiswa sampai penilaian.Tetapi itu tidak menyurutkan nyali kami, malah kami semakin tertantang untuk data melaporkan data epsbed agar valid. Kadang kami harus lembur untuk menyelesaikan deadline pelaporan epsbed. 

Seiring berjalannya waktu munculah aplikasi feeder di tahun 2014, dan saya belajar ototidak lagi bersama temen saya sambil menunggu pelatihan dari LLDIKTI waktu itu. Dimana dengan aplikasi feeder ini kita dipermudah untuk input data mahasiswa sampai penilaian.

Pada tahun 2018 saya pindah ke salah satu PTS yaitu STIKES RS Baptis sampai sekarang. Dan saya meneruskan sebagai operator disana sekaligus bagian administrasi akademik. Dimana untuk sistem akademik sudah agak terintegrasi tetapi masih lokal.

Ada suka dimana saya bertanggung jawab agar mencapai pelaporan 100% pada setiap semesternya, dimana untuk mencapai penilaian tersebut tidak mudah, pasti banyak sekali kendala yang kita hadapi di lapangan. Yang membuat kita happy, waktu ketemu sama temen-temen seperjuangan untuk melaporkan hasil pelaporan epsbed. Kita bisa sharing sama-sama mengenai kendala yang kita hadapi.

Misal data belum lengkap, nilai belum masuk padahal sudah deadline dsb, tetapi sebagai operator itu menjadi tantangan kita agar tidak sampai terkena deadline dari LLDIKTI. Agar pelaporan beres operator bekerjasama dengan prodi masing-masing untuk sekedar pengumpulan nilai dari masing-masing dosen. Apalagi operator juga di tuntut kreatif banyak sekali mencoba atau mencari aplikasi yg bisa support feeder sekarang, agar input tidak satu per satu dan akhirnya mulai 2018 saya mencari-cari di internet suatu aplikasi yg bisa include langsung ke feeder, akhirnya saya kenal dengan Mas Bayu Nugraha dari SEVIMA kmd mas Dicky Pradana Adi Putra untuk presentasi mengenai gofeeder dari sevima untuk proses akademiknya dan sekaligus pelaporan feeder. Terima kasih sudah mengenalkan kampus kami dengan Tim Sevima.

Untungnya selama ini dari pihak prodi telah bekerjasama dengan baik, jadi setiap waktunya Pelaporan sebelum deadline kita sudah selesai. Untuk operator seperti saya ini, melihat hasil rekap di portal PDDIKTI mencapai 100% rasanya senang sekali, terus apalagi kalau dari pihak kampus memberikan bonus. Kalau duka mungkin temen-temen operator di seluruh Indonesia juga mengalami, kadang hasil kerja kita tidak diperhatikan padahal Operator PDDIKTI adalah Jantungnya PTS. 

Sekitar th 2018, kampus kami ada beberapa mahasiswa kami yg alih jenjang mengalami masalah tdk bisa masuk ke PIN krn terkendala jumlah sks per semester nya ada yang lebh dari 24 sks, pdhl sdh mau kelulusan. akhirnya kita mengajukan pembukaan periode dan mgkn operator tahu kalau ngajukan pembukaan periode ,acc ny tdk semudah itu. Tetapi krn data yang kita siapkan lengkap semua, akhirnya tdk sampai 1 bln pengajuan di setujui oleh DIKTI.

Mungkin sedikit tips utk operator baru, usahakan data awal itu benar, mulai dari nama , nim ,ttl, nama ibu dan NIK kemudian waktu KRS an usahakan sks max 24. Agar semua data masuk PIN.

Tetapi dengan adanya kasus tsb kita tetap kerja sebaik-baiknya dan semangat agar PTS kita tidak terkena pembinaan dari DIKTI. Mungkin itu sedikit pengalaman saya tentang bagaimana membuat pelaporan PDDIKTI kita bisa selesai tepat waktu dan menangani kasus-kasus yg sering kita alami sebagai Operator, pokoknya yg dibutuhkan kerjasama dan tetap semangat kemudian ikhlas dalam mengerjakan pelaporan.

#pejuangPDDIKTI #SharingBerhadiahSEVIMA

Bagikan artikel ini

Komentar