Dunia Dosen | Dunia Kampus | Info Sentra Vidya Utama

Sertifikasi Dosen Mempermudah Kenaikan Karir Dosen, Benarkah?

SEVIMA.COM– Sertifikasi dosen atau biasa disingkat dengan Serdos, merupakan sebuah kegiatan wajib untuk proses pemberian sertifikat pendidik yang diberikan kepada dosen. Dengan memegang sertifikat ini, dosen bisa melakukan sejumlah kegiatan penting terutama dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar. 

Selain itu, sertifikasi dosen ini sangat penting terutama untuk meningkatkan kesejahteraan dosen yang bersangkutan tersebut. Dengan adanya sertifikasi dosen ini, dosen tak hanya mendapatkan sertifikat mengajar saja, namun juga bisa meningkatkan karir di masa yang akan datang. 

Baca juga: Mau Ikut Sertifikasi Dosen, Ini Syarat & Tips Yang Harus Anda Tahu

Apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan karir dosen?

Sebenarnya, banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan karir seorang dosen. Beberapa kegiatan tersebut dilakukan untuk menunjang pengembangan karir dan kemampuan dosen dalam mengajar. 

Seperti yang sudah tertulis pada undang-undang nomor 14 tahun 2005, bahwa guru dan dosen diwajibkan untuk menjadi tenaga yang profesional. Dengan kemampuan yang dimiliki tersebut diharapkan mampu melakukan penyebaran ilmu, melakukan transformasi, dan menyebarkan ilmu pengetahuan dengan baik di lingkup perguruan tinggi maupun di lingkungan masyarakat. 

Terdapat beberapa pengembangan yang bisa dilakukan dosen untuk mengembangkan karirnya, antara lain:

  1. Studi lanjut
  2. Sertifikasi dosen
  3. Hibah penelitian
  4. Hibah pengabdian masyarakat
  5. Kenaikan jabatan akademik
  6. Kenaikan pangkat atau golongan 
  7. Publikasi ilmiah dan hibah lainnya. 

Nah, dari beberapa kriteria tersebut sudah bisa dilihat bahwa serdos menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan karir seorang dosen. 

Kenapa sertifikasi dapat mempermudah kenaikan karir dosen?

Sejak digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) pada 2021 silam, Kemendikbud Ristek telah membuat konsep baru pada Sertifikasi dosen. 

Sertifikasi dosen ini dinamai dengan Serdos SMART (Simple, Modern, Innovative, Accountable, Responsive, dan Transparan). Melalui Serdos SMART ini, dosen akan lebih mampu memberikan ruang dan arahan secara fleksibel untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Ketika dosen sudah bisa menjalankan serdos dengan baik, maka dosen bisa dan mampu menghadirkan pola serta pengajaran yang lebih profesional. Hadirnya dosen yang profesional ini secara tidak langsung akan memberikan kemudahan bagi dosen untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dan juga bisa meningkatkan skill dosen  itu sendiri. 

Baca juga: Sertifikasi Dosen: Panduan, Syarat dan Tahapannya

Dikutip dari laman website dikti.kemendikbud.go.id, dosen sendiri memiliki passion yang beragam dalam menjalankan proses belajar mengajar ini. Ada dosen yang gemar berkarya di industri, mengabdi kepada masyarakat, dan juga melakukan penelitian di laboratorium.  

Nah, dengan adanya sertifikasi dosen tersebut beberapa passion yang dimiliki oleh dosen tersebut bisa tersalurkan dengan baik. Terlebih dalam menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan begitu, karir yang dimiliki dosen juga akan terangkat seiring dengan berjalannya waktu. 

Adanya Serdos SMART ini sangat baik untuk mendorong para dosen untuk lebih berkinerja menjadi lebih baik. Apalagi saat ini dosen bisa berkarya sesuai dengan passionnya. Dosen pun akan jauh lebih mudah dalam meningkatkan karir mereka. 

Seiring berjalannya waktu, Ditjen Diktiristek juga terus menyempurnakan program Serdos SMART ini.  Dengan begitu, sertifikasi yang dilakukan untuk dosen ini bisa membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar