Pelaporan PDDikti

SIAKAD Sebagai Ujung Tombak Pelaporan PDDikti di Masa Pandemi

SEVIMA.COM – Apakah masih ada yang sering bertanya-tanya kenapa sistem informasi akademik (SIAKAD) kampus itu harus support Feeder PDDikti? Nah, tepat sekali artikel kali ini akan segera menjawab pertanyaan anda tersebut. Namun tentunya kita harus mengetahui dulu apa yang disebutSIAKAD dengan support Feeder PDDikti itu.

Sistem informasi akademik atau sering kita kenal SIAKAD adalah berupa sebuah aplikasi yang dirancang dan dibuat untuk memenuhi kebutuhan perguruan tinggi untuk keperluan pelayanan pendidikan yang telah terkomputerisasi dan online supaya dapat meningkatkan kinerja, kualitas layanan, daya saing serta kualitas SDM yang dihasilkannya.

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan juga untuk kebutuhan dari perguruan tinggi sendiri, sehingga SIAKAD akan berusaha untuk terus berkembang kearah yang lebih baik dan juga sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Dalam hal ini SIAKAD akan dapat membantu kampus dalam berbagai kegiatan perkuliahan seperti pengelolaan nilai, mata kuliah, rencana studi, kalender akademik, administrasi fakultas/jurusan, keuangan, database karyawan, dosen dan juga mahasiswa, dan masih banyak lagi.

Baca juga : siAkad Cloud Terintegrasi Kampus Merdeka (MBKM)

Mengapa SIAKAD Harus Memiliki Fitur untuk Melengkapi Pelaporan Data di Feeder PDDikti?

Saat ini SIAKAD telah disesuaikan dengan kebutuhan pelaporan perguruan tinggi yaitu PDDIKTI Feeder. PDDikti ini adalah pangkalan data yang merupakan suatu bentuk tanggungjawab pemerintah dalam pengontrolan kualitas perguruan tinggi di indonesia, yang mengharuskan perguruan tinggi untuk melakukan laporan kepada pemerintah. Dan juga merupakan sekumpulan data perguruan tinggi yang dikelola oleh dirjen dikti, data tersebut adalah suatu hasil sinkronisasi yang dikelola oleh perguruan tinggi.

Lalu mengapa SIAKAD harus memiliki fitur untuk membuat sistem pelaporan kepada DIKTI, karena Forlap PDDIKTI:

1. Sebagai sumber informasi bagi lembaga akreditasi untuk melakukan akreditasi pada program studi dan perguruan tinggi.

2. Agar memudahkan pemerintah untuk dapat mengontrol perguruan-perguruan tinggi supaya kualitas pendidikan tinggi di indonesia berkualitas.

3. Untuk sebagai informasi agar masyarakat juga dapat mengetahui kinerja program studi serta perguruan tinnggi.

4. Keaslian ijazah dapat dicek melalui profil mahasiswa pada PD DIKTI.

5. Sebagai salah satu pangkalan data acuan bagi instansi pemerintah maupun swasta dalam hal perekrutan SDM bagi mahasiswa.

Untuk itu SEVIMA sebagai Konsultan IT yang telah berpengalaman lebih dari 16 tahun berpartisipasi memajukan pendidikan khususnya pendidikan tinggi di Indonesia memberikan solusi yang konkrit dalam memudahkan perguruan tinggi dan membantu pelaporan ke Feeder PD-Dikti dengan sistem informasi siAkad Cloud.

Bukan hanya sudah terintegrasi dengan pelaporan PDDIKTI, saat ini siAkad Cloud juga sudah mendukung dan kapabel untuk pelaksanaan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di perguruan tinggi. Jadi tunggu apalagi, saatnya kampus Anda siap untuk maju dan berkembang bersama siAkad Cloud.

 

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar