Lomba Artikel

SEVIMA Hadir Sebagai Solusi untuk IKTL di Ranah Teknologi

Penulis : Agnes Ona Bliti Puka,M.Si 

Institut Keguruan Dan Teknologi Larantuka 

Pendidikan menjadi bagian dari arah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu  membangun SDM pekerja keras yang dinamis, produktif, terampil, menguasai ilmu pengetahuan  dan teknologi didukung dengan kerjasama industri dan talenta global. Fokus utama  pembangunan pendidikan pada RPJMN 2020-2024 masih kepada peningkatan kualitas dan  pemerataan layanan pendidikan.

Peningkatan kualitas dan daya saing SDM yaitu manusia yang  sehat dan cerdas, adaptif, inovatif, terampil, dan berkarakter. Tingkat pendidikan penduduk  indonesia telah membaik dari tahun ke tahun namun belum menjangkau seluruh penduduk.  Tingkat pendidikan di provinsi NTT secara keseluruhan masih rendah. Dari total penduduk saat  ini, masih ada sekitar 27.86 % penduduk yang tergolong tidak atau belum pernah sekolah dan  tidak tamat SD.

Kesenjangan pendidikan antarkelompok ekonomi masih menjadi permasalahan  dan semakin lebar seiring dengan semakin tingginya jenjang pendidikan. Kesenjangan  pendidikan juga masih tinggi apabila dibandingkan antarwilayah. Pembelajaran berkualitas juga  belum berjalan secara optimal dan merata antarwilayah. Sejumlah langkah sudah dilakukan oleh  pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Sayangnya, upaya yang dilakukan  belum dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang menumbuhkan kecakapan berpikir  tingkat tinggi (higher order thinking skills).

Menurut Programme for International Student  Assessment (PISA) sistem pendidikan di Indonesia telah berubah menjadi lebih inklusif terbuka  dan meluas aksesnya namun skor rata-rata PISA indonesia menurun di tahun 2018. Penurunan  ini terjadi pada kompetensi membaca matematika dan sains. Penurunan skor tertinggi terjadi  pada bidang membaca, dari skor 397 pada tahun 2015 turun menjadi 371 pada tahun 2018. 

Berdasarkan temuan survei PISA juga diketahui 3 permasalahan utama yang menjadi isu yang  harus diatasi yaitu besarnya persentase siswa berprestasi rendah, tingginya persentase siswa mengulang kelas, dan tingginya ketidakhadiran siswa di kelas. Oleh karena itu diperlukan  langkah-langkah perbaikan yang menyeluruh dari segala aspek mulai dari peraturan hingga ke  lingkungan belajar siswa untuk dapat mengatasi isu-isu tersebut.  

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih membutuhkan tenaga-tenaga pendidik yang  handal dalam berbagai bidang. Institut Keguruan dan teknologi Larantuka (IKTL) merupakan  salah satu perguruan tinggi swasta berbasis Pendidikan dan teknologi di NTT, bertanggung  jawab menghasilkan tenaga-tenaga pendidik dan teknokrat yang berkualitas sesuai amanah  visinya.

IKTL mengalami tantangan terbesar di masa pandemi Corona Virus Disease (COVID)-19 dimana sistem pembelajaran berubah dari konvensional menuju inkonvensional  dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pemanfaatan teknologi informasi  dan komunikasi sangat dibutuhkan untuk mendukung kelancaran kegiatan akademik maupun non  akademik di kampus IKTL. Terbatasnya sumber daya manusia, sarana dan prasarana mendorong 

IKTL untuk bekerjasama dengan PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA) dalam pengembangan  teknologi informasi dan komunikasi di kampus IKTL. Sejak Tahun 2020 segala bentuk  perencanaan, proses dan evaluasi pembelajaran dilakukan secara online dengan memanfaatkan  Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) terintegrasi yang disediakan oleh SEVIMA. Selain  menggunakan SIAKAD, SEVIMA juga menawarkan Learning Management System (LMS) yang  mendukung pembelajaran asinkronus di kampus IKTL.

Antusias mahasiswa dan dosen dalam  memanfaatkan sistem yang ada sangat tinggi. Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah  mahasiswa dan dosen yang mengakses SIAKAD dan edlink tiap harinya. IKTL memperoleh  dampak luar biasa dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini. Animo mahasiswa  baru yang memilih kampus IKTL sejak tahun 2020 mengalami tren.

Kemampuan memahami  masalah dan memberikan solusi dengan cepat membantu IKTL dalam ketepatan pelaporan data  ke pangkalan data pendidikan tinggi. SEVIMA telah memberikan solusi manajemen teknologi di  kampus IKTL. IKTL optimis dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Flores Timur  dengan menyediakan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi yang memadai.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar