Berita | Kampus Merdeka

SEVIMA Mendukung Kampus Dapatkan Hibah Matching Fund Melalui Kedaireka

SEVIMA.COM- Munculnya Platform Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta (Kedaireka) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi unggul sumber daya manusia melalui kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri.

Kedaireka sendiri digagas melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Yang mana dalam platform ini pemerintah berupaya agar seluruh kampus bisa berkontribusi untuk memberikan manfaat dan kesejahteraan masyarakat melalui karya cipta anak negeri.

Baca juga: Cara Membuat Proposal untuk Program Matching Fund 2021

Kedaireka sebagai upaya mewujudkan Kampus Merdeka

Platform kedaireka merupakan landasan untuk mewujudkan Kampus Merdeka. Sehingga para pelaku pendidikan bisa menemukan pola baru dalam sistem pembelajaran di perguruan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Utamanya sesuai dengan kebutuhan teknologi dan informasi.

Pembentukan ekosistem kampus merdeka bisa direalisasikan dengan nyata melalui perguruan tinggi dan industri. Bila platform kedaireka berhasil diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia, maka akan tercipta lulusan perguruan tinggi yang lebih inovatif, kreatif, mandiri, dan tentunya solutif untuk masyarakat.

Perlu diketahui, Kedaireka ini rupanya akan melahirkan suatu simbiosis mutualisme antara perguruan tinggi dan pihak industri. Pihak perguruan tinggi bisa dengan mudah melakukan implementasi Kampus Merdeka dalam lingkungan industri. Sedangkan pihak industri bisa menggunakan usulan reka cipta yang dicetuskan oleh perguruan tinggi.

Baca juga: Syarat Mengikuti Program Kompetisi Kampus Merdeka 2021

Dukungan Pemerintah atas Kedaireka melalui hibah Matching Fund

Dukungan penuh juga diberikan oleh pemerintah kepada perguruan tinggi yang mengikuti program Kedaireka ini. Pemerintah akan mengeluarkan hibah Matching Fund sebesar Rp250 miliar, jika perguruan tinggi melakukan kolaborasi dengan dunia industri.

Matching Fund sendiri merupakan program pendanaan pemerintah untuk membentuk proses dalam Kampus Merdeka yang melibatkan pihak perguruan tinggi dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Nah, kolaborasi tersebut menjadi satu syarat yang mutlak untuk bisa mendapatkan hibah matching fund melalui program Kedaireka.

Baca juga: Cara Membuat Proposal untuk Matching Fund 2021

SEVIMA dukung Kedaireka

Adanya Kadeiraka rupanya juga menarik perhatian bagi SEVIMA. SEVIMA mendukung penuh jalannya program ini. Dukungan tersebut merupakan wujud atas eksistensi SEVIMA sebagai salah satu Perusahaan Konsultan Pendidikan yang telah tergabung dalam Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

Nah, apakah perguruan tinggi Anda sudah menerapkan Kedaireka ini? Jika belum, yuk segera ajukan program Kedaireka di kampus Anda agar mendapatkan bantuan matching fund dari kemendikbud. Semangat!

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar